Ini Dia Konsumsi BBM Mobil Paling Irit

Oktober 19, 2024
By Getan Metodius
Ini Dia Konsumsi BBM Mobil Paling Irit-otospector

Konsumsi BBM mobil yang paling irit tidak mengenai tentang hemat bahan bakar saja, melainkan harus mempunyai performa yang bagus agar mobil yang kamu milik dapat menempuh perjalanan yang jauh. 

Memiliki kendaraan roda empat menjadi salah satu yang wajib dimiliki, bukan? Karena memiliki mobil salah satunya dapat melindungi dari segala macam cuaca, selain itu memiliki mobil juga dapat memudahkan pemilik atau penyewa untuk bepergian ke berbagai tempat wisata bersama keluarga atau saudara. Nah, biasanya yang sedang mencari mobil pasti memikirkan mobil apa aja sih yang paling irit?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi mobil yang hemat bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh. 

#1: Daihatsu Sigra.

mobil irit bbm

Sumber: SEVA

Yang pertama adalah Daihatsu Sigra, karena Daihatsu Sigra dapat menampung penumpang sampai 7 orang lho, dan mempunyai kapasitas bagasi sampai 263 liter jika ditingkatkan bisa sampai 503 liter dengan melipat kursi baris kedua dan ketiga ya. 

Sehingga Daihatsu Sigra ini cocok digunakan untuk bepergian dengan jarak yang jauh serta hemat bahan bakar, karena Daihatsu Sigra menggunakan mesin 998 cc 3-silinder untuk varian terendah. Mobil Daihatsu Sigra ini juga bisa menempuh jarak sampai 19,3 km/liter san 26 km/liter jika jalanan bebas dari hambatan. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Empat Penyebab Baterai Mobil Listrik Boros

#2: Datsun GO+ Panca.

go panca mobil irit bensin

Sumber: liputan6

Sudah ada yang tahu belum kalau Datsun GO+ Panca merupakan mobil LCGCC yang paling bisa diandalkan pada saat perjalanan mudik atau pada saat perjalanan yang sangat jauh.  Karena Datsun GO+ panca ini memiliki kelebihan si paling irit yang bisa menampung 7 penumpang dan mempunyai kapasitas bagasi sampai 347 liter. 

Oleh karena itu, pemilik Datsun GO+ panca ini bisa membawa barang banyak dan juga menampung oleh-oleh dari kampung halaman. Selain memiliki kapasitas yang baik ternyata Datsun GO+ panca ini juga sangat irit bahan bakar lho. 

Menurut berbagai sumber, Datsun GO+ panca ini menggunakan mesin 1.200 cc 3-silinder dan mampu mencapai 23 km/liter untuk rute dalam kota, 23,5 km/liter untuk luar kota, dan 19,8 km/liter untuk jalan tol. 

#3: Toyota Calya.

calya irit bensin

Sumber: gridoto

Toyota Calya juga termasuk kendaraan yang paling irit bahan bakar, memiliki ruang yang lumayan lega, nah, Toyota Calya menjadi pilihan yang paling pas buat kamu nih. Karena Toyota Calya ini bisa menampung penumpang sampai 7 orang dan memiliki kapasitas bagasi sampai 363 liter. 

Untuk performa mobil Calya ini sudah menggunakan mesin 1.200 liter 4-silinder yang biasanya dapat menghasilkan tenaga sampai 86,7 hp pada 6.000 rpm dan memiliki torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm. Dan dalam segi konsumsi bahan bakar, Daihatsu Calya ini bisa menempuh jarak jauh sekitar 15-20 km dengan 1 liter bensin. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Oli Mesin Mobil Habis? Awas, Komponen Ini Bisa Rusak!

#4: Suzuki Ignis.

suzuki ignis irit bensin

Sumber: Suzuki Indonesia

Mobil yang memiliki hemat bahan bakar selanjutnya adala Suzuki Ignis tahun 2020 hadir dengan mesin berkubikasi 1.17 cc 4-silinder. Pada umumnya Suzuki Ignis ini memiliki julukan sebagai mobil kelas SUV. Tapi mobil ini hanya bisa menampung 4 orang saja, dan memiliki tenaga sampai 81,8 dk pada 6.000 rm dan memiliki torsi 113 Nm. 

Suzuki Ignis ini bisa mengkonsumsi bensin sebesar 22,3 km/liter untuk luar kota dan 18,2 km/liter untuk dalam kota. Dan memiliki ruang bagasi yang lumayan lega, yaitu 260 liter yang setara bisa untuk menampung 2 koper yang besar.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Atasi Capek Mengemudi Dengan Mobil Manual 

September 08, 2024
Tips mengendarai mobil manual harus dipahami betul oleh pengemudi sebelum menggunakan tipe transmisi ini sehari-hari. Ini lantaran mengemudi mobil manual, agak sedikit berbeda dengan transmisi otomatis yang relatif lebih mudah dan sederhana.  Di Indonesia, jumlah mobil bertransmisi otomatis memang semakin banyak, terutama di perkotaan. Namun jika dihitung secara keseluruhan, perbandingan pemakaian transmisi manual masih di
Baca Lebih Lanjut

Dokumen Mobil Bekas Yang Perlu Dicek Saat Jual Beli

September 06, 2024
Saat membeli mobil bekas, selain faktor teknis, salah satu yang juga harus dipastikan adalah dokumen mobil bekas. Pastikan bahwa urusan legalitas mobil tersebut tidak bermasalah, dalam hal ini dokumen-dokumen kendaraan.  Kehati-hatian dalam menjalankan transaksi jual-beli ini penting, mengingat mobil masih sering terlibat dalam peristiwa kejahatan seperti penipuan, penggelapan, pencurian, dll. Ini lantaran di Indonesia, pada
Baca Lebih Lanjut

Ini Toh Fungsi Grill Buat Mobil

September 05, 2024
Memang tidak banyak pengendara mobil yang masih belum tahu mengenai fungsi dari komponen pada bagian depan mobil. Serta keberadaan komponen grill mobil sering terlupakan bagi pemilik kendaraan, dikarenakan dengan ukuran grill mobil yang tidak terlalu besar membuat pemilik mobil tidak begitu memperhatikannya. Bagian grill mobil biasanya mempunyai logo perusahaan. Namun secara umumnya grill mobil mempunyai
Baca Lebih Lanjut