Fungsi Carbon Cleaner Untuk Perawatan Mobil

Mei 10, 2024
By Thomas W
Fungsi Carbon Cleaner Untuk Perawatan Mobil-otospector

Fungsi carbon cleaner untuk perawatan mobil jelas sangat penting. Tentu saja alasannya karena ruang bakar mesin akan selalu kotor akibat pemakaian sehari-hari. Meski proses ini alamiah, namun akibatnya ternyata cukup serius, yaitu performa kendaraan akan terus menurun. Di sinilah carbon cleaner diperlukan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Agar pemakaian carbon cleaner efektif dalam membersihkan ruang bakar, kita harus paham jenisnya, cara penggunaan, dan pemilihan jenis carbon cleaner yang tepat. Karena masalahnya tidak semua carbon cleaner cocok untuk semua jenis mesin. Tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

Apa saja fungsi carbon cleaner untuk perawatan mobil? Mari kita lihat satu per satu pembahasannya:

#1:  Alasan Penggunaan Carbon Cleaner

Fungsi Carbon Cleaner

Sumber: carparts.com

Carbon cleaner fungsi utamanya adalah untuk membersihkan ruang bakar di mesin mobil. 

Karena terus menerus bekerja dan melakukan pembakaran, ruang mesin akan dipenuhi dengan karbon. Masalahnya, tumpukan karbon ini akan membuat performa kendaraan akan semakin menurun.

Bukan cuma sekadar performa, karbon di ruang bakar juga membuat konsumsi bahan bakar jadi boros (sampai 30%), meningkatnya emisi gas buang berbahaya, mesin mengalami knocking, bahkan kerusakan pada beberapa komponen seperti piston, ring piston, dan katup.

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

#2: Jenis-jenis Carbon Cleaner dan Manfaatnya 

Fungsi Carbon Cleaner

Sumber: edu.svet.gob.

Ada dua jenis carbon cleaner yang biasa kita temui di pasaran. Yaitu yang berbentuk busa atau foam, kemudian ada yang berbentuk semprot. 

Dua bentuk carbon cleaner itu, baik semprot maupun busa, sama-sama dimasukkan ke dalam piston, karburator, dan throttle body. Keduanya punya kemampuan dan fungsi yang sama. 

Ada pendapat, untuk pembersihan di area klep, silinder, dan piston; penggunaan foam akan lebih baik. Alasannya karena lebih aman. Apalagi pembersih bertipe cair lebih banyak mengandung zat kimia. Kalau digunakan terlalu intens, dapat merusak beberapa komponen di mesin.

Kondisinya berbeda kalau untuk karburator. Justru pembersih semprot akan lebih baik karena bisa membersihkan ke celah-celah yang sempit. 

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Cara Memilih Carbon Cleaner yang Efektif

Fungsi Carbon Cleaner

Sumber: acea.auto

Ada berbagai jenis dan merek carbon cleaner di pasaran. Namun pertimbangan yang paling utama dalam memilihnya adalah usahakan yang tidak mengandung zat asam. Karena zat ini dapat merusak dan menyebabkan karat.

Pilih juga carbon cleaner yang tahan panas, karena kestabilan ruang pembakaran harus stabil. Karena itu kita harus memastikan bahwa carbon cleaner tidak menjadi panas saat digunakan. 

Pertimbangkan juga faktor harga. Karena harga tentunya akan berhubungan dengan kualitas. Lebih baik memilih yang kualitasnya bagus untuk keawetan mesin.

Terakhir, pilihlah carbon cleaner yang sesuai dengan tipe kendaraan. Tanyakan kepada bengkel langganan atau mekanik, jenis yang sesuai dan menjamin keawetan mesin mobil Otofriends. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4:  Cara Pemakaian Carbon Cleaner

Fungsi Carbon Cleaner

Sumber: astra.daihatsu.id

Penggunaan carbon cleaner sebenarnya tidak sulit. Hanya mungkin ada beberapa komponen yang tidak kita miliki di rumah, sehingga prosedur ini biasanya dilakukan di bengkel. 

Pertama, panaskan kendaraan sekitar 15 menit kemudian matikan. Buka filter udara, buka busi, dan posisikan piston sejajar. Di atas permukaan piston tadi semprotkan carbon cleaner hingga muncul cairan di permukaan. 

Diamkan posisi pembersihan tersebut selama 15 menit, baru kemudian sedot cairan dengan pompa isap. Setelah semua cairan kering, busi bisa dipasang kembali dan mesin bisa dihidupkan. 

Pemakaian carbon cleaner tidak usah terlalu sering, karena justru dapat mengikis lapisan di ruang pembakaran. Otofriends boleh melakukannya setiap 3.000 km dan maksimal 20.000 km. 

Baca juga: Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Cara cek performa mesin mobil bekas

Mobil bekas tentu saja performanya berbeda dengan mobil baru. Apalagi yang usianya sudah cukup tua atau di atas 10 tahun. Namun jika mobil tersebut dirawat dengan cukup baik, maka performanya masih bisa diandalkan.

Kalau Otofriends mengecek performa mesin sebuah mobil bekas, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi mobil ini nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan. Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan.
Baca Lebih Lanjut

Cuma 300rban Inspeksi Mobil Bekas Otospector

Februari 23, 2024
Transaksi mobil bekas kini semakin banyak otofriends, dimana kamu bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga sangat terjangkau. Apalagi kalau kita tahu nih beli mobil baru itu bisa kena depresiasi yang cukup besar loh. Makanya nggak heran kan banyak banget orang yang mau beli mobil bekas, dan ini sejalan dengan makin maraknya dealer mobil bekas. Boleh
Baca Lebih Lanjut