Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
By Thomas W
Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?-otospector

Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga.

Namun tentunya ada yang lebih unggul dalam hal-hal tertentu, satu sama lain. Simak yuk komparasi Pajero vs Fortuner berikut di bawah ini.

Manakah di antara kedua SUV ini yang unggul? Mari kita bahas perbandingan antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner, masing-masing keunggulannya.

#1: Desain

fortuner vs pajero

Mengawali komparasi menarik Pajero Sport vs Fortuner dari sisi eksterior. Mitsubishi Pajero Sport memiliki desain yang modern dan elegan dengan konsep dynamic shield.

Mobil ini memiliki panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.805 mm. Jarak sumbu rodanya 2.800 mm dan jarak terendah ke tanah 218 mm.

Pajero Sport Dakar Ultimate adalah varian tertinggi dari Pajero Sport yang memiliki fitur tambahan seperti lampu depan LED, lampu belakang LED, sunroof, spoiler belakang, dan velg alloy 18 inci.

Toyota Fortuner memiliki desain yang gagah dan sporty dengan grille besar dan lampu depan tajam. Mobil ini memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jarak sumbu rodanya 2.745 mm dan jarak terendah ke tanah 225 mm.

Fortuner GR Sport adalah varian khusus dari Fortuner yang memiliki fitur eksklusif seperti bumper depan dan belakang berwarna hitam, emblem GR Sport, suspensi sport, dan velg alloy 18 inci.

Baca juga: Pilihan Mobil SUV Dengan Ground Clearance Paling Tinggi

#2: Performa

fortuner vs pajero

Mitsubishi Pajero Sport menggunakan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.442 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Pilihan mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan atau manual 6 percepatan. Pajero Sport Dakar Ultimate memiliki fitur Super Select II 4WD yang memungkinkan pengemudi memilih mode penggerak roda sesuai kondisi jalan.

Toyota Fortuner menggunakan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.755 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 204 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 500 Nm pada 1.600-2.800 rpm.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 6 percepatan. Fortuner GR Sport memiliki fitur Differential Lock yang membantu mobil keluar dari kondisi jalan yang licin atau berlumpur.

#3: Fitur

fortuner vs pajero

Mitsubishi Pajero Sport memiliki fitur keselamatan seperti anti lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), hill start assist (HSA), hill descent control (HDC), active stability control (ASC).

Traction control (TCL), blind spot warning (BSW), rear cross traffic alert (RCTA), forward collision mitigation (FCM), ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS), adaptive cruise control (ACC), lane change assist (LCA), multi around monitor (MAM), dan dual SRS airbag .

Toyota Fortuner memiliki fitur keselamatan seperti anti lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), vehicle stability control (VSC), traction control (TRC), hill start assist control (HAC), downhill assist control (DAC).

Trailer sway control (TSC), blind spot monitor (BSM), rear cross traffic alert (RCTA), pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), adaptive cruise control (ACC), panoramic view monitor (PVM), dan dual SRS airbag .

Fitur utama hiburan head unit keduanya sama-sama mantap, untuk hiburan kamu bisa mendapatkan teknologi terbaru untuk kedua mobil ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Harga

fortuner vs pajero

Harga Mitsubishi Pajero Sport berkisar antara Rp 491,5 juta untuk varian GLX MT hingga Rp 733 juta untuk varian Dakar Ultimate AT.

Sementara itu harga Toyota Fortuner berkisar antara Rp 509 juta untuk varian G MT hingga Rp 748 juta untuk varian GR Sport AT. Harga kedua mobil ini tentu saja tergantung dari spesifikasi, fitur, dan kondisi pasar.

Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi SUV Bekas Dibawah 100 Juta

Kesimpulan

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport adalah dua mobil SUV ladder frame yang memiliki keunggulan masing-masing. Toyota Fortuner memiliki kelebihan di segi desain yang lebih gagah, mesin yang lebih bertenaga, dan fitur Differential Lock yang berguna di medan off-road.

Sementara itu Mitsubishi Pajero Sport memiliki kelebihan di segi desain yang lebih elegan, transmisi yang lebih halus, dan fitur Super Select II 4WD yang lebih fleksibel. Pemilihan antara kedua mobil ini tergantung dari selera, kebutuhan, dan anggaran konsumen.

Mobil SUV memang banyak jenis dan pilihan. Namun untuk memastikan kondisi mobil SUV bekas yang menjadi incaran, Otofriends bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dari hasil laporan inspeksi yang dilakukan secara mendetail, Otofriends akan mendapat gambaran utuh tentang kondisi sebuah mobil bekas. Dari referensi inilah, keputusan yang terbaik dalam pembelian bisa diambil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut

8 Mobil Bekas Berkualitas 2024 Harga di Bawah 100 Juta

Januari 11, 2024
Membeli mobil bekas juga sebenarnya banyak keuntungannya, salah satunya yaitu penyusutan nilai harga (depresiasi) yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil baru. Walau bukan keluaran baru, banyak mobil bekas berkualitas yang masih bandel dan tidak rewel. Cek yuk daftar mobil bekas, catat buat yang beli mobil. Otospector akan memberikan beberapa referensinya untuk Anda sebagai berikut: *Catatan:
Baca Lebih Lanjut