Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
By Thomas W
Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?-otospector

Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga.

Namun tentunya ada yang lebih unggul dalam hal-hal tertentu, satu sama lain. Simak yuk komparasi Pajero vs Fortuner berikut di bawah ini.

Manakah di antara kedua SUV ini yang unggul? Mari kita bahas perbandingan antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner, masing-masing keunggulannya.

#1: Desain

fortuner vs pajero

Mengawali komparasi menarik Pajero Sport vs Fortuner dari sisi eksterior. Mitsubishi Pajero Sport memiliki desain yang modern dan elegan dengan konsep dynamic shield.

Mobil ini memiliki panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.805 mm. Jarak sumbu rodanya 2.800 mm dan jarak terendah ke tanah 218 mm.

Pajero Sport Dakar Ultimate adalah varian tertinggi dari Pajero Sport yang memiliki fitur tambahan seperti lampu depan LED, lampu belakang LED, sunroof, spoiler belakang, dan velg alloy 18 inci.

Toyota Fortuner memiliki desain yang gagah dan sporty dengan grille besar dan lampu depan tajam. Mobil ini memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jarak sumbu rodanya 2.745 mm dan jarak terendah ke tanah 225 mm.

Fortuner GR Sport adalah varian khusus dari Fortuner yang memiliki fitur eksklusif seperti bumper depan dan belakang berwarna hitam, emblem GR Sport, suspensi sport, dan velg alloy 18 inci.

Baca juga: Pilihan Mobil SUV Dengan Ground Clearance Paling Tinggi

#2: Performa

fortuner vs pajero

Mitsubishi Pajero Sport menggunakan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.442 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Pilihan mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan atau manual 6 percepatan. Pajero Sport Dakar Ultimate memiliki fitur Super Select II 4WD yang memungkinkan pengemudi memilih mode penggerak roda sesuai kondisi jalan.

Toyota Fortuner menggunakan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.755 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 204 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 500 Nm pada 1.600-2.800 rpm.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 6 percepatan. Fortuner GR Sport memiliki fitur Differential Lock yang membantu mobil keluar dari kondisi jalan yang licin atau berlumpur.

#3: Fitur

fortuner vs pajero

Mitsubishi Pajero Sport memiliki fitur keselamatan seperti anti lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), hill start assist (HSA), hill descent control (HDC), active stability control (ASC).

Traction control (TCL), blind spot warning (BSW), rear cross traffic alert (RCTA), forward collision mitigation (FCM), ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS), adaptive cruise control (ACC), lane change assist (LCA), multi around monitor (MAM), dan dual SRS airbag .

Toyota Fortuner memiliki fitur keselamatan seperti anti lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), vehicle stability control (VSC), traction control (TRC), hill start assist control (HAC), downhill assist control (DAC).

Trailer sway control (TSC), blind spot monitor (BSM), rear cross traffic alert (RCTA), pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), adaptive cruise control (ACC), panoramic view monitor (PVM), dan dual SRS airbag .

Fitur utama hiburan head unit keduanya sama-sama mantap, untuk hiburan kamu bisa mendapatkan teknologi terbaru untuk kedua mobil ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Harga

fortuner vs pajero

Harga Mitsubishi Pajero Sport berkisar antara Rp 491,5 juta untuk varian GLX MT hingga Rp 733 juta untuk varian Dakar Ultimate AT.

Sementara itu harga Toyota Fortuner berkisar antara Rp 509 juta untuk varian G MT hingga Rp 748 juta untuk varian GR Sport AT. Harga kedua mobil ini tentu saja tergantung dari spesifikasi, fitur, dan kondisi pasar.

Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi SUV Bekas Dibawah 100 Juta

Kesimpulan

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport adalah dua mobil SUV ladder frame yang memiliki keunggulan masing-masing. Toyota Fortuner memiliki kelebihan di segi desain yang lebih gagah, mesin yang lebih bertenaga, dan fitur Differential Lock yang berguna di medan off-road.

Sementara itu Mitsubishi Pajero Sport memiliki kelebihan di segi desain yang lebih elegan, transmisi yang lebih halus, dan fitur Super Select II 4WD yang lebih fleksibel. Pemilihan antara kedua mobil ini tergantung dari selera, kebutuhan, dan anggaran konsumen.

Mobil SUV memang banyak jenis dan pilihan. Namun untuk memastikan kondisi mobil SUV bekas yang menjadi incaran, Otofriends bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dari hasil laporan inspeksi yang dilakukan secara mendetail, Otofriends akan mendapat gambaran utuh tentang kondisi sebuah mobil bekas. Dari referensi inilah, keputusan yang terbaik dalam pembelian bisa diambil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Faktor Penyebab Mobil Mati Saat Hujan

Januari 30, 2024
Banyak faktor yang bisa jadi penyebab mobil mati saat hujan. Maklum saja, pada saat hujan atau cuaca sedang buruk, mobil memang cenderung rawan terkena gangguan. Pada gangguan yang parah, mobil malah bisa mogok tiba-tiba, di tengah jalan. Masalahnya, tidak semua pengemudi tahu paham penyebab mobil mereka mendadak mati saat hujan, termasuk cara mengatasinya. Nah, agar
Baca Lebih Lanjut

Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2024

Januari 30, 2024
Daftar mobil terlaris 2023 yang dirilis berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa menjadi indikasi kesuksesan penjualan mobil nasional sepanjang tahun. Data ini memberi gambaran, sejauh mana model-model unggulan dari brand-brand otomotif, mampu bersaing. Terutama di situasi yang semakin ketat setelah kebangkitan industri otomotif pasca-Pandemi Covid 19. Daftar mobil terlaris 2023 kali ini
Baca Lebih Lanjut

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya. Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal.
Baca Lebih Lanjut