Fungsi Unik Peredam Suara Mobil

September 25, 2024
By Getan Metodius
Fungsi Unik Peredam Suara Mobil-otospector

Pada umumnya peredam suara adalah salah satu komponen yang berperan penting pada mobil, karena keberadaannya sebagai mengurangi kebisingan.

Dan fungsi dari peredam suara pada mobil ini untuk membuat bagian dalam kendaraan untuk menjadi lebih senyap dan tidak mengganggu dengan suara kebisingan. 

Untuk penggunaan peredam suara pada mobil biasanya bisa membawa kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu kamu harus memahami dan mengetahui bagaimana cara agar peredam suara pada mobil yang benar. 

Berikut ini ada beberapa penjelasan yang harus kamu ketahui mengenai kelebihan dan kekurangan bagi pengguna peredam suara pada mobil.

Kelebihan Menggunakan Peredam Suara Mobil 

#1: Membuat Mobil Menjadi Lebih Nyaman Ketika Sedang Dikendarai.

nyaman berkendara

Sumber: otodriver

Pada saat mobil kamu menggunakan peredam mobil dapat membuat mobil menjadi lebih nyaman ketika sedang dikendarai. 

Sehingga pengemudi menjadi lebih fokus untuk memperhatikan kondisi sekitar jalanan tanpa harus terganggu dengan suara bising yang biasanya berasal dari komponen yang berada di luar mobil ataupun di mobil sendiri. 

Hal ini membuat pengemudi bisa berkendara dengan lebih nyaman ketika sudah memasang peredam suara bising pada mobil. Dengan memasang peredam suara pada mobil kamu maka kamu tidak akan mendengar suara mesin sendiri. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Suara Ban Mobil Tidak Terdengar.

suara ban mobil

Sumber: dunlop

Selanjutnya, untuk penggunaan peredam pada mobil dapat membuat suara ban tidak begitu terdengar. Karena pemasangan peredam suara pada mobil bisa membuat suara gesekan ban pada aspal atau pun pada bebatuan.

Peredam suara pada mobil juga bisa dipasangkan pada bagian plafon mobil agar ketika sedang turun hujan suaranya tidak terlalu kedengaran, sehingga peredam suara pada mobil juga efektif untuk mengurangi suara dari mesin yang biasanya akan masuk ke dalam kabin mobil. 

#3: Suara Audio Mobil Jelas.

audio mobil lebih jelas

Sumber: tribun lampung

Kelebihan jika kamu menggunakan peredam suara mobil, kamu bisa mendengarkan musik atau radio di dalam perjalanan karena suara audio nya lebih jelas terdengar. 

Karena tidak tercampur dengan suara bising yang berada di luar mobil. Sehingga membuat penumpang mobil bisa mendengarkan suara audio dengan nyaman dan jelas. 

Kekurangan Menggunakan Peredam Suara Pada Mobil 

#1: Bobot Mobil Akan Menjadi Semakin Berat.

Bobot mobil yang semakin berat juga merupakan kerugian bagi yang memasang peredam suara. Sehingga membuat beban mobil menjadi bertambah. Efek sampingnya membuat mobil jadi lebih kesulitan untuk berjalan di kecepatan tinggi karena bobot yang berat.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

#2: Berbahaya Ketika Suara Sekitar Tidak Terdengar Jelas.

Kekurangan yang kedua adalah ketika sudah menggunakan peredam suara pada mobil hal yang akan terjadi itu adalah suara di sekitar tidak terdengar dengan jelas. 

Dan jika di dalam mobil terlalu senyap justru malah bisa membahayakan, karena takutnya kamu tidak bisa mendengar suara dari luar ketika orang luar tersebut sedang memberikan isyarat atau sejenisnya. Oleh karena itu hal tersebut bisa merugikan keselamatan pada saat sedang berkendara, dan salah satunya ketika kamu sedang mendengar klakson mobil lain.

#3: Engsel Pintu Mobil Biasanya Cepat Aus.

Yang terakhir, ketika kamu memasang peredam suara pada mobil biasanya engsel pintu mobil bisa menjadi cepat aus. Sehingga hal ini bisa berpotensi terjadi jika peredam suara yang digunakan mempunyai bobot yang berat. 

Dan pemasangan peredam suara yang asal pilih akan memberatkan mobil juga lho. Nah, makannya kamu harus perhatikan berat peredam suara pada mobil sebelum kamu memasangnya, sehingga kamu tidak merasa rugi.  

Baca juga: Tips Atasi Capek Mengemudi Dengan Mobil Manual

Bijak dalam merawat dan memodifikasi kendaraan.

Otofriends menggunakan peredam suara sangatlah baik, yang perlu jadi catatan adalah konsultasikan dengan pihak mekanik. Supaya tidak membebani mobil atau mengurangi fokus kamu. Kedap, namun tetap tidak membebani mobil dan juga kamu tetap bisa mendengar sesuatu dari luar mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut

Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir 

Mei 16, 2024
Kamu ingin menerjang banjir menggunakan mobil? Tapi kamu masih tidak tahu berapa batas aman mobil ketika sedang terendam banjir? Simak pembahasan berikut ini Otofriends. Seperti yang kita ketahui kalau banjir adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah yang sering kali terkena banjir ketika hujan sudah mulai turun. Dan bagi pemilik
Baca Lebih Lanjut

Spesifikasi Mobil Genesis G80 Milik Shin Tae Yong

Mei 16, 2024
Pelatih Timnas U-23 yaitu Shin Tae Yong baru saja diberikan mobil listrik Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase oleh Hyundai, mobil listrik ini harga nya mencapai Rp 2 miliar. Hyundai memberikan sebuah mobil listrik kepada Shin Tae Yong sebagai wujud apresiasinya, karena berkat Shin Tae Yong Timnas U-23 berhasil masuk ke semifinal Piala Asia U-23 dan membuat
Baca Lebih Lanjut