Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

September 13, 2024
By Getan Metodius
Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN-otospector

Pemimpin umat Katolik yaitu Paus Fransiskus ingin mengunjungi 4 Negara dalam perjalanan misi apostoliknya di Asia Tenggara. Sebagai pemimpin umat Katolik sedunia, ternyata fakta menariknya Paus Fransiskus menumpangi mobil yang  berbeda-beda pada saat kunjungan bersejarahnya.

Datangnya Paus Fransiskus di berbagai Negara kini menjadi pusat perhatian publik, dan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi terkenal karena Paus Fransiskus selama di Indonesia menggunakan mobil yang biasa dikenal dengan julukan ‘mobil rakyat’ padahal beliau adalah tamu VIP Indonesia.

Dalam kunjungan kenegaraan dan keagamaan Paus Fransiskus di ASEAN sudah dimulai sejak tanggal 3 sampai 6 September 2024. Lalu lanjut ke Papua Nugini di tanggal 6 sampai 9 September, kemudian ke Timor Leste pada tanggal 9 sampai 11 September, dan ditutup dengan kunjungan ke Singapura di tanggal 11 sampai 13 September 2024. 

Nah, dari ke 4 Negara tersebut Paus Fransiskus menumpangi mobil yan berbeda-beda lho. Ada 3 model buatan Toyota dan satu nya lagi buatan Hyundai. Lalu manakah di antara Toyota dan Hyundai yang termahal dan termurah? 

Berikut ini ada beberapa daftar mobil Paus Fransiskus di ASEAN :

#1: Toyota Innova Zenix (Indonesia).

mobil paus fransiskus selama di asean

Sumber: Liputan6

Kunjungannya di Indonesia, Paus Fransiskus menjadi pusat perhatian publik karena Paus Fransiskus hanya menggunakan Toyota Innova Zenix pada saat berkunjung ke Indonesia.

Karena, seperti yang kita ketahui bahwa mobil tersebut dikenal sebagai mobil rakyat dan sangat jarang tamu VIP seperti beliau yang menggunakan Toyota Innova Zenix.

Toyota Innova Zenix ditaburi kelir putih dan diisi dengan bendera Vantikan dan Indonesia di bagian depannya. Lalu di area ekor dan muka nya menggunakan pelat yang khusus dan bertulis ‘SCV 1’ artinya adalah status Civitalis Vaticanae atau biasa dibilang dengan sebutan Kota Vatikan.

Kendaraan yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama di Indonesia dibanderol Rp 540 jutaan dan berstatus on the road Jakarta.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Klaim Garansi Lebih Cepat dan Mudah Di Claim Center Otospector

#2: Toyota Raize (Papua Nugini).

bapa paus di papua nugini

Sumber: CNN

Pada saat Paus Fransiskus sudah mendarat di Bandara Port Moresby, Papua Nugini. ternyata Paus Fransiskus menggunakan mobil merakyat lagi, yaitu Toyota Raize.

Paus Fransiskus juga kembali duduk di kursi bagian depan, Toyota Raize ini ditaburi kelir putih sama seperti Toyota Innova Raize pada saat digunakan pada saat di Indonesia. Masih sama Toyota Raize juga disematkan bendera Vatikan di bagian depan kendaraan.  

Mobil Toyota Raize yang digunakan oleh Paus Fransiskus pada saat di Papua Nugini kemungkinan produknya impor dari Indonesia. Dan menurut data Gaikindo kendaraan tersebut memang sengaja dikapalkan ke Papua Nugini melalui Astra Daihatsu Motor.

Untuk harga Toyota Raize tergolong lebih terjangkau daripada Toyota Innova Zenix. Mobil Toyota Raize dibanderol Rp 264 jutaan atau 68.000 kina.

Baca juga: Simak 3 Manfaat Penggunaan Wax Pada Body Mobil

#3: Toyota Sienta (Timor Leste).

paus fransiskus di timor leste

Sumber: CNN

Di Timor Leste Paus Fransiskus kembali menggunakan kendaraan buatan dari Toyota. Pada saat Paus Fransiskus mendarat di bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili. Beliau dijemput menggunakan Toyota Sienta lho.

Dan menariknya kendaraan tersebut tak berkelir putih, tapi abu-abu atau silver. Dan seperti biasa pada bagian depan kendaraan memakai bendera Vatikan dengan pelat nomor khusus.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Hyundai Ioniq 5 (Singapura).

bapa paus di singapura

Sumber: detik

Yang terakhir, dari ketiga Negara diatas yang selalu menggunakan mobil buatan Toyota tapi di Singapura Paus Fransiskus menggunakan kendaraan listrik, yaitu Hyundai Ioniq 5.

Mobil Hyundai ditaburi kelir putih dan menggunakan pelat khusus yaitu SCV 1. Dan Paus Fransiskus juga tetap duduk di kursi bagian depan, dan di mobil nya dipasangkan bendera Vatikan dan Singapura dibagian kedua sisi kendaraan Hyundai Ioniq 5.

Untuk di Singapura, Hyundai Ioniq 5 dibanderol dari harga 189.800 SGP, jika di Indonesia sekitar Rp 2,24 miliar. Dan biaya tersebut sudah termasuk biaya sertifikat kepemilikan. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Kira-kira Segini Biaya Pasang Sarung Jok Mobil

September 13, 2024
Setiap pemilik mobil sebenarnya punya kebebasan dalam hal pemakaian sarung jok mobil untuk kendaraannya. Ada pemilik mobil yang suka dengan sarung jok asli bawaan pabrik, tetapi ada juga yang memilih untuk melapisi jok agar sarung jok aslinya tetap utuh, warna bisa divariasikan sesuka hati, atau agar selalu tampak bersih. Apapun seleranya, sarung jok mobil memang
Baca Lebih Lanjut

Waspada Modus Penipuan Mobil Bekas Segitiga

September 13, 2024
Modus penipuan mobil bekas yang belakangan marak adalah penipuan yang disebut skema “segitiga”. Disebut begitu karena memang ada tiga pihak yang terlibat yaitu penjual, pembeli, dan penipu. Kalau Otofriends cari di mesin pencari internet, maka penipuan-penipuan pembelian mobil bekas sedang ramai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Terutama pada jual-beli mobil bekas oleh pemilik langsung
Baca Lebih Lanjut

Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

September 13, 2024
Pemimpin umat Katolik yaitu Paus Fransiskus ingin mengunjungi 4 Negara dalam perjalanan misi apostoliknya di Asia Tenggara. Sebagai pemimpin umat Katolik sedunia, ternyata fakta menariknya Paus Fransiskus menumpangi mobil yang  berbeda-beda pada saat kunjungan bersejarahnya. Datangnya Paus Fransiskus di berbagai Negara kini menjadi pusat perhatian publik, dan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi terkenal karena
Baca Lebih Lanjut