Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
By Thomas W
Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024-otospector

Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk melewati jalan tol butuh sejumlah persiapan. Terutama rencana waktu akan melintas, rute yang akan dilalui, serta saldo kartu tol untuk pembayaran. Apalagi di saat arus mudik di tol Trans-Jawa pada 2024 diperkirakan mencapai 11 juta orang. Kamu yang mau otw, simak berita penting untuk mudik lebaran 2024 kali ini.

Nah, sebelum mengetahui rincian tarif Tol Trans Jawa 2024 yang paling update, yuk kita lihat apa saja yang harus dipersiapkan saat mudik kali ini:

#1: Persiapkan Rute Yang Akan Ditempuh

Tarif Tol Trans-Jawa

Sumber: Kompas.com

Untuk melakukan perjalanan yang efisien, sebelum perjalanan sebaiknya Otofriends sudah mempersiapkan rute mana saja yang akan dilewati.

Langkah ini berguna agar Otofriends tidak salah menempuh rute yang semestinya. Mengingat situasi lalu-lintas jalan tol yang padat, setiap kesalahan dalam mengambil rute konsekuensinya bisa cukup merepotkan.

Susunlah rute yang akan dilalui dengan bantuan aplikasi peta online seperti Google Maps atau Waze. Keuntungan memakai aplikasi semacam ini, kita bisa menentukan rute sekaligus memperhitungkan jarak tempuh dan waktu tempuhnya.

Baca juga: Uji Coba Pembayaran Tol Tanpa Kartu 2024  

#2:  Perhitungkan Waktu di Jalan Tol

Tarif Tol Trans-Jawa

Sumber: Kompas.com

Karena jalan tol relatif bebas hambatan, maka salah satu keuntungan berkendara melalui jalan ini adalah kita bisa memperhitungkan waktu tempuh sampai ke tempat tujuan. Sayangnya karena padatnya jalan tol pada saat arus mudik dan arus balik, kemudahan ini jadi tidak berlaku.

Dalam memperhitungkan waktu tempuh di jalan tol, Otofriends harus mengumpulkan informasi tentang jadwal kepadatan arus mudik. Di arus mudik 2024 ini diperkirakan puncak kepadatan terjadi pada 5-8 April 2024.

Jika Otofriends memilih melewati tol pada saat puncak arus mudik tentu harus bersiap-siap menemui kepadatan. Waktu tempuh bisa jadi dua atau tiga kali lipat dari biasanya.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Pastikan Kecukupan Saldo Kartu Tol

Tarif Tol Trans-Jawa

Sumber: Fastpay

Sekilas terdengar sepele, yaitu mempersiapkan saldo kartu tol yang cukup sebelum masuk jalan tol. Namun kenyataannya, ternyata tak sedikit pengguna jalan tol yang saldonya ternyata kurang sesuai dengan tarif tol Trans-Jawa.

Menurut data Jasa Marga, pada periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 lalu saja, ada 28.000 kendaraan dengan saldo kurang di ruas tol Jakarta hingga Kalikangkung. Akibatnya, tentu saja timbul kepadatan kendaraan yang menumpuk di gerbang tol.

Pastikan dulu kecukupan saldo kartu tol dengan mengisinya di tempat pengisian seperti outlet khusus di pintu tol, indomaret, ATM, maupun lewat HP dengan bantuan aplikasi-aplikasi tertentu.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

 #4: Tarif Jalan Tol Trans Jawa Mudik Lebaran 2024

Tarif Tol Trans-Jawa

Sumber: Wikipedia

  • Jakarta-Cirebon (Tol Jakarta-Cikampek – GT Kanci): Rp176.500
  • Jakarta-Pejagan (Tol Jakarta-Cikampek – GT Pejagan): Rp191.000
  • Jakarta-Semarang (Tol Jakarta-Cikampek – GT Kalikangkung): Rp444.000
  • Jakarta-Solo (Tol Jakarta-Cikampek – GT Colomadu): Rp537.000
  • Jakarta-Surabaya (Tol Jakarta-Cikampek – GT Warugunung): Rp854.000
  • Tol Tangerang – Merak: Rp53.500
  • Tol Jakarta – Tangerang: Rp8.000 Tol Jakarta Outer Ring Road: Rp17.000
  • Tol Surabaya – Gempol (Segmen Waru – Porong): Rp10.000
  • Tol Surabaya – Gempol (Segmen Porong – Gempol): Rp 9.500
  • Tol Gempol – Pasurauan: Rp46.500
  • Tol Pasuruan – Gending: Rp52.000
  • Tol Gempol IC – Pandaan: Rp13.000
  • Tol Pandaan – Malang: Rp35.500

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Apakah sebuah mobil bekas bisa dipakai perjalanan jauh ke luar kota?

Karena memang sudah sempat dimiliki orang lain, wajar jika mobil bekas kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Akan tetapi semua itu tidak bakal jadi masalah asalkan Otofriends paham komponen mana saja yang harus mendapat perhatian atau bahkan pergantian.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya. Ayo, inspeksi mobil bekas incaranmu sekarang!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Koleksi Mobil Ganjar Pranowo Capres 2024

Februari 15, 2024
Siapa yang enggak tahu nama ini Otofriends, nama Ganjar Pranowo udah jadi buah bibir beberapa bulan terakhir nih. Karena sosoknya yang kontroversial, ditambah Ganjar menjadi capres dari PDIP Perjuangan sontak namanya jadi banyak sekali dibahas. Tapi kamu tahu nggak nih kalau jawara PDIP ini juga punya koleksi otomotif seperti mobil loh. Siapa yang penasaran? Di
Baca Lebih Lanjut

Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024

Februari 14, 2024
Bagi penggemar mobil dengan performa terbaik dan kecepatan tertinggi, prestasi berupa kecepatan maksimal atau top speed, selalu jadi bahan pembicaraan yang seru. Pasalnya, banyak produsen mobil dunia yang berlomba-lomba untuk mencatatkan produknya sebagai yang tercepat. Tentu saja mobil dengan kecepatan di atas rata-rata ini tidak selalu dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan justru adalah untuk performa
Baca Lebih Lanjut

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut