Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan? Berikut Fakta-faktanya

September 27, 2023
By Thomas W
Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan? Berikut Fakta-faktanya-otospector

Pergantian oli mobil adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Mengganti oli mobil dapat membantu menjaga kinerja mesin dan mencegah kerusakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil agar kondisi mobil tetap prima? Apakah berdasarkan bulan atau kilometer? Berikut ini fakta-faktanya:

#1: Ada Dua Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Oli

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Dua faktor tersebut adalah kondisi fisik dan jarak tempuh. Kondisi fisik oli dapat dilihat dari perubahan warna, kekentalan, dan kotoran yang terdapat di dalamnya. Jarak tempuh adalah jarak yang telah ditempuh oleh mobil sejak oli terakhir kali diganti.

Warna oli yang hitam pekat, kekentalan yang berkurang, dan kotoran yang banyak, menunjukkan bahwa oli sudah tidak layak digunakan.

Oli yang sudah rusak akan berkurang kemampuannya untuk memberikan pelumasan dan pendinginan pada mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin menjadi cepat panas, suara mesin jadi kasar, dan kinerja mesin menurun. Cepatlah untuk membawa mobil ke bengkel.

Baca juga: Begini Cara Cek Oli Mobil Pakai Dipstick

#2: Jarak Tempuh Juga Mempengaruhi Umur Oli.

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Semakin sering kita mengemudi, semakin cepat oli akan habis. Oli yang habis akan berkurang volumenya dan tidak dapat menjangkau semua bagian mesin. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antar komponen mesin meningkat dan mengakibatkan kerusakan.

Oleh karena itu, kita harus ganti oli mobil secara berkala, baik berdasarkan bulan maupun kilometer. Umumnya, produsen mobil merekomendasikan untuk melakukan penggantian oli mobil setiap 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Namun, angka ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis oli dan kualitas oli yang digunakan, kondisi jalan, gaya berkendara, dan cuaca.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Untuk Mengantisipasi Kerusakan, Perhatikan Lampu Indikator Oli.

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Lampu ini akan menyala jika ada masalah dengan sistem oli, seperti tekanan rendah atau volume kurang. Lampu ini menjadi tanda bahwa oli sudah berkurang dan kita harus segera mengganti oli atau membawa mobil ke bengkel.

Selain mengganti oli mesin, kita juga harus mengganti oli gardan atau transmisi sesuai dengan petunjuk buku manual mobil. Oli gardan berfungsi untuk melumasi komponen transmisi dan mencegah gesekan. Oli gardan juga bisa berubah menjadi kotor dan kental sehingga perlu diganti secara rutin.

Baca juga: 4 Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Anda

Bagaimana cara mengecek kondisi oli dari sebuah mobil bekas?

Memilih dan membeli mobil bekas sebaiknya tidak asal beli tanpa diperiksa kondisinya. Salah memilih mobil bekas, maka konsekuensinya bisa berakibat panjang di masa datang.

Kalau ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

17 Komponen Dalam Mesin Mobil

Juni 01, 2024
Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi.  Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik. Ada
Baca Lebih Lanjut

Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil

Mei 30, 2024
Untuk menghidupkan mesin mobil itu ada 3 bagian yang harus kamu ketahui. Salah satu bagian tersebut merupakan alternator mobil, yang menjadi bagian sangat penting pada mesin mobil. Sangat disayangkan, kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi aki dari pada bagian alternator. Tanpa disadari alternator juga salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan, karena peran alternator sangat
Baca Lebih Lanjut

5 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Mei 27, 2024
Agak berbeda dengan mobil-mobil biasa, mobil untuk campervan memang punya spesifikasi sendiri. Yang terutama, tentu saja mobil harus punya ruang yang cukup luas. Harus bisa menampung seluruh keluarga serta barang-barang bawaan selama liburan di alam terbuka. Selain itu, mobil juga tetap memiliki fitur-fitur kenyamanan seperti AC dan sistem audio. Mesinnya juga harus kuat dan harus
Baca Lebih Lanjut