Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?

Desember 31, 2023
By Getan Metodius
Haruskah Ganti Oli Habis Road Trip Perjalanan Jauh?-otospector

Hi Otofriends, kalau kamu liburan akhir tahun ke luar kota atau dirumah aja nih? Nah kalau kamu bepergian bersama keluarga saat musim liburan kemarin. Ada pesan penting nih dari bang min. Kamu disarankan melakukan pengecekan mobil agar tetap prima setelah dibawa bepergian jauh.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Salah satunya oli mobil, dimana oli mobil merupakan cairan wajib yang perlu dilakukan perawatan atau pergantian. Kamu perlu melakukan pengecekan agar tahu kondisi oli mobil kamu, mulai dari volume olinya, sampai pada perubahan warnanya.

#1: Ganti oli sesuai kebutuhan.

oli mobil

Sumber: Freepik

Ada yang berpendapat harus dilakukan pergantian oli setelah mobil dibawa perjalanan jauh seperti habis musim liburan akhir tahun. Hal ini sebetulnya boleh otofriends, namun seperti yang dikutip Kompas, langsung mengganti oli mesin mobil itu sifatnya situasional, tergantung dari kebutuhan mobil dan si pemilik itu sendiri.

Jika kondisi oli setelah sampai dirumah kamu cek sudah nggak layak lagi dipakai, maka kamu perlu ganti, tapi sebaliknya, jika volume oli dan warna masih tidak pekat atau keruh, kamu masih bisa menggantinya saat jadwal service.

#2: Mengetahui oli masih layak pakai atau tidak.

dip stick mobil

Sumber: Freepik

Buat menyambung poin pertama, kamu harus tahu dulu mana oli yang masih layak digunakan dan mana oli yang sudah tidak layak digunakan otofriends. Dari pengecekan fisik saja yang bisa dilihat secara kasat mata.

Perhatikan pada titik dari stick oli mobil jika berkurang cukup jauh, lalu disertai dengan pekatnya oli, artinya kondisi oli sudah harus segera diganti.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2023

#3: Penyebab oli harus diganti.

oli mobil

Sumber: Freepik

Jawabannya adalah karena faktor kondisi jalan, dimana kualitas oli bisa menurun karena medan yang dilalui, seperti sering melewati macet, jalanan nanjak dan turun yang curam. Perjalanan yang cukup panjang atau jauh, nah disanalah membutuhkan sirkulasi oli lebih cepat.

Adapun kotoran serta kerak yang muncul karena macet yang dilalui saat perjalanan, seperti kondisi mobil stop and go. Jangan terlalu berpatokan pada 10.000 km atau 6 bulan, bahkan jika seperti rute perkotaan yang dominan lebih sering macet, di 7.000 km pun lebih baik kamu ganti oli.

Agar kualitas oli yang ada di blok mesin tetap baik dan tidak terkontaminasi dengan hal-hal kotor lainnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 3 Alasan Ganti Oli Mobil Sesudah Dan Sebelum Mudik Lebaran

Beli mobil bekas dengan mesin sehat, ini caranya:

Untuk kamu yang ingin beli mobil bekas dengan harapan bisa dibeli atau digunakan ketika musim mudik lebaran 2024 nanti. Pastikan jangan sampai salah beli, apalagi jika tidak tahu akan mobil, kamu bisa dapat mobil yang salah.

Pelajaran dari pembahasan di atas, kita perlu mengetahui mobil mana yang sehat. Supaya kitab isa dapat gambaran, pemilik sebelumnya rutin ganti oli mobil atau tidak. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar kamu tidak salah beli mobil bekas, dengan mesin, interior dan juga eksterior yang kondisinya baik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Penyebab Power Window Mobil Macet

Mei 21, 2024
Peran power window sangatlah penting otofriends, apalagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Dengan adanya fitur power window sangat memudahkan kita sebagai pengemudi sekaligus penumpang nih, fitur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil secara elektrik.  Sehingga fitur ini memudahkan kamu untuk untuk membuka kaca, seperti pada saat harus membayar pintu masuk pada saat di tol
Baca Lebih Lanjut

Kapan Waktu Ganti Minyak Rem Mobil

Mei 21, 2024
Setiap pemilik mobil pada umumnya tahu soal kapan waktu ganti minyak rem mobil. Terutama bagi Otofriends merawat mobilnya secara mandiri alias tidak di bengkel resmi atau bengkel umum. Minyak rem mobil memang harus diganti secara berkala, sesuai petunjuk di buku manual. Akan tetapi waktu pergantian minyak rem mobil tidak harus selalu sesuai jadwal. Ada kondisi-kondisi
Baca Lebih Lanjut

Yuk, Intip Mobil Bekas Surabaya 2024 Harga Di Bawah Rp200 Juta

Mei 21, 2024
Setelah situasi Pandemi perlahan-lahan mulai berangsur normal, kondisi perdagangan mobil bekas Surabaya perlahan-lahan mulai menggeliat dan bangkit. Situasi bursa sudah mulai bergairah. Perdagangan mobil bekas di Surabaya memang tergolong cukup ramai setelah Jabodetabek. Namun karakteristik pasar di Kota Pahlawan itu agak berbeda dengan Ibukota, karena lebih dominan pada mobil berkapasitas besar atau mobil keluarga. Soal
Baca Lebih Lanjut