Berapa sih, Komisi Jual Beli Mobil Bekas?

Oktober 04, 2024
By Thomas W
Berapa sih, Komisi Jual Beli Mobil Bekas?-otospector

Kadang sebagai pembeli mobil bekas, ada sedikit rasa penasaran juga, berapa sih, komisi jual beli mobil bekas yang didapat dari seorang broker atau makelar?

Dalam jual beli mobil bekas, sering kali kita memang harus berhubungan dengan makelar. Merekalah perantara yang menjembatani pembeli atau penjual.

Sebagai pihak yang berada di dua belah pihak, sebenarnya peran makelar bukan mempertemukannya saja. Tak jarang, mereka juga ikut mempersiapkan mobil, melakukan inspeksi, bahkan mengurus segalanya sampai transaksi berhasil.

Dengan peran yang penting itu, maka selain mempunyai jaringan yang luas, seorang makelar juga dituntut menguasai persoalan teknis otomotif. Di sinilah, pengalaman dan jam terbang sangat berpengaruh.

Nah, berapa sebenarnya komisi jual beli mobil bekas yang biasanya terjadi? Mari kita lihat ulasannya, seperti dimuat di situs Carsgallery berikut ini.

#1: Besarnya Komisi Secara Umum

Besar komisi umum

Sumber: Hoblit Chevrolet GMC

Pertama-tama yang harus diketahui dalam penentuan komisi adalah harga asli transaksi jual-beli mobil. Artinya, besarnya nilai transaksi akan menentukan besar-kecilnya komisi.

Secara umum, makelar mobil bekas akan mematok antara 1 persen sampai 5 persen dari nilai transaksi.

Besarnya nilai komisi, selain kesepakatan antara makelar dengan pembeli atau penjual, juga tergantung dari peran makelar itu dalam transaksi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Makelar Yang Bersifat Pasif

Makelar yang pasif

Sumber: AM Online

Posisi makelar dalam jual beli yang paling minimal adalah hanya sekadar pemberi informasi. Dalam posisi seperti ini, komisi yang diberikan umumnya hanya 0,5 persen – 1 persen.

Namun dalam jual beli, makelar juga kadang juga harus tahu memposisikan diri, apakah dari pihak pembeli atau penjual. Karena keduanya punya komisi berbeda.

Kalau makelar berasal dari pihak penjual, maka rentangnya adalah normal pada angka 1 persen – 2 persen. Sedangkan kalau dari pihak pembeli, maka akan ada tambahan komisi sebesar 0,5 persen lagi.

Baca juga: Tips Cermat Membeli Mobil Bekas

#3: Makelar Yang Lebih Aktif

Makelar yang lebih aktif

Sumber: Carriage Automotive Group

Ada kalanya, seorang makelar bukan sekadar memberi informasi, tetapi lebih aktif lagi di dalam sebuah transaksi.

Makelar yang terlibat dalam menginspeksi mobil, seperti melakukan pengecekan mesin, bodi, fitur-fitur, dsb; maka akan ada tambahan komisi sebesar 0,5 persen.

Komisi jual beli mobil akan lebih besar lagi jika makelar terlibat aktif dari mulai penjualan (1 persen), komisi dari pembeli (0,5 persen), inspeksi (0,5 persen), dan tambahan lagi untuk pengurusan sampai segalanya selesai (1 persen). Jadi totalnya bisa sampai 3 persen, bahkan lebih.

Nah, bagaimana Otofriends? Menarik bukan?

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Kenapa Oli Mesin Mobil Bisa Berkurang Drastis?

Apakah makelar mobil bekas selalu punya kemampuan mengecek mobil bekas?

Karena jam terbang dan pengalaman, maka pada umumnya makelar jual-beli mobil bekas akan punya kemampuan untuk melihat kondisi mobil secara umum. Hal ini penting mereka ketahui, karena nantinya akan berhubungan dengan harga jualnya.

Akan tetapi jika Otofriends ingin memastikan kondisi mobil bekas, jangan percaya begitu saja dengan makelar. Untuk mematikannya, sebaiknya memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mobil yang dilakukan inspektor berpengalaman, maka akan didapat gambaran sesungguhnya secara akurat dari mobil yang akan dibeli. Bukan sekadar tebak-tebakan berdasarkan perasaan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Setelah Disuntik Mati, Freed Bekas Dicari, Ini Harganya

Agustus 30, 2024
Hallo otofriends, apa yang ada dibenak kamu kalau denger Honda Freed? Mungkin ada yang mikir mobil keren, mobil pintu geser? Semuanya benar otofriends. Kenapa gitu, karena setelah Honda enggak lagi melanjukan penjualan dan produksinya di Indonesia, sontak mobil ini jadi primadona. Alhasil mobil Honda Freed bekas yang model lama diburu oleh banyak orang, sekarang kalau
Baca Lebih Lanjut

Punya Isuzu Panther Bekas? Gini Cara Merawatnya

Agustus 29, 2024
Kalau ditanya nih, sebutkan satu mobil diesel yang paling kamu tahu, kamu bakal jawab apa? Kalau terlintas Panther, kita sama nih. Apalagi sekarang mobil Isuzu Panther bekas masih tetap stabil ya otofriends. Tapi pernah kepikiran nggak sih kalau beli mobil Panther bekas itu gimana cara merawatnya? Sebagai info awal, otofriends harus mengecek rutin dan lakukan
Baca Lebih Lanjut

Beli Mobil Bekas Harus Ganti Aki Mobil?

Agustus 26, 2024
Sebagai pemilik mobil, sangat penting untuk memahami mengenai kapan sih aki mobil harus diganti. Lalu apakah kalau kita beli mobil bekas, aki harus diganti? Seperti yang kita ketahui aki mobil adalah komponen yang sangat penting untuk mendukung sistem kelistrikan pada mobil kamu. Yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik untuk menjalankan dari komponen ke komponen yang
Baca Lebih Lanjut