Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Ayo Perhatikan! Ini Dia 7 Lampu Indikator Mobil yang Penting Diketahui

Oktober 09, 2017
By jandika
Ayo Perhatikan! Ini Dia 7 Lampu Indikator Mobil yang Penting Diketahui-otospector

Mengenali keadaan kendaraan Anda dengan baik merupakan salah satu cara untuk bisa menjaga kondisinya. Tidak perlu pusing mengecek tiap bagiannya. Anda hanya cukup mengenalinya lewat lampu indikator mobil yang sudah terpasang.

Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada tiap mobil. Kenali 7 indikator berikut agar berkendara lebih aman dan Anda dapat mendeteksi masalah pada mobil sedini mungkin.

#1: Indikator Check Engine

Check Engine On

Salah satu lampu indikator mobil yang paling krusial untuk diketahui ialah Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau sering disebut juga lampu check engine.

Normalnya, saat Anda memasukkan kunci ke dalam lubang, lalu memutar kunci ke posisi ON, maka lampu indikator ini akan menyala. Setelah Anda men-starter mesin, maka lampu indikator mobil ini akan mati. Jika mesin sudah menyala namun lampu indikator check engine juga masih menyala, itu berarti ada masalah pada mesin mobil Anda dan harus segera dicek.

#2: Indikator Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Seatbelt

Keamanan dalam berkendara merupakan hal yang harus diprioritaskan. Itulah mengapa tiap pabrikan mobil selalu menyertakan lampu indikator ini.

Saat sabuk belum dipasang oleh penumpang, khususnya pengendara, maka lampu akan menyala. Pada mobil-mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, namun juga suara yang cukup nyaring. Sepanjang pengemudi belum memasang safety belt, suara pun akan terus-menerus berbunyi.

Baca Juga: 6 Indikasi Kerusakan Pada Rem Mobil Anda

#3: Tanda “SRS”

Lampu Indikator Airbag

Jika Anda melihat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar orang duduk memangku bulatan, itu berarti mobil Anda sudah dilengkapi dengan airbag. Fungsi dari airbag itu sendiri adalah untuk melindungi penumpang mobil ketika terjadi tabrakan.

Sama seperti safety belt, indikator ini pun sangat penting untuk diperhatikan untuk keamanan Anda. Jika menyala, ini berarti terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil Anda. Segera cek kenapa lampu indikator ini menyala agar airbag mobil Anda bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

#4: Indikator Suhu Mobil

Lampu Indikator Temperatur

Seringkali pengemudi tidak memperhatikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil. Lalu mesin tiba-tiba saja mengeluarkan asap akibat overheat. Sangatlah penting untuk memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat!

Bila indikator suhu menunjukkan warna kuning/oranye, itu berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Apabila indikatornya menunjukkan warna merah, Anda harus langsung waspada! Matikan mobil dan menepilah.

Baca Juga: 5 Penyebab Mesin Mobil Panas atau Overheat

#5: Lampu Indikator Aki

Lampu Indikator Aki

Aki merupakan salah satu elemen yang punya peranan penting pada sistem mobil Anda. Jika tidak terjadi pengisian atau ada kondisi yang tak normal, seluruh sistem dengan tenaga listrik pada mobil tidak akan menyala.

Jika lampu indikator aki seperti gambar di atas menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa, karena masalah pada aki mobil bisa mengakibatkan mobil Anda mogok.

#6: Lampu “ABS”

Lampu Indikator ABS

Lampu indikator mobil bertuliskan “ABS” menunjukkan kondisi fitur anti-lock braking system yang dimiliki kendaraan. ABS sendiri merupakan sistem yang dapat mencegah terjadinya penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak.

Lampu indikator ini hanya bisa ditemukan pada mobil-mobil yang telah dilengkapi sistem ABS. Jika lampunya terus menyala, jangan diabaikan! Hal ini memberikan isyarat bahwa ada masalah pada fitur ABS mobil dan Anda harus segera melakukan pengecekan pada sistemnya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan Besar

#7: Lampu Indikator Oli

Lampu Indikator Oli

Kondisi oli mobil Anda pun ternyata bisa diketahui melalui lampu indikator pada kendaraan. Supaya tidak lupa untuk mengganti serta menambahnya, perhatikan indikator tersebut baik-baik. Bila lampunya menunjukkan warna merah, segera lakukan penambahan atau penggantian oli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya