Tips Cermat Membeli Mobil Bekas

September 26, 2024
By Getan Metodius
Tips Cermat Membeli Mobil Bekas-otospector

Seperti yang kita ketahui kini mobil bekas sudah menjadi jalan alternatif bagi yang ingin mempunyai mobil dengan harga yang terjangkau. Tapi buat kamu yang ingin membeli mobil bekas tentunya harus mempelajari tips membeli mobil bekas untuk pemula agar tidak merugi. 

Dan kamu juga harus sabar ketika ingin membeli mobil bekas yang kamu inginkan. Kamu harus teliti pada saat sedang memeriksa keadaan mesin dan fisik mobil berkas tersebut sebelum mulai bertransaksi. 

Dibawah ini ada beberapa tips buat kamu yang hendak ingin membeli mobil bekas untuk pemula:

#1: Budget.

biaya beli mobil bekas

Sumber: Philkotse

Kamu harus menentukan budget pada saat ingin pergi ke lokasi mobil bekas. Kamu harus pastikan jika harga mobil bekas yang kamu inginkan tidak melebihi budget agar kamu masih bisa meminimalisir resiko keuangan.  

Gini otofriends kamu juga harus paham bahwa namanya beli mobil bekas bisa aja akan mengeluarkan biaya untuk perbaikan, meskipun sedikit. Jadi saran bang min, sediakan biaya cadangan diluar biaya utama untuk beli mobil bekas.

#2: Sesuaikan Dengan Kebutuhan.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas, kamu harus berpikir terlebih dahulu. Kamu memerlukan mobil yang seperti apa, apakah kamu membutuhkan mobil untuk berkendara sehari-hari atau hanya untuk kegiatan yang spesifik. Contohnya mobil yang untuk membawa barang atau mobil yang untuk perjalanan jarak jauh. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#3: Test Drive Dulu.

test drive beli mobil

Sumber: Hyundai Solo Baru

Jika kamu sudah menemukan mobil bekas yang sesuai keinginanmu, maka kamu harus melakukan test drive. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui tingkat kenyamanan saat sedang berkendara didalam mobil tersebut. Dan kamu juga bisa merasakan kondisi mesin dan performa mobil secara langsung. 

#4: Cek Kondisi Fisik Mobil.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah cek kondisi mobil dengan sangat teliti. Kamu harus cek kerusakan atau ada cacat pada body mobil seperti cat, mesin, ban, atau bagian lainnya. Serta kamu harus pastikan jika mobil bekas tersebut tidak pernah terlibat dalam kecelakaan atau banjir. 

#5: Periksa Riwayat Servis Mobil.

riwayat service mobil

Sumber: Lifepal

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan riwayat servis mobil tersebut dengan cara meminta buku servis mobil. Dan kamu harus cek apakah mobil bekas tersebut sudah mendapatkan perawatan yang cukup baik serta melakukan servis secara rutin. 

Baca juga: Tips Atasi Capek Mengemudi Dengan Mobil Manual

#6: Cek Dokumen Mobil.

Tetap pastikan mobil yang hendak kamu beli sudah memiliki dokumen, seperti sudah ada STNK, BPKB, buku servis, dan faktur. Lalu cek juga apakah surat-surat kendaraan mobil tersebut asli atau palsu, hal ini bisa membantu kamu untuk memastikan legalitas mobil yang ingin kamu beli, dengan kamu mengetahui hal ini, kamu jadi bisa bisa menghindari masalah lega tilas mobil dikemudikan hari. 

#7: Bandingkan Harga.

Untuk membeli mobil bekas janganlah terlalu terburu-buru untuk membeli nya. Kamu harus cek dan bandingkan harga mobil bekas yang ingin kamu beli dengan harga pasaran yang sesuai dengan kondisi mobil tersebut. 

Pastikan kamu jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, kerang harga mobil bekas yang murah tidak menjamin jika mobil bekas tersebut dalam kondisi yang baik. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

#8: Gunakan Jasa Inspeksi Mobil Otospector.

jasa inspeksi mobil

Jika kamu masih bingung untuk membeli mobil bekas, kamu bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Otospector adalah jasa inspeksi mobil bekas no 1 di Indonesia otofriends.

Jadi kamu nggak was-was dalam memilih mobil, kami akan secara independen memberikan hasil inspeksinya. Ditambah lagi kalau mobil yang dilakukan pengecekan tadi lulus inspeksi, bakalan dapet garansi sampai 1 tahun loh. Tunggu apa lagi buruan hubungi otospector sekarang ya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Empat Penyebab Baterai Mobil Listrik Boros

Oktober 12, 2024
Ketika baterai mobil listrik boros, wajar jika pemilik mobil listrik merasa kesal. Pasalnya, mereka sengaja memilih mobil listrik dibanding mobil konvensional, karena ingin berbagai kemudahan. Antara lain, tidak perlu antre di SPBU, tidak perlu banyak perawatan dan pembelian spare part, serta biaya operasionalnya lebih murah. Karena itu kalau baterai mobil listriknya cepat berkurang, bakal timbul
Baca Lebih Lanjut

Gimana Cara Mematikan Mobil Matic Yang Tepat

Oktober 11, 2024
Ternyata mengetahui cara mematikan mobil matic yang tepat itu sangatlah penting otofriends. Karena hal tersebut berfungsi untuk tetap menjaga performa serta untuk menjaga umur panjang mesin mobil kamu dan juga untuk melindungi transmisi mobil kamu.  Namun, jika kamu melakukannya dengan sembarangan, maka bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen penting yang ada pada mobil kamu. Dan
Baca Lebih Lanjut

Pakai Ban Mobil Beda Merek? Boleh, Asalkan …

Oktober 09, 2024
Idealnya, ban mobil yang kita pakai sehari-hari memang berasal dari satu merek dengan jenis yang sama pula. Masalahnya, kadang ada kondisi yang tidak memungkinkan ban yang kita pakai sama. Kadang malah dari merek dan jenis yang sama sekali berbeda. Apakah kondisi ini masih bisa ditoleransi? Tentu saja ban masih bisa dipakai, tetapi ada beberapa syarat
Baca Lebih Lanjut