Pembayaran tol tanpa kartu selalu jadi isu menarik bagi pengguna ruas jalan tol. Karena dengan sistem pembayaran tanpa kartu, transaksi tol di gerbang tol jadi semakin cepat. Tak perlu ada antrean. Jadinya juga tak ada hambatan di gerbang tol sehingga perjalanan makin lancar.
Setelah bertahun-tahun cuma sekadar jadi wacana di media, kini pengguna jalan tol bisa mencoba cara bayar tol tanpa kartu atau tol tanpa berhenti dengan menggunakan sistem Global Navigation Satelit System (GNSS). Inilah sistem terbaru yang kemungkinan besar bakal jadi pilihan sistem pembayaran tol tanpa kartu di masa depan.
Apa saja yang menarik dari uji coba pembayaran tol tanpa kartu ini? Berikut ini fakta-faktanya:
Sumber: Foursquare
Sistem ini merupakan bagian dari sistem pembayaran tol sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang sedang diuji coba oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
Sistem pembayaran ini sedang diuji coba di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024. Uji coba yang terbatas ini melibatkan kalangan tertentu saja, antara lain kendaraan-kendaraan pegawai pemerintah.
Sebelumnya sistem ini juga pernah diuji di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada 1 Juni 2023.
Sumber: Roadtraffic Technology
Dengan sistem MLFF pengguna jalan tol dapat membayar tol tanpa henti di gerbang tol. Pembayaran dilakukan secara otomatis lewat alat bernama Electronic On Board Unit (EOBU)
EOBU yang terpasang di mobil berfungsi sebagai alat identifikasi kendaraan dan terhubung dengan data kendaraan dan saldo pembayaran tol non tunai pengguna.
Sumber: idcarddirect.co.uk
Otofriends sebenarnya juga bisa ikutan uji coba ini. Caranya, pertama-tama harus mendaftarkan kendaraan lewat aplikasi Let It Flo yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.
Sehabis mendaftar, Otofriends akan mendapat stiker RFID yang harus ditempel di kaca depan mobil. Di stiker inilah teradapat informasi data kendaraan yang akan dibaca oleh alat pemindai di gerbang tol.
Sumber: dnaindia.com
Saat pengujian, tentu saja pengguna ruas jalan tol tetap dapat melintas. Akan tetapi buat pengguna yang belum terdaftar di sistem MLFF masih bisa melintas, karena sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.
Meski uji coba ini masih tahap awal, BPJT berharap kelak akan membawa manfaat. Antara lain berkurangnya antrean sehingga perjalanan lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.
Rencananya, BPJT baru akan menerapkan sistem MLFF secara permanen di seluruh jalan tol di Indonesia pada tahun 2025.
Mobil bekas yang ditawarkan di pasaran sangatlah beragam kondisinya. Bila Otofriends berniat membeli, harus dipastikankondisi mobil cukup layak untuk dipakai. Salah satu nya jika harus pergi ke luar kota.
Jika Otofriends sedang mencari mobil bekas, serahkan saja urusan inspeksi mobil ke jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Dengan inspeksi yang dilakukan secara cermat oleh inspektor profesional, maka Otofriends akan mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli.
Bagikan