Beli Mobil Bekas Atau Baru? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Desember 09, 2016
By jandika
Beli Mobil Bekas Atau Baru? Pertimbangkan 5 Hal Ini!-otospector

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil, kemungkinan besar Anda ragu mana yang lebih baik, pilih mobil bekas atau baru. Dengan harga mobil baru yang tiap tahun terus naik membuat banyak orang beralih ke mobil bekas.

Tambah lagi, jika Anda jeli dalam memilih mobil bekas sehingga bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan terawat, kinerja mobil bekas pada kenyataan nya tidak akan jauh berbeda dengan mobil baru.

Untuk memantapkan pilihan, pastikan Anda telah mempertimbangkan 5 kelebihan membeli mobil bekas berikut:

#1: Fitur dan Kualitas

Tips Memilih Mobil Bekas

Dengan budget yang sama, Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur dan kualitas yang lebih bagus jika memilih mobil bekas. Contohnya dapat kita lihat pada mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang sedang banyak peminatnya saat ini.

Banyak konsumen yang memilih mobil LCGC baru karena harganya yang terjangkau. Akan tetapi, jika kita perhatikan lebih jauh, pelat body dan bumper plastik pada mobil LCGC terkesan ringkih, selain itu kenyamanan berkendara kurang bisa dirasakan pada mobil LCGC.

Dengan kisaran harga yang sama, memilih mobil bekas akan memberikan kualitas dan kenyamanan yang lebih, meskipun Anda tidak mendapatkan “gengsi mobil baru”.

#2: Harga Beli dan Jual Kembali (Resale Value)

Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Alasan utama konsumen memilih mobil bekas adalah harga mobil bekas yang jauh lebih rendah daripada mobil baru. Selain itu, jika kita lihat dari sisi harga jual ke depannya, mobil baru mengalami penurunan harga yang signifikan, diperkirakan penurunan harga mobil baru bisa mencapai sekitar 20% di tahun pertama.

Penurunan nilai mobil makin menurun di tahun berikutnya, sehingga pemilik tangan pertama mengalami kerugian yang paling besar. Lebih baik orang lain yang menanggung nya daripada Anda sendiri bukan?

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#3: Kredit dan Biaya Bulanan Lebih Rendah

Kredit Mobil Bekas

Bagi Anda yang akan membeli mobil secara kredit, membeli mobil bekas juga mempunyai banyak kelebihan. Jika Anda membeli mobil baru, pada umumnya down payment yang dikeluarkan akan lebih besar karena harga yang lebih mahal. Premi asuransi bulanan pun akan lebih mahal.

Jika Anda memilih mobil bekas, tingkat bunga dari bank untuk kredit mobil bekas biasanya lebih rendah. Dengan harga yang lebih murah dan bunga yang rendah, tentunya biaya bulanan yang Anda harus tanggung menjadi jauh lebih ringan.

#4: Urgensi Mobil

Trik Tukar Tambah Mobil Bekas

Proses pembelian mobil baru dapat memakan waktu cukup lama. Sebelum mobil siap dibawa pulang, Anda harus mengurus STNK dan BPKB mobil terlebih dahulu yang dapat memakan waktu 2-3 bulan. Belum lagi jika Anda ingin membeli mobil yang banyak peminatnya, biasa nya ada “proses inden” yang bisa makan waktu beberapa bulan tergantung demand dari pembeli.

Sebaliknya apabila Anda telah menemukan mobil bekas yang cocok dan disukai, Anda dapat langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia.

Baca Juga: Ciri-ciri Mobil Bekas Rental

#5: Pajak Kendaraan Bermotor

Mobil Bekas Manual atau Matic

Hal lain yang harus Anda ingat adalah biaya pajak kendaraan bermotor yang dibebankan untuk mobil yang Anda beli. Biaya pajak untuk mobil keluaran tahun lama lebih rendah daripada mobil keluaran terbaru.

Besarnya pajak akan cukup terasa jika Anda berencana membeli mobil mewah ataupun mobil di atas harga Rp 500juta.

Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Setelah membaca tips di atas, mana yang akan Anda pilih, beli mobil bekas atau baru? Dengan semua kelebihan di atas, salah satu kekurangan memilih mobil bekas adalah memastikan kualitas mobil incaran Anda sebelum dibeli.

Bagi yang awam, ada baiknya Anda mengajak teman atau mekanik kenalan yang berpengalaman dalam mengecek mobil bekas. Atau lebih baik lagi gunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional seperti OtoSpector.

Daripada rugi salah memilih mobil bekas yang bisa mengakibatkan biaya jutaan rupiah, cek dan pastikan kondisi mobil bekas pilihan Anda sebelum melakukan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya. Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2024

Januari 14, 2024
Harga mobil Calya bekas semakin hari menarik untuk disimak. Salah satu alasannya karena mobil ini merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra yang populasinya sangat banyak. Tentu pilihannya jadi semakin beragam, harga juga kompetitif. Faktor menarik lainnya, keduanya juga masuk dalam program mobil LCGC (Low Cost Green Car). Karena itu mobil ini dapat menjadi salah satu
Baca Lebih Lanjut

Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa. Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan
Baca Lebih Lanjut