5 Pengecekan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan Jauh

Februari 16, 2023
By Thomas W
5 Pengecekan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan Jauh-otospector

Selain dipakai untuk harian, ada kalanya mobil juga akan dipakai untuk perjalanan jauh. Misalnya saat berwisata ke luar kota, mudik, atau mungkin ada urusan tertentu yang harus diselesaikan.

Perjalanan jauh atau lebih dari yang biasa dilakukan sehari-hari tentu butuh persiapan fisik dan juga kendaraan. Jangan sampai terjadi kendala yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Apalagi jika daerah yang dituju termasuk daerah yang terpencil.

Bagaimana mempersiapkan kondisi mobil untuk perjalanan jauh. Mari kita perhatikan 5 langkah yang harus dilakukan:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Pengecekan Mesin

Pemeriksaan mesin
Pemeriksaan mesin oleh mekanik

Kondisi mesin mobil yang sehat tentu menjadi syarat yang tidak bisa ditawar. Apalagi jika perjalanan akan menempuh ratusan kilometer dengan waktu tempuh seharian. Jangan lupa, kondisi jalan yang akan dilewati kadang menuntut mesin yang prima, seperti jalan menanjak, berlubang, atau jalan tanah.

Pengecekan meliputi komponen oli mesin, baik dari segi keenceran atau volumenya, sampai dengan filter oli. Periksa juga timing belt untuk mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak.

Jika Otofriends termasuk pemilik kendaraan yang melakukan servis rutin, apalagi di bengkel resmi, tentu tidak ada masalah.

Baca juga: Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

#2: Periksa Kondisi Kelistrikan

Pemeriksaan aki
Pemeriksaan air aki

Setelah mesin beres, komponen vital adalah kelistrikan. Karena sistem ini berfungsi untuk pembangkit berbagai sistem lain seperti sistem starter, lampu-lampu, hingga sistem hiburan. Apalagi di mobil-mobil modern, sistem kelistrikan bahkan mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

Salah satu komponen yang paling mempengaruhi kelistrikan adalah aki. Karena itu pastikan kinerja aki tidak ada kendala. Termasuk pengecekan volume air aki, jika menggunakan aki basah.

#3: Cek Kondisi Air Radiator

Kipas radiator
Kipas radiator

Melakukan perjalanan dengan jarak hingga ratusan kilometer dan berlangung berjam-jam, dipastikan akan membuat suhu mesin akan rentan panas. Di sinilah fungsi radiator yang akan selalu menjaga suhu selalu normal, agar kinerja mesin tidak terganggu.

Tentu saja kerja radiator amat dipengaruhi kondisinya, sehingga pengecekan menyeluruh amat diperlukan. Terutama cairan radiator harus dalam kondisi pas, tidak boleh kurang.

Kurangnya cairan radiator dari yang seharusnya, hampir dipastikan karena kebocoran. Maka periksalah kemungkinan bocor baik pada radiator, selang, maupun reservoir.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pemeriksaan Kaki-kaki Mobil

Pemeriksaan rem
Pengecekan kaki-kaki meliputi juga rem

Sebenarnya kaki-kaki mobil bukan hanya berhubungan dengan kenyamanan, tapi juga keselamatan. Apalagi jika mobil akan dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan.

Kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan mobil, terutama saat dikendarai. Bukan mustahil muncul bunyi-bunyian aneh atau malah gemuruh selama mobil perjalanan yang berasal dari bearing roda.

Pemeriksaan yang paling penting tentu saja sistem pengereman. Pastikan minyak rem dalam kondisi cukup, kampas masih layak, dan tidak ada kendala saat mengerem mendadak maupun berhenti di saat menanjak.

#5: Pemeriksaan Ban

Pemeriksaan tekanan ban
Pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrik

Mungkin Otofriends pernah membaca bahwa salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol adalah ban pecah. Karena itu pastikan kondisi ban layak untuk perjalanan jauh dan kecepatan tinggi.

Ban yang kondisinya layak adalah yang tidak botak dan tidak retak-retak. Pastikan juga ban tidak melewati usia pakainya, yaitu maksimal 5 tahun. Lihat usia ban dari waktu produksinya yang tertera di sisi samping.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi tekanan angin ban dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Jika tekanan terlalu tinggi akan mengurangi kenyamanan. Sedangkan tekanan yang terlalu rendah dapat membuat bahan bakar boros dan risiko ban pecah.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Agar Mesin Awet Sepanjang Masa

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan mobil bekas yang kita beli layak untuk dipakai perjalanan jauh?

Yang namanya mobil bekas tentu saja kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan pembeli bisa memastikan komponen mana saja yang harus mendapat perhatian atau bahkan pergantian. Karena itu penting untuk mengetahui kondisi mobil sejelas-jelasnya.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas. Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Memblokir STNK 2024 Setelah Menjual Mobil

Februari 07, 2024
Jika mobil sudah dijual, Otofriends harus memblokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pembeli. Caranya cukup mudah, yang penting kamu tahu setiap wilayah memiliki caranya serta peraturan tersendiri. Selain itu, Otofriends juga dapat terhindar dari pajak progresif yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Ada dua
Baca Lebih Lanjut

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca Lebih Lanjut