5 Cara Termudah Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan

April 01, 2018
By jandika
5 Cara Termudah Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan-otospector

Sebagian orang masih ada yang tidak memperhatikan kondisi mesin kendaraan miliknya. Tiba-tiba suatu saat terdengar suara aneh dari dalam ruang mesin. Baru deh mereka ketar-ketir, takut bila mobilnya mengalami kerusakan. Inilah mengapa melindungi mesin mobil perlu dijadikan perhatian.

Perlindungan dan maintenance mesin perlu dilakukan secara reguler untuk menjaga kondisinya tetap prima. Untuk membantu Anda melindungi mesin mobil kesayangan, pahami dan lakukan cara-cara mudahnya seperti berikut ini.

#1: Isi Bensin Sebelum Tangki Kosong

Isi Bensin

Tiap jenis bahan bakar memiliki kandungan sedimen yang dapat mengendap di bawah tangki bensin. Setelah mobil digunakan selama bertahun-tahun, bahkan endapan itu dapat semakin menebal. Nah, bila Anda memaksa mobil tetap berjalan di saat bahan bakar nyaris kosong, mesin jadi berpotensi rusak!

Sedimen-sedimen tersebut dapat terbawa masuk ke dalam mesin bersama sisa bahan bakar. Sistem bahan bakar dan juga beberapa bagian mesin berpotensi bekerja lebih berat akibat benda asing ini.

#2: Ganti Oli Rutin dan Sesuai Kebutuhan

Ganti Oli Rutin

Mengganti oli merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kesehatan mesin mobil. Oli menjaga bagian-bagian mesin yang vital tetap terlumasi agar mereka tak terkena overheat saat bekerja terlalu keras.

Bila Anda mengabaikan penggantian oli, lambat laun mesin akan mengalami kerusakan permanen.

Baca Juga: Kapan Ya Sebaiknya Ganti Oli Mobil? Cari Tahu di Sini!

Selain melindungi mesin mobil lewat penggantian oli, jangan lupa untuk memastikan sistem pendingin di ruang mesin berfungsi baik. Sistem pendingin di antarnya ialah radiator, thermostat, water pump, dan juga coolant. Koordinasi antara bagian-bagian pendingin tersebut sangat perlu diperhatikan!

#3: Ganti Filter Udara Secara Rutin

Ganti Filter Udara

Layaknya manusia, mesin mobil pun membutuhkan aliran udara yang cukup. Udara yang dibutuhkan oleh mesin pun harus terhindar dari kotoran dan benda asing lainnya. Itu sebabnya, mengganti filter udara secara berkala perlu dilakukan.

Lazimnya filter udara dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Namun kembali lagi pada intensitas pemakaian mobil Anda sehari-hari. Semakin sering digunakan, potensi terkena kotoran pun tentu makin tinggi. Waktu penggantian filter pun bisa jadi lebih sering.

#4: Perhatikan Indikator Check Engine

Lampu Indikator ABS

Melindungi mesin mobil dari kerusakan dapat juga dilakukan dengan mengecek lampu check engine yang ada pada dashboard. Bila ada indikator yang menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk mendeteksi anomali yang terjadi.

Baca Juga: Ayo Perhatikan! Ini Dia 7 Lampu Indikator Mobil yang Penting Diketahui

Banyak sekali orang yang mengabaikan tanda ini dan menunda-nunda untuk melakukan pengecekan. Anda jangan jadi salah satu di antaranya ya! Semakin dini mengetahui kerusakan yang terjadi, maka mesin pun dapat terlindungi dengan lebih baik.

#5: Pacu Kendaraan Secara Konstan

Berkendara Konstan

Berkendara sehari-hari di jalanan perkotaan membuat mobil terus mengalami kondisi rem-gas (stops and starts) setiap bertemu kemacetan lalu lintas. Kondisi ini sangat tidak ramah pada mesin mobil dan memaksanya untuk bekerja lebih berat.

Supaya kerusakan mesin dapat diminimalisir, usahakan untuk berkendara dengan kecepatan yang relatif konstan. Simpelnya, hal ini dapat dianalogikan dengan seseorang yang berlari.

Ketika ia berlari dengan kecepatan stabil, maka tubuhnya tidak akan mudah lelah sehingga jarak yang ditempuh lebih optimal. Di sisi lain, bila ia berlari kencang lalu dipaksa berhenti dan melambatkan kecepatan, maka tubuh pun akan lebih mudah merasa letih.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut