Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?

Desember 31, 2023
By Getan Metodius
Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?-otospector

Hi Otofriends, kalau kamu liburan akhir tahun ke luar kota atau dirumah aja nih? Nah kalau kamu bepergian bersama keluarga saat musim liburan kemarin. Ada pesan penting nih dari bang min. Kamu disarankan melakukan pengecekan mobil agar tetap prima setelah dibawa bepergian jauh.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Salah satunya oli mobil, dimana oli mobil merupakan cairan wajib yang perlu dilakukan perawatan atau pergantian. Kamu perlu melakukan pengecekan agar tahu kondisi oli mobil kamu, mulai dari volume olinya, sampai pada perubahan warnanya.

#1: Ganti oli sesuai kebutuhan.

oli mobil

Sumber: Freepik

Ada yang berpendapat harus dilakukan pergantian oli setelah mobil dibawa perjalanan jauh seperti habis musim liburan akhir tahun. Hal ini sebetulnya boleh otofriends, namun seperti yang dikutip Kompas, langsung mengganti oli mesin mobil itu sifatnya situasional, tergantung dari kebutuhan mobil dan si pemilik itu sendiri.

Jika kondisi oli setelah sampai dirumah kamu cek sudah nggak layak lagi dipakai, maka kamu perlu ganti, tapi sebaliknya, jika volume oli dan warna masih tidak pekat atau keruh, kamu masih bisa menggantinya saat jadwal service.

#2: Mengetahui oli masih layak pakai atau tidak.

dip stick mobil

Sumber: Freepik

Buat menyambung poin pertama, kamu harus tahu dulu mana oli yang masih layak digunakan dan mana oli yang sudah tidak layak digunakan otofriends. Dari pengecekan fisik saja yang bisa dilihat secara kasat mata.

Perhatikan pada titik dari stick oli mobil jika berkurang cukup jauh, lalu disertai dengan pekatnya oli, artinya kondisi oli sudah harus segera diganti.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2023

#3: Penyebab oli harus diganti.

oli mobil

Sumber: Freepik

Jawabannya adalah karena faktor kondisi jalan, dimana kualitas oli bisa menurun karena medan yang dilalui, seperti sering melewati macet, jalanan nanjak dan turun yang curam. Perjalanan yang cukup panjang atau jauh, nah disanalah membutuhkan sirkulasi oli lebih cepat.

Adapun kotoran serta kerak yang muncul karena macet yang dilalui saat perjalanan, seperti kondisi mobil stop and go. Jangan terlalu berpatokan pada 10.000 km atau 6 bulan, bahkan jika seperti rute perkotaan yang dominan lebih sering macet, di 7.000 km pun lebih baik kamu ganti oli.

Agar kualitas oli yang ada di blok mesin tetap baik dan tidak terkontaminasi dengan hal-hal kotor lainnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 3 Alasan Ganti Oli Mobil Sesudah Dan Sebelum Mudik Lebaran

Beli mobil bekas dengan mesin sehat, ini caranya:

Untuk kamu yang ingin beli mobil bekas dengan harapan bisa dibeli atau digunakan ketika musim mudik lebaran 2024 nanti. Pastikan jangan sampai salah beli, apalagi jika tidak tahu akan mobil, kamu bisa dapat mobil yang salah.

Pelajaran dari pembahasan di atas, kita perlu mengetahui mobil mana yang sehat. Supaya kitab isa dapat gambaran, pemilik sebelumnya rutin ganti oli mobil atau tidak. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar kamu tidak salah beli mobil bekas, dengan mesin, interior dan juga eksterior yang kondisinya baik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Anies Baswedan

Februari 13, 2024
Dari tiga calon presiden yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 salah satu nama adalah Anies Baswedan. Di tengah masyarakat, tokoh ini dikenal sebagai calon presiden yang berlatar belakang akademisi. Kariernya banyak dihabiskan dalam dunia pendidikan, baik dalam gerakan sosial masyarakat, akademisi, sampai menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan. Menjelang Pemilu 2024, setiap calon presiden memang akan
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Prabowo Subianto Capres 2024

Februari 13, 2024
Soal pemilu terutama 3 pemilu terakhir, nama ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sangat populer dibicarakan. Bahkan sampai pilpres di tahun 2024 ini Prabowo Subianto masih cukup populer dan sering dibicarakan publik. Sampai saat ini semua tentang para capres termasuk koleksi pribadinya ikut dicaritahu. Koleksi mobil dari Prabowo pun menjadi perbincangan, pasalnya Jendral Purnawirawan ini
Baca Lebih Lanjut