Catat! Ini Tanggal Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

April 06, 2023
By Thomas W
Catat! Ini Tanggal Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023-otospector

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya (sebelum Pandemi) pada musim libur Idul Fitri 2023 ini diperkirakan jutaan orang akan pulang ke kampung halaman mereka atau perjalanan mudik. Idul Fitri menjadi momen bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakannya bersama-sama.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Mengingat pandemi yang sudah mereda dan pemerintah tidak melakukan pembatasan sosial di masyarakat, maka diperkirakan jumlah arus mudik tahun ini akan meningkat. Artinya kepadatan lalu-lintas dan angkutan penumpang juga semakin tinggi.

Nah, apa saja yang bisa kita waspadai tingginya arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2023. Mari kita simak fakta-faktanya:

#1: Jumlah Pemudik Tahun 2023

arus mudik lebaran 2023

Menurut keterangan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, jumlah pemudik pada tahun ini diperkirakan sebanyak 123,8 juta orang.

Angka itu meningkat dari 85,5 juta orang pada Lebaran 2022. Artinya juga terjadi kenaikan 47 persen secara nasional.

Sementara itu pergerakan terjadi pergerakan masyarakat sebesar 17,7 juta orang pada H-1.

Baca juga: 5 Pengecekan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan Jauh

#2: Pemudik Mayoritas Menggunakan Transportasi Darat

arus mudik lebaran 2023

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, mayoritas moda transportasi pada Lebaran 2023 ini adalah jalur darat.

Moda transportasi itu terdiri atas:

  • Mobil Pribadi 23,32 juta orang
  • Sepeda Motor 25,13 juta orang
  • Bus 22,77 juta orang
  • Kereta Api 14,47 juta orang
  • Mobil Sewaan 9,53 juta orang
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

arus mudik lebaran 2023

Berdasarkan data PT Jasa Marga Tbk. puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada h-3 atau Rabu, 19 April 2023. Arus kendaraan mulai meningkat sejak h-3 ini.

Pada saat pucak arus mudik diperkirakan akan ada 138 ribu kendaraan yang melintasi KM 66 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Jumlah itu naik 2 persen dari tahun 2022 (135 ribu kendaraan) atau naik 154 persen dari kondisi normal tahun 2022 (54 ribu kendaraan).

#4:  Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2023

arus mudik lebaran 2023

Sementara itu prediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada H2 atau Selasa, 25 April 2023. Arus masih akan terus tinggi hingga H 3 atau Rabu 26 April 2023.

Pada saat arus balik akan ada 178 ribu kendaraan yang melintasi KM 66 tol Japek atau naik 5 persen dari puncak arus balik tahun 2022.

Baca juga: 6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik

beli mobil bekas di tokopedia

Baru beli mobil bekas, apakah layak untuk diajak perjalanan jauh?

karena namanya mobil bekas, tentu saja kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Tapi sebenarnya ini tidak akan jadi masalah, asalkan pembeli bisa memastikan komponen mobil yang perlu diberi perhatian atau bahkan diganti.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas. Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Gak Nyaman Kalau Setir Mobil Goyang

Januari 20, 2024
Yang namanya berkendara itu, kita harus pastiin mobil harus sehat dan dalam kondisi terbaik. Kamu perlu cek mulai dari kondisi mesin sampai juga pada kondisi komponen terluar mobil yaitu ban. Ada satu kondisi dimana mengemudi jadi tidak nyaman dan berbahaya, yaitu goyangnya setir mobil. Kondisi ini tentu bikin nyetir jadi tidak nyaman, sang pengemudi juga
Baca Lebih Lanjut

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut