Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan? Berikut Fakta-faktanya

September 27, 2023
By Thomas W
Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan? Berikut Fakta-faktanya-otospector

Pergantian oli mobil adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Mengganti oli mobil dapat membantu menjaga kinerja mesin dan mencegah kerusakan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil agar kondisi mobil tetap prima? Apakah berdasarkan bulan atau kilometer? Berikut ini fakta-faktanya:

#1: Ada Dua Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Oli

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Dua faktor tersebut adalah kondisi fisik dan jarak tempuh. Kondisi fisik oli dapat dilihat dari perubahan warna, kekentalan, dan kotoran yang terdapat di dalamnya. Jarak tempuh adalah jarak yang telah ditempuh oleh mobil sejak oli terakhir kali diganti.

Warna oli yang hitam pekat, kekentalan yang berkurang, dan kotoran yang banyak, menunjukkan bahwa oli sudah tidak layak digunakan.

Oli yang sudah rusak akan berkurang kemampuannya untuk memberikan pelumasan dan pendinginan pada mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin menjadi cepat panas, suara mesin jadi kasar, dan kinerja mesin menurun. Cepatlah untuk membawa mobil ke bengkel.

Baca juga: Begini Cara Cek Oli Mobil Pakai Dipstick

#2: Jarak Tempuh Juga Mempengaruhi Umur Oli.

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Semakin sering kita mengemudi, semakin cepat oli akan habis. Oli yang habis akan berkurang volumenya dan tidak dapat menjangkau semua bagian mesin. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antar komponen mesin meningkat dan mengakibatkan kerusakan.

Oleh karena itu, kita harus ganti oli mobil secara berkala, baik berdasarkan bulan maupun kilometer. Umumnya, produsen mobil merekomendasikan untuk melakukan penggantian oli mobil setiap 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Namun, angka ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis oli dan kualitas oli yang digunakan, kondisi jalan, gaya berkendara, dan cuaca.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Untuk Mengantisipasi Kerusakan, Perhatikan Lampu Indikator Oli.

 Ganti Oli Sesuai Km atau Bulan

Lampu ini akan menyala jika ada masalah dengan sistem oli, seperti tekanan rendah atau volume kurang. Lampu ini menjadi tanda bahwa oli sudah berkurang dan kita harus segera mengganti oli atau membawa mobil ke bengkel.

Selain mengganti oli mesin, kita juga harus mengganti oli gardan atau transmisi sesuai dengan petunjuk buku manual mobil. Oli gardan berfungsi untuk melumasi komponen transmisi dan mencegah gesekan. Oli gardan juga bisa berubah menjadi kotor dan kental sehingga perlu diganti secara rutin.

Baca juga: 4 Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Anda

Bagaimana cara mengecek kondisi oli dari sebuah mobil bekas?

Memilih dan membeli mobil bekas sebaiknya tidak asal beli tanpa diperiksa kondisinya. Salah memilih mobil bekas, maka konsekuensinya bisa berakibat panjang di masa datang.

Kalau ada tanda-tanda mobil bekas mengalami kebocoran oli, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Saja Pemicu Aquaplaning Mobil?

Juli 09, 2024
Di musin kemarau dengan banyak hujan seperti sekarang ini, para pengemudi harus ekstra waspada terhadap pemicu aquaplaning mobil. Masalahnya, situasi ini sering kali terjadi secara tidak terduga. Tiba-tiba saja, di tengah perjalanan, mobil tergelincir dan meluncur tanpa terkendali. Ujung-ujungnya bisa mengakibatkan kecelakaan dan memakan korban.  Kabar baiknya, kondisi aquaplaning ini sebenarnya bisa dikenali bahkan bisa
Baca Lebih Lanjut

Ada di Mall Ciputra Ini Jadwal Samsat Keliling Jakarta Barat Lainnya

Juli 06, 2024
Warga Jakarta Barat yang akan melakukan urusan perpanjangan STNK, tentu tidak pernah merasa repot lagi berkat adanya layanan Samsat Keliling Jakarta Barat. Dengan adanya Samsat Keliling, warga punya banyak alternatif tujuan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kepentingan pribadinya. Wajar jika ada sebagian anggota masyarakat yang memilih urusan perpanjangan STNK kendaraannya di Samsat Keliling. Ini
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Juli 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut