Cara Menghemat Baterai Mobil Listrik Saat Perjalanan Panjang

Oktober 15, 2024
By Getan Metodius
Cara Menghemat Baterai Mobil Listrik Saat Perjalanan Panjang-otospector

Yang terpenting dalam komponen mobil listrik itu adalah baterai nya. Seperti yang kita ketahui jika baterai merupakan nyawa pada mobil listrik, maka pada saat sedang mengendarai mobil listrik sangat penting untuk pengemudi menghemat baterai mobil agar di setiap perjalanan bisa lebih jauh untuk ditempuh. 

Lantas bagaimana caranya agar baterai mobil bisa lebih hemat? Bacalah artikel ini sampai habis ya.

Untuk yang memiliki kendaraan mobil listrik memang harus pandai dalam menggunakan baterai pada mobil listrik tersebut. Karena salah satu kekhawatiran pemilik mobil listrik yaitu ketika sedang dalam perjalanan tiba-tiba baterai mobil listrik habis di tengah jalan. 

Dan walaupun mobil listrik mampu mencapai perjalanan sampai ratusan kilometer, tetap saja pemilik kendaraan mobil listrik pasti memiliki rasa khawatir dan cemas karena takut kehabisan baterai pada saat dalam perjalanan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu pemilik kendaraan mobil listrik, agar baterai menjadi lebih hemat pada saat dalam perjalanan. 

#1: Berkendaraan Dengan Kecepatan Yang Sesuai.

Tak beda jauh sama hal nya dengan berkendara menggunakan mobil bensin, berkendaraan menggunakan mobil listrik pun harus perlahan tidak perlu terburu-buru.

Mengemudi lah dengan santai terutama pada saat sedang berakselerasi. Pengemudi tak perlu menginjakkan kaki nya ke pedal gas sampai mentok pada saat hendak berakselerasi usai posisi mobil berhenti. 

#2: Regeneratif Pengereman Secara Maksimal.

Regeneratif pengereman secara maksimal pada saat sedang berkendara di mobil listrik dapat membantu kamu untuk penggunaan baterai mobil listrik menjadi lebih hemat.

Caranya kamu Hanya perlu menggunakan rem jika diperlukan saja, maka dari itu kamu harus berkendara santai saja agar tidak terlalu sering menggunakan rem.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#3: Mengurangi Kecepatan.

Penting untuk pengemudi untuk mengurangi kecepatannya ketika dalam perjalanan yang lumayan jauh agar mobil listrik tetap dalam keadaan yang konstan. Pengemudi mobil listrik harus dengan kecepatan dibawah 100 km/jam jika memungkinkan. 

Dengan kamu menjaga tetap menjaga kecepatan saat sedang berkendara kamu bisa terhindar dari tilang karena cara berkendara kamu tidak melebihi batas kecepatan, selain itu baterai mobil juga jadi jauh menjadi lebih hemat. 

Jika kamu mengurangi kecepatan saat berkendara di 16 km/jam bisa menghemat baterai sampai 14%. Dan jika mobil listrik kamu dalam keadaan mode berkendara ECO, maka akselerasinya juga harus diperhatikan agar menjadi lebih lembut. Bila perlu kamu jangan menggunakan mode sport jika kamu ingin tetap menghemat baterainya. 

Baca juga: Empat Penyebab Baterai Mobil Listrik Boros

#4: Penggunaan AC.

Seperti yang kita ketahui, jika penggunaan AC dapat membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Dan jika memungkinkan, kamu bisa nyalakan mode kipasnya saja. Dengan kamu menyalakan mode kipas maka kompresor menjadi tak bekerja sehingga bisa membuat baterai mobil listrik kamu jadi jauh lebih hemat. 

Tapi, apabila tidak memungkinkan maka kamu bisa membuka jendela sebagai alternatif nya, dengan kamu membuka kaca jendela maka kamu bisa menghirup udara segar selama dalam perjalanan yang cukup panjang.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ternyata Segini Umur Baterai Mobil Hyundai

#5: Gunakan Fitur Seperlunya.

Ya, kamu harus menggunakan. Fitur mobil listrik seperlunya saja, karena jika menggunakan fitur yang berlebihan bisa menyebabkan baterai mobil listrik kamu cepat habis.

Dan sangat disarankan untuk menyalakan mobil terlebih dahulu saat posisi mobil listrik masih dicolok ke charger, sehingga akan memudahkan kamu untuk melakukan pengaturan suhu saat sedang mengemudi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Empat Penyebab Kaca Sunroof Mobil Bocor

September 10, 2024
Kaca sunroof mobil memang bisa menaikkan gengsi kendaraan kita jadi setingkat lebih tinggi, dibanding yang tidak pakai. Cuma masalahnya, pakai kaca sunroof ini ternyata tidak selalu menyenangkan. Apalagi kalau ternyata malah bocor, sehingga rembesan air masuk ke dalam kabin.  Bocornya sunroof memang bisa jadi masalah yang paling menyebalkan. Apalagi di saat musim hujan, di mana
Baca Lebih Lanjut

Tips Atasi Capek Mengemudi Dengan Mobil Manual 

September 08, 2024
Tips mengendarai mobil manual harus dipahami betul oleh pengemudi sebelum menggunakan tipe transmisi ini sehari-hari. Ini lantaran mengemudi mobil manual, agak sedikit berbeda dengan transmisi otomatis yang relatif lebih mudah dan sederhana.  Di Indonesia, jumlah mobil bertransmisi otomatis memang semakin banyak, terutama di perkotaan. Namun jika dihitung secara keseluruhan, perbandingan pemakaian transmisi manual masih di
Baca Lebih Lanjut

Dokumen Mobil Bekas Yang Perlu Dicek Saat Jual Beli

September 06, 2024
Saat membeli mobil bekas, selain faktor teknis, salah satu yang juga harus dipastikan adalah dokumen mobil bekas. Pastikan bahwa urusan legalitas mobil tersebut tidak bermasalah, dalam hal ini dokumen-dokumen kendaraan.  Kehati-hatian dalam menjalankan transaksi jual-beli ini penting, mengingat mobil masih sering terlibat dalam peristiwa kejahatan seperti penipuan, penggelapan, pencurian, dll. Ini lantaran di Indonesia, pada
Baca Lebih Lanjut