Uji Coba Pembayaran Tol Tanpa Kartu 2024

Januari 03, 2024
By Thomas W
Uji Coba Pembayaran Tol Tanpa Kartu 2024-otospector

Pembayaran tol tanpa kartu selalu jadi isu menarik bagi pengguna ruas jalan tol. Karena dengan sistem pembayaran tanpa kartu, transaksi tol di gerbang tol jadi semakin cepat. Tak perlu ada antrean. Jadinya juga tak ada hambatan di gerbang tol sehingga perjalanan makin lancar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Setelah bertahun-tahun cuma sekadar jadi wacana di media, kini pengguna jalan tol bisa mencoba cara bayar tol tanpa kartu atau tol tanpa berhenti dengan menggunakan sistem Global Navigation Satelit System (GNSS). Inilah sistem terbaru yang kemungkinan besar bakal jadi pilihan sistem pembayaran tol tanpa kartu di masa depan.  

Apa saja yang menarik dari uji coba pembayaran tol tanpa kartu ini? Berikut ini fakta-faktanya:

#1: Sedang Diuji Coba

Pembayaran Tol Tanpa Kartu

Sumber: Foursquare

Sistem ini merupakan bagian dari sistem pembayaran tol sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang sedang diuji coba oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Sistem pembayaran ini sedang diuji coba di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024. Uji coba yang terbatas ini  melibatkan kalangan tertentu saja, antara lain kendaraan-kendaraan pegawai pemerintah.

Sebelumnya sistem ini juga pernah diuji di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada 1 Juni 2023.

Baca juga: Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?

beli mobil bekas di tokopedia

#2: Pakai Alat EOBU

Pembayaran Tol Tanpa Kartu

Sumber: Roadtraffic Technology

Dengan sistem MLFF pengguna jalan tol dapat membayar tol tanpa henti di gerbang tol. Pembayaran dilakukan secara otomatis lewat alat bernama Electronic On Board Unit (EOBU)

EOBU yang terpasang di mobil berfungsi sebagai alat identifikasi kendaraan dan terhubung dengan data kendaraan dan saldo pembayaran tol non tunai pengguna.

#3: Perlu Mendaftar dan Pasang Stiker

Pembayaran Tol Tanpa Kartu

Sumber: idcarddirect.co.uk

Otofriends sebenarnya juga bisa ikutan uji coba ini. Caranya, pertama-tama harus mendaftarkan kendaraan lewat aplikasi Let It Flo yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.

Sehabis mendaftar, Otofriends akan mendapat stiker RFID yang harus ditempel di kaca depan mobil. Di stiker inilah teradapat informasi data kendaraan yang akan dibaca oleh alat pemindai di gerbang tol.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Baru Diterapkan Tahun Depan

Pembayaran Tol Tanpa Kartu

Sumber: dnaindia.com

Saat pengujian, tentu saja pengguna ruas jalan tol tetap dapat melintas. Akan tetapi buat pengguna yang belum terdaftar di sistem MLFF masih bisa melintas, karena sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

Meski uji coba ini masih tahap awal, BPJT berharap kelak akan membawa manfaat. Antara lain berkurangnya antrean sehingga perjalanan lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Rencananya, BPJT baru akan menerapkan sistem MLFF secara permanen di seluruh jalan tol di Indonesia pada tahun 2025.

Baca juga: Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2023

Bagaimana memastikan mobil bekas yang kita beli siap dibawa ke luar kota?

Mobil bekas yang ditawarkan di pasaran sangatlah beragam kondisinya. Bila Otofriends berniat membeli, harus dipastikankondisi mobil cukup layak untuk dipakai. Salah satu nya jika harus pergi ke luar kota.

Jika Otofriends sedang mencari mobil bekas, serahkan saja urusan inspeksi mobil ke jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang dilakukan secara cermat oleh inspektor profesional, maka Otofriends akan mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut