Buka Kaca Mobil Sedikit Ketika Parkir Lama, Wajib?

Oktober 18, 2024
By Getan Metodius
Buka Kaca Mobil Sedikit Ketika Parkir Lama, Wajib?-otospector

Ketika kamu sedang parkir mobil di luar ruangan, dan ternyata ada anggapan jika sedang parkir mobil harus membuka sedikit jendela kaca mobil, hal ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara yang berada di dalam kabin mobil. 

Tapi, hal ini juga bisa bermanfaat untuk kamu, karena dapat menyulitkan maling dengan modus ingin memecahkan pintu kaca mobil. Lantas apakah ini sebegitu penting?

Hal diatas memang sangat berpengaruh pada tekanan udara yang ada di dalam kabin mobil. Karena udara yang ada di dalam kabin mobil akan semakin panas ketika mobil berada dibawah sinar matahari secara langsung, maka hawa panas tersebut akan terperangkap serta membuat udara bisa menjadi bersirkulasi. 

Nah, dengan kamu membuka kaca jendela mobil sekitar 1 cm, hal ini bisa dilakukan supaya tidak ada hawa panas yang terperangkap pada kabin mobil.

Dan pada beberapa mobil dengan kabin yang kekerapan nya lumayan cukup baik, dapat membuat udara panas yang terperangkap bisa terus memuai karena kepanasan. 

Jika hal ini terus menerus dibiarkan akan membuat kaca jendela mobil menjadi retak, akibat dari tekanan udara pada kabin mobil yang panas. 

Berikut ini ada sedikit penjelasan mengenai kaca mobil saat sedang diparkir di luar ruangan.

#1: Agar Kaca Mobil Tidak Gampang Retak, Maka Buka Sedikit Bagian Kacanya.

kaca mobil retak

Sumber: Goodcar.id

Apabila kamu parkir mobil di luar ruangan dan posisi jendela kaca mobil tertutup dalam kondisi panas yang terik, maka akan ada tekanan suhu di dalam mobil yang akan cepat naik. Hal ini bisa menyebabkan kendala kaca mobil menjadi memuai dan kemudian kaca mobil akan pecah atau retak. 

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk membuka kaca mobil, guna nya untuk mengurangi tekanan suhu panas yang ada di dalam mobil kamu. Jadi, alangka baiknya jika mobil kamu parkir di luar buka sedikit kaca mobilnya, jangan sampai melebihi talang air. 

Talang air bisa membantu mobil kamu untuk menahan air hujan yang ingin masuk ke dalam kabin mobil. Lalu talang air juga berfungsi untuk melindungi interior pada saat jendela mobil dibuka sedikit waktu hujan tiba.

Selain itu talang air juga berfungsi untuk keperluan ketika sirkulasi udara agar kaca jendela kaca mobil tidak berembun. Untuk harga dari talang air biasanya 1 set sekitar Rp 150 ribuan untuk 4 jendela.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Empat Penyebab Baterai Mobil Listrik Boros

#2: Maling Sulit Membobol Kaca Mobil Karena Waktu Parkit Kaca Sedikit Di Buka.

maling pecah kaca

Sumber: Tribatra News Bantul

Tidak sedikit orang tahu, jika saat parkir mobil dengan posisi kaca dibuka sedikit dapat membuat maling sulit membobol kaca tersebut. Karena dengan membuka kaca sedikit dapat mempersulit maling untuk memecahkan kaca mobil tersebut. 

Jadi seperti ini penjelasannya, pada saat membuka kaca sedikit ketika sedang parkir, maka akan ada sirkulasi udara yang dari luar akan masuk ke dalam interior atau akan ada udara yang masuk ke dalam kabin mobil. 

Oleh sebab itu kaca mobil jadi tidak mudah dipecahkan oleh maling tersebut. Tapi sebaliknya jika jendela kaca mobil ditutup rapat, maka akan ada tekanan udara panas yang akan menuai pada dalam kabin mobil yang bisa membuat kaca menjadi lebih mudah retak dan pecah.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Empat Penyebab Kaca Sunroof Mobil Bocor

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Di Apps Ini, Beli Mobil Bekas Serasa Beli Mobil Baru!

Mei 31, 2024
Di masa lalu kalau ada konsumen beli mobil bekas, mereka merasa tidak punya banyak pilihan. Setelah mobil dibeli dan dibayar lunas, maka mobil diterima apa adanya,  tidak ada garansi, dan selalu ada risiko atas kerusakan tidak terduga. Kabar baiknya, kini situasi di pasaran mobil bekas sudah berbeda. Beli mobil bekas bisa seperti mobil baru. Bahkan
Baca Lebih Lanjut

Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil

Mei 30, 2024
Untuk menghidupkan mesin mobil itu ada 3 bagian yang harus kamu ketahui. Salah satu bagian tersebut merupakan alternator mobil, yang menjadi bagian sangat penting pada mesin mobil. Sangat disayangkan, kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi aki dari pada bagian alternator. Tanpa disadari alternator juga salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan, karena peran alternator sangat
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Mei 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut