Apakah Fitur ABS Penting Untuk Mobil?

September 05, 2024
By Thomas W
Apakah Fitur ABS Penting Untuk Mobil?-otospector

Dengan semakin berkembangnya dunia otomotif, pemakaian fitur ABS (anti lock braking system) pada mobil-mobil keluaran terbaru jadi semakin wajar. Justru mobil-mobil yang non-ABS yang semakin jarang, kecuali pada kelas entry level atau mobil-mobil niaga.

Seperti kita tahu, ABS adalah sistem pengereman yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Andai roda sampai terkunci, maka mobil akan hilang kendali dan susah diarahkan. Akibatnya risiko kecelakaan jadi semakin besar.

Fitur ini memang dipasang sebagai komponen keselamatan yang dapat memberikan perlindungan bagi pengendara. Berkat adanya fitur ini, maka tingkat fatalitas andai terjadi kecelakaan bisa diminimalkan.

Apa saja arti penting fitur ABS untuk mobil? Inilah sejumlah pembahasannya:

#1: Mencegah Mobil Tergelincir

Sumber: Wuling.id

Berkat ABS, pengemudi tetap bisa mengontrol kemudi saat terjadi rem mendadak.

Karena kemudi bisa terkendali, maka mobil jadi tidak mudah tergelincir, terutama di jalanan dengan permukaan licin seperti basah, berlumpur, atau bersalju.

Tentu saja kondisi ini sangat penting agar mobil bisa menghindari kendaraan lain atau mungkin benda-benda tertentu di jalan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Jarak Pengereman Lebih Pendek

Sumber: Kompas.com

Dengan adanya ABS, pengemudi bisa percaya diri untuk melakukan pengereman yang lebih kuat tanpa takut roda akan terkunci.

Situasi ini membuat mobil akan berhenti lebih cepat, dengan jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan pengereman dengan non-ABS.

Dengan jarak pengereman yang lebih pendek, mobil bisa terhindar dari risiko bertabrakan.

Baca juga: Kenapa Mobil Diesel itu Bisa Lebih Mahal

#3: Mobil Lebih Stabil

Sumber: Tyreplus-me

ABS ternyata juga membantu stabilitas kendaraan, terutama ketika melakukan pengereman di tikungan atau jalan dengan permukaan tidak rata.

Dengan modal stabilitas, maka risiko mobil terbalik atau keluar dari jalur bisa diminimalkan.

Stabilitas ini sangat penting terutama jika menghadapi situasi yang tidak bisa diantisipasi dengan cepat, seperti pada saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Mengurangi Risiko Cedera

Sumber: Ackodrive

Dengan berkurangnya risiko tabrakan dan membuat mobil lebih stabil, maka sebenarnya fitur ABS telah mengurangi risiko cedera bagi pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan. Fatalitas kecelakaan juga bisa ditekan seminimal mungkin.

Secara tidak langsung, ABS membantu mengurangi risiko yang lebih berat pada tubuh dari benturan keras yang dapat mengakibatkan cedera.

Dalam suatu penelitian di Australia, diketahui ABS ternyata bisa menurunkan angka kecelakaan beruntun sampai 18 persen.

Baca juga:  Tips Menggunakan Rem Tangan Mobil Saat Menanjak

Bagaimana memeriksa fungsi rem pada saat akan membeli mobil bekas?

Rem tentu merupakan komponen yang sangat penting dalam berkendara. Karena itu, saat Otofriends beli mobil bekas, fungsi rem adalah salah satu yang harus dipastikan performanya. Jangan sampai saat mobil sudah dibeli, baru ketahuan kalau rem bermasalah.

Meski pada kenyataannya rem adalah komponen yang jarang rusak, tetapi faktor perawatan dan usia bisa menyebabkan fungsinya berkurang. Tentu saja, ini membahayakan saat kendaraan dalam situasi mendadak dan darurat.

Untuk pemeriksaan performa dan fungsi rem saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dilakukan oleh tenaga profesional dan terlatih, maka inspeksi mobil yang dilakukan bisa memberikan gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

April 09, 2024
Antara busi panjang dan pendek mobil tentu saja tidak bisa disamakan begitu. Karena keduanya memang punya spesifikasi yang berbeda, bukan cuma sekadar pilihan mana yang lebih baik atau lebih ekonomis. Fungsi utama busi pada mobil adalah memicu pembakaran di dalam mesin. Dengan pembakaran maka busi memastikan mobil dapat menyala dan bekerja dengan baik. Cara kerja
Baca Lebih Lanjut

Tips Agar Interior Mobil Tidak Berjamur

April 08, 2024
Agar interior mobil tidak berjamur memang perlu dilakukan dalam perawatan kendaraan. Alasannya, karena jamur bukan cuma merusak keindahan, tapi juga merugikan kesehatan. Interior juga lama kelamaan akan rusak. Bagi pengemudi dan penumpang, ada lagi alasan lain yakni munculnya aroma tidak sedap alias kabin jadi berbau. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu perjalanan. Suasana kabin jadi
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut