5 Pengecekan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan Jauh

Februari 16, 2023
By Thomas W
5 Pengecekan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan Jauh-otospector

Selain dipakai untuk harian, ada kalanya mobil juga akan dipakai untuk perjalanan jauh. Misalnya saat berwisata ke luar kota, mudik, atau mungkin ada urusan tertentu yang harus diselesaikan.

Perjalanan jauh atau lebih dari yang biasa dilakukan sehari-hari tentu butuh persiapan fisik dan juga kendaraan. Jangan sampai terjadi kendala yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Apalagi jika daerah yang dituju termasuk daerah yang terpencil.

Bagaimana mempersiapkan kondisi mobil untuk perjalanan jauh. Mari kita perhatikan 5 langkah yang harus dilakukan:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Pengecekan Mesin

Pemeriksaan mesin
Pemeriksaan mesin oleh mekanik

Kondisi mesin mobil yang sehat tentu menjadi syarat yang tidak bisa ditawar. Apalagi jika perjalanan akan menempuh ratusan kilometer dengan waktu tempuh seharian. Jangan lupa, kondisi jalan yang akan dilewati kadang menuntut mesin yang prima, seperti jalan menanjak, berlubang, atau jalan tanah.

Pengecekan meliputi komponen oli mesin, baik dari segi keenceran atau volumenya, sampai dengan filter oli. Periksa juga timing belt untuk mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak.

Jika Otofriends termasuk pemilik kendaraan yang melakukan servis rutin, apalagi di bengkel resmi, tentu tidak ada masalah.

Baca juga: Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

#2: Periksa Kondisi Kelistrikan

Pemeriksaan aki
Pemeriksaan air aki

Setelah mesin beres, komponen vital adalah kelistrikan. Karena sistem ini berfungsi untuk pembangkit berbagai sistem lain seperti sistem starter, lampu-lampu, hingga sistem hiburan. Apalagi di mobil-mobil modern, sistem kelistrikan bahkan mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

Salah satu komponen yang paling mempengaruhi kelistrikan adalah aki. Karena itu pastikan kinerja aki tidak ada kendala. Termasuk pengecekan volume air aki, jika menggunakan aki basah.

#3: Cek Kondisi Air Radiator

Kipas radiator
Kipas radiator

Melakukan perjalanan dengan jarak hingga ratusan kilometer dan berlangung berjam-jam, dipastikan akan membuat suhu mesin akan rentan panas. Di sinilah fungsi radiator yang akan selalu menjaga suhu selalu normal, agar kinerja mesin tidak terganggu.

Tentu saja kerja radiator amat dipengaruhi kondisinya, sehingga pengecekan menyeluruh amat diperlukan. Terutama cairan radiator harus dalam kondisi pas, tidak boleh kurang.

Kurangnya cairan radiator dari yang seharusnya, hampir dipastikan karena kebocoran. Maka periksalah kemungkinan bocor baik pada radiator, selang, maupun reservoir.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pemeriksaan Kaki-kaki Mobil

Pemeriksaan rem
Pengecekan kaki-kaki meliputi juga rem

Sebenarnya kaki-kaki mobil bukan hanya berhubungan dengan kenyamanan, tapi juga keselamatan. Apalagi jika mobil akan dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan.

Kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan mobil, terutama saat dikendarai. Bukan mustahil muncul bunyi-bunyian aneh atau malah gemuruh selama mobil perjalanan yang berasal dari bearing roda.

Pemeriksaan yang paling penting tentu saja sistem pengereman. Pastikan minyak rem dalam kondisi cukup, kampas masih layak, dan tidak ada kendala saat mengerem mendadak maupun berhenti di saat menanjak.

#5: Pemeriksaan Ban

Pemeriksaan tekanan ban
Pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrik

Mungkin Otofriends pernah membaca bahwa salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol adalah ban pecah. Karena itu pastikan kondisi ban layak untuk perjalanan jauh dan kecepatan tinggi.

Ban yang kondisinya layak adalah yang tidak botak dan tidak retak-retak. Pastikan juga ban tidak melewati usia pakainya, yaitu maksimal 5 tahun. Lihat usia ban dari waktu produksinya yang tertera di sisi samping.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi tekanan angin ban dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Jika tekanan terlalu tinggi akan mengurangi kenyamanan. Sedangkan tekanan yang terlalu rendah dapat membuat bahan bakar boros dan risiko ban pecah.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Agar Mesin Awet Sepanjang Masa

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan mobil bekas yang kita beli layak untuk dipakai perjalanan jauh?

Yang namanya mobil bekas tentu saja kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan pembeli bisa memastikan komponen mana saja yang harus mendapat perhatian atau bahkan pergantian. Karena itu penting untuk mengetahui kondisi mobil sejelas-jelasnya.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas. Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Maret 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Ganti Bearing Mobil?

Maret 22, 2024
Biaya ganti bearing mobil memang sangat tergantung pada jenis dan model bearing yang digunakan. Hanya saja dalam setiap kerusakan bearing yang harus diperhatikan tentu soal kapan bearing harus diganti dan bagaimana kualitasnya. Bearing roda mobil adalah komponen yang menunjang roda kendaraan. Fungsinya menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil. Jika bearing mengalami kerusakan, tentu saja akan
Baca Lebih Lanjut

Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends. Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid. #1: Irit atau
Baca Lebih Lanjut