Arti Kode SAE pada Kemasan Oli Mobil

November 24, 2023
By Thomas W
Arti Kode SAE pada Kemasan Oli Mobil-otospector

Selama ini Otofriends pasti tahu kalau kinerja mesin kendaraan sangat tergantung kepada oli mobil. Fungsi oli pada mesin adalah sebagai pelumas, pendingin, pembersih, dan pelindung mesin dari gesekan dan karat. Tetapi fungsinya bukan itu saja. Untuk kendaraan oli mobil juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Meski penampakan dan bahannya sama, tidak semua oli cocok untuk semua jenis mesin mobil. Kita tetap harus memperhatikan saat memilih. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kode SAE pada kemasan oli. Biar paham, kita pelajari arti sae pada kemasan oli mobil atau juga motor disini.

#1: Arti Huruf SAE

Arti Kode SAE

Sumber: Tribunnews.com

Apa itu SAE oli, SAE adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers. Nama itu berasal dari sebuah organisasi profesional yang merumuskan standar teknis untuk industri otomotif.

Organisasi ini pula yang menetapkan sistem klasifikasi oli mesin sehingga singkatan nama organisasi itu dipakai.

Sebenarnya kode SAE menunjukkan tingkat kekentalan oli. Tingkat kekentalan ini menunjukkan kemampuan oli mengalir pada suhu tertentu.

Tingkat kekentalan ini akan berpengaruh pada performa mesin mobil. Utamanya pada saat start, saat mesin panas dan mesin dingin.

Kalau oli terlalu kental, maka gesekannya akan tinggi. Kondisi ini membuat oli alirannya terhambat. Sedangkan kalau oli terlalu encer, bisa bikin bocor. Efektivitasnya dalam mencegah gesekan dan karat juga rendah.

Kekentalan oli mobil lebih rendah dibanding oli motor. Penyebabnya karena oli mobil memerlukan pelumas yang lebih encer untuk mengurangi gesekan.

Baca juga: Inilah Pilihan Oli Mobil Terbaik Dan Harganya

#2: Cara Penulisan SAE

Arti Kode SAE

Sumber: Penrite.info

Di kemasan-kemasan oli kita akan melihat kode SAE dituliskan dalam dua atau tiga angka, di mana ada huruf W yang memisahkannya. W ini sebenarnya winter (musim dingin). Angka sebelum huruf W menunjukkan kekentalannya pada suhu rendah. Sedangkan angka setelah W menunjukkan kekentalannya pada suhu tinggi.

Angka yang semakin kecil sebelum huruf W menunjukkan semakin encer pula pada suhu rendah. Artinya oli akan semakin mudah mengalir pada saat mesin dinyalakan (start).

Angka yang semakin besar setelah huruf W menunjukkan semakin kental pula pada suhu tinggi. Artinya oli semakin baik melindungi mesin dari gesekan dan karat.

Contoh penulisan kode SAE misalnya 5W-30, 10W-40, 15W-50, dan sebagainya.

#3: Oli Multigrade dan Monograde

Arti Kode SAE

Sumber: Liqui-moly.com

Kode SAE sebenarnya terbagi menjadi kode dua angka dan kode satu angka. Jika ada dua angka SAE maka disebut oli multigrade. Artinya oli yang mampu beradaptasi dengan perubahan suhu. Oli semacam ini biasanya lebih umum dipakai.

Sedangkan jika hanya satu angka SAE disebut oli monograde. Oli ini hanya cocok pada kondisi suhu tertentu. Contohnya oli SAE 30 untuk suhu panas dan oli SAE 10 untuk suhu dingin.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kode API

Arti Kode SAE

Sumber: Kixx Newsroom

Dalam kemasan oli ada pula kode oli API. Kode yang diambil dari organisasi American Petroleum Institute ini menunjukkan kualitas dan spesifikasi oli, terutama untuk mesin bensin atau mesin diesel.

Kode API tertulis dari dua huruf dan berada di dekat simbol lingkaran atau segitiga. Huruf pertama artinya jenis mesin. Yaitu S (spark ignition) adalah mesin bensin dan C (compression ignition) untuk mesin diesel.

Huruf kedua adalah tingkat kinerja oli. Huruf yang semakin semakin mendekati huruf Z, artinya semakin tinggi juga kualitasnya.

Contoh kode API adalah SL, SM, SN, dan lain-lain; untuk mesin bensin. Sedangkan mesin diesel ada CF, CG, CH, dan lain-lain.

Baca juga: Apa Perbedaan Air Coolant Hijau Dan Merah? Ini 5 Faktanya! 

Bagaimana cara menentukan mana mobil bekas yang berkualitas?

Memilih oli yang terbaik katanya ibarat berinvestasi. Kalau Otofriends pilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan saran pabrikan, maka perawatan kendaraan jadi lebih ringan.

Begitu pula dengan membeli mobil bekas. Jika pada saat pembelian Otofriends sangat cermat dalam memilih, maka pada pemakaian nantinya tidak akan keluar banyak biaya karena banyak kerusakan.

Agar Otofriends bisa mendapatkan mobil bekas yang terbaik, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan melakukan inspeksi sebelum pembelian, maka unit mobil yang akan dibeli dapat diketahui kondisinya secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Maret 15, 2024
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca Lebih Lanjut