;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Beli Mobil Bekas Atau Baru? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Desember 09, 2016
By jandika
Beli Mobil Bekas Atau Baru? Pertimbangkan 5 Hal Ini!-otospector

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil, kemungkinan besar Anda ragu mana yang lebih baik, pilih mobil bekas atau baru. Dengan harga mobil baru yang tiap tahun terus naik membuat banyak orang beralih ke mobil bekas.

Tambah lagi, jika Anda jeli dalam memilih mobil bekas sehingga bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan terawat, kinerja mobil bekas pada kenyataan nya tidak akan jauh berbeda dengan mobil baru.

Untuk memantapkan pilihan, pastikan Anda telah mempertimbangkan 5 kelebihan membeli mobil bekas berikut:

#1: Fitur dan Kualitas

Dengan budget yang sama, Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur dan kualitas yang lebih bagus jika memilih mobil bekas. Contohnya dapat kita lihat pada mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang sedang banyak peminatnya saat ini.

Banyak konsumen yang memilih mobil LCGC baru karena harganya yang terjangkau. Akan tetapi, jika kita perhatikan lebih jauh, pelat body dan bumper plastik pada mobil LCGC terkesan ringkih, selain itu kenyamanan berkendara kurang bisa dirasakan pada mobil LCGC.

Dengan kisaran harga yang sama, memilih mobil bekas akan memberikan kualitas dan kenyamanan yang lebih, meskipun Anda tidak mendapatkan “gengsi mobil baru”.

#2: Harga Beli dan Jual Kembali (Resale Value)

Alasan utama konsumen memilih mobil bekas adalah harga mobil bekas yang jauh lebih rendah daripada mobil baru. Selain itu, jika kita lihat dari sisi harga jual ke depannya, mobil baru mengalami penurunan harga yang signifikan, diperkirakan penurunan harga mobil baru bisa mencapai sekitar 20% di tahun pertama.

Penurunan nilai mobil makin menurun di tahun berikutnya, sehingga pemilik tangan pertama mengalami kerugian yang paling besar. Lebih baik orang lain yang menanggung nya daripada Anda sendiri bukan?

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#3: Kredit dan Biaya Bulanan Lebih Rendah

Bagi Anda yang akan membeli mobil secara kredit, membeli mobil bekas juga mempunyai banyak kelebihan. Jika Anda membeli mobil baru, pada umumnya down payment yang dikeluarkan akan lebih besar karena harga yang lebih mahal. Premi asuransi bulanan pun akan lebih mahal.

Jika Anda memilih mobil bekas, tingkat bunga dari bank untuk kredit mobil bekas biasanya lebih rendah. Dengan harga yang lebih murah dan bunga yang rendah, tentunya biaya bulanan yang Anda harus tanggung menjadi jauh lebih ringan.

#4: Urgensi Mobil

Proses pembelian mobil baru dapat memakan waktu cukup lama. Sebelum mobil siap dibawa pulang, Anda harus mengurus STNK dan BPKB mobil terlebih dahulu yang dapat memakan waktu 2-3 bulan. Belum lagi jika Anda ingin membeli mobil yang banyak peminatnya, biasa nya ada “proses inden” yang bisa makan waktu beberapa bulan tergantung demand dari pembeli.

Sebaliknya apabila Anda telah menemukan mobil bekas yang cocok dan disukai, Anda dapat langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia.

Baca Juga: Ciri-ciri Mobil Bekas Rental

#5: Pajak Kendaraan Bermotor

 

Hal lain yang harus Anda ingat adalah biaya pajak kendaraan bermotor yang dibebankan untuk mobil yang Anda beli. Biaya pajak untuk mobil keluaran tahun lama lebih rendah daripada mobil keluaran terbaru.

Besarnya pajak akan cukup terasa jika Anda berencana membeli mobil mewah ataupun mobil di atas harga Rp 500juta.

Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Setelah membaca tips di atas, mana yang akan Anda pilih, beli mobil bekas atau baru? Dengan semua kelebihan di atas, salah satu kekurangan memilih mobil bekas adalah memastikan kualitas mobil incaran Anda sebelum dibeli.

Bagi yang awam, ada baiknya Anda mengajak teman atau mekanik kenalan yang berpengalaman dalam mengecek mobil bekas. Atau lebih baik lagi gunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional seperti OtoSpector.

Daripada rugi salah memilih mobil bekas yang bisa mengakibatkan biaya jutaan rupiah, cek dan pastikan kondisi mobil bekas pilihan Anda sebelum melakukan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Mobil Bekas Ini Sangat Diincar untuk Siasati Aturan Ganjil Genap

Agustus 28, 2018
Aturan ganjil genap telah diberlakukan sejak beberapa waktu lalu di Jakarta untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik. Jelang Asian Games 2018, aturan tersebut pun semakin diperluas. Ternyata, banyak orang yang menyiasati hal ini dengan cara tak biasa yaitu, membeli mobil bekas. Kondisi ini pun mendongkrak tingkat pembelian mobil bekas di kawasan DKI Jakarta. Dilansir OtoSpector
Baca Lebih Lanjut

Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Agustus 13, 2018
Saat mengalami kerusakan, mobil dapat memberikan sinyal kepada sang pemilik dengan banyak cara. Belum banyak yang tahu, kerusakan ini pun ternyata dapat dideteksi dari warna asap knalpot. Beda warna, beda pula kerusakan yang terjadi. Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi saat hendak membeli mobil bekas atau pada mobil Anda sendiri, yuk ketahui lebih lanjut arti dari
Baca Lebih Lanjut

Ciri-Ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

Agustus 01, 2018
Dari sekian banyak mobil bekas yang dijual di luar sana, mungkin ada beberapa di antaranya yang berasal dari rental. Sepintas kondisi luarnya nampak bagus, namun ada juga kekurangan yang dimilikinya. Agar tidak terkecoh dengan kondisinya, Anda wajib tahu apa saja ciri-ciri mobil bekas rental. Mobil rental sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang direntalkan dari
Baca Lebih Lanjut

7 Mobil SUV Bekas yang Murah dan Berkualitas

Juli 23, 2018
Gagah dan sporty, itulah kesan yang terpancar dari mobil jenis sport utility vehicle alias SUV. Tak heran bila banyak orang yang memilih mobil SUV sebagai kendaraan sehari-hari. Teman OtoSpector sendiri bagaimana, tertarik ingin beli? Jika dirasa mahal, coba beli mobil SUV bekas yang kondisinya masih bagus! Bila Anda jeli, cukup banyak mobil SUV bekas yang
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya