8 Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

Oktober 30, 2023
By Getan Metodius
8 Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrak-otospector

Membeli mobil bekas perlu ketelitian yang maksimal agar tidak mendapatkan mobil dengan kondisi yang buruk. Jangan langsung tergiur dengan harga mobil bekas yang dibanderol sangat murah. Jika kurang jeli, Otofriends bisa saja berakhir dengan mobil bekas tabrak.

Tak bisa dipungkiri memang, banyak sekali mobil bekas tabrak yang akhirnya dijual oleh pemiliknya. Dengan sedikit polesan, bekas tabrak biasanya akan kembali mulus dan tak terlihat sama sekali. Jika Otofriends adalah orang awam yang tidak bisa membedakan mana mobil bekas tabrak dan mana mobil yang masih mulus, maka ada kemungkinan Otofriends akan tertipu.

Agar terhindar dari hal tersebut, maka Otofriends perlu mengetahui beberapa tanda sebuah mobil pernah mengalami tabrakan seperti berikut ini:

#1: Warna Cat Mobil Terlihat Berbeda

cek mobil bekas tabrak
Cek Dari Catnya

Hal paling mudah untuk diperhatikan pada sebuah mobil bekas tabrak adalah warna catnya. Biasanya pada bagian bekas tabrak warna catnya akan sedikit berbeda dari warna cat di bagian lainnya. Hal ini karena pada bekas tabrak mau tidak mau harus dilapisi dengan cat baru yang seringnya akan memiliki perbedaan dengan warna cat bawaan dari pabrik.

Maka jika Otofriends akan membeli sebuah mobil namun cat mobil tersebut terlihat belang atau tidak rata, segera tanyakan pada penjual jika mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Cara Cek Ban Mobil Bekas

#2: Terdapat Bekas Las Pada Rangka Mobil

mengetahui mobil bekas tabrak dari cek pengelasan mobil
Cek Bekas Las Dengan Jeli

Tabrakan besar pada mobil akan membuat rangka berubah dan perlu dilas pada beberapa bagian. Untuk itu Otofriends perlu jeli melihat seluruh rangka mobil untuk memastikan tidak ada bekas las. Biasanya bekas las terdapat pada bagian kolong dan juga tertutup cat dengan warna baru.

#3: Celah Nat Tidak Seimbang

cek mobil bekas tabrak dari nat
Cek Mobil Bekas Tabrak Dari Nat

Mobil keluaran pabrik akan memiliki bentuk yang presisi, termasuk pada bagian-bagian celahnya. Bagian celah yang dimaksud adalah bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan juga bagasi.

Setelah mobil mengalami tabrakan besar, celah-celah tersebut tidak akan simetris dan presisi lagi. Untuk itu, Otofriends perlu memeriksa semua celah pada mobil. Misalnya saja pada bagian kap mobil, Otofriends bisa perhatikan apakah celah di sisi kiri dan kanan sama.

Jika celah tersebut tidak sama, maka patut dicurigai bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan. Lakukan pemeriksaan yang sama pada celah-celah lainnya.

#4: Dudukan Karet Bergelombang

Pengecetakan Dudukan Karet Setiap Sisi
Pengecetakan Dudukan Karet Setiap Sisi

Bagian lain yang perlu diperiksa adalah tulangan besi tempat dudukan karet. Cara melihatnya cukup mudah yaitu dengan menarik karet-karet yang ada di bagian bodi mobil seperti bagasi dan juga pintu.

Namun untuk melakukan hal ini tentu Otofriends perlu meminta izin terlebih dahulu pada penjual mobil. Jika setelah diperiksa ternyata terlihat tulangan sudah bergelombang, maka perlu dicurigai mobil tersebut pernah mengalami tabrakan. Pasalnya bagian tersebut harusnya memiliki tampilan yang presisi, lurus, dan tidak bergelombang.

#5: Engsel Berubah Warna

Engsel Mobil
Engsel Mobil

Pada mobil keluaran pabrik, biasanya engsel akan memiliki warna logam kekuningan atau logam berwarna silver. Sedangkan engsel pada mobil yang pernah mengalami tabrakan, biasanya engsel akan berwarna senada dengan warna pintu mobil tersebut. Hal ini karena pada saat perbaikan, engsel akan terkena cat yang disemprotkan pada body mobil.

#6: Bingkai Pintu Tidak Presisi

Bingkai Pintu Mobil Tidak Pas
Bingkai Pintu Mobil Tidak Pas

Jika tabrakan parah mengenai bagian pintu, maka ada kemungkinan bingkai pintu akan penyok dan tidak akan presisi lagi. Otofriend bisa melakukan tes dengan membuka dan menutup pintu mobil berulangkali.

Jika pintu masih terasa stabil saat dibuka maupun ditutup, berarti pintu tersebut aman. Namun sebaliknya, jika pintu terasa tidak presisi dan tidak pas saat dibuka maupun ditutup, maka perlu dicurigai bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan besar.

#7: Posisi Kaca Tidak Sejajar

Biasanya Kaca Mobil Tidak Kembali Normal
Biasanya Kaca Mobil Tidak Kembali Normal

Bagian selanjutnya yang bisa Otofriends periksa adalah kaca mobil. Jika tabrakan besar membuat kaca mobil pecah, berarti kaca tersebut harus diganti dengan yang baru. Pemasangan kaca baru di bengkel tidak akan serapi pemasangan kaca di pabrik.

Untuk mengujinya Otofriends bisa mengaliri kaca dengan air. Apabila air yang sebelumnya disemprotkan masuk ke sela-sela kaca maka pemasangan yang sebelumnya dilakukan tergolong kurang baik.

#8: Tidak Stabil Saat Dikendarai

Biasanya Kaca Mobil Tidak Kembali Normal
Saat Dikendarai Tidak Stabil

Setelah semuanya diperiksa secara fisik, maka hal terakhir adalah memeriksanya dengan melakukan uji berkendara atau test drive. Mobil yang pernah mengalami tabrakan besar biasanya akan terasa berbeda saat dikendarai.

Rasa tidak nyaman dan kurang stabil selama berkendara, apalagi dalam kecepatan tinggi, biasanya menandakan bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan parah. Untuk itu jika Otofriends merasakan kurang nyaman saat melakukan test drive, tanyakan pada penjual mobil tersebut apakah mobil pernah mengalami tabrakan besar atau tidak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Besarnya Pajak Mobil

Tips Membeli Mobil Bekas Bebas Tabrakan Besar

Memastikan bahwa mobil yang akan dibeli pernah mengalami tabrakan besar atau tidak memang perlu ketelitian dan juga kejelian tersendiri. Otofriends perlu terbiasa memeriksa mobil bekas sebelum akhirnya benar-benar bisa membedakan mana mobil yang pernah mengalami tabrakan besar dan mana mobil yang masih mulus selama pemakaian pemilik sebelumnya

Namun Otofriends tak perlu khawatir dan takut untuk membeli mobil bekas. Otofriends bisa mempercayakan kepada ahlinya, yaitu jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan mempercayakan pada Otospector, mobil yang akan Otofriend dapat sudah pasti bebas tabrakan besar, bebas terendam banjir dan juga Otofriends akan mendapatkan garansi selama 30 hari atau 1.500 KM.

Tak hanya itu, pengecekan mobil juga dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari interior, eksterior, mesin dan transmisi, bahkan hingga surat-surat akan Otospector lakukan pemeriksaan. Jadi Otofriends tak perlu khawatir akan mendapatkan mobil dengan kondisi tak layak pakai.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

Maret 26, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut