Apa Yang Perlu di Cek Saat Beli Mobil Matic Bekas

September 17, 2024
By Getan Metodius
Apa Yang Perlu di Cek Saat Beli Mobil Matic Bekas-otospector

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak ingin membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas matic menjadi salah satu pilihan terbaik, tapi sebelum kamu ingin membeli mobil bekas ada beberapa yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin membeli mobil bekas matic.

Untuk membeli mobil bekas harusnya melakukan beberapa pengecekan karena proses ini harus dilakukan sebelum kamu ingin membeli mobil matic bekas.

Kenapa hal ini sangat penting? Karena kamu harus yakin jika transmisi mobil bekas yang ingin kamu beli bisa berfungsi dengan sangat baik. 

Pada saat kamu melakukan cek transmisi, maka kamu akan mencari tanda-tanda kerusakan serta perawatan yang tidak sesuai. Hal ini termasuk mengecek tingkat oli transmisi,  pembuangan oli, dan memeriksa visual untuk  mengetahui tanda-tanda kerusakan. 

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui ketika ingin membeli mobil matic bekas.

#1: Cek Fungsi Transmisi pada Mobil Matic Bekas.

transmisi mobil matic

Sumber: kumparan

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah cek fungsi transmisi mobil matic bekas, dan kamu juga harus coba untuk menggerakkan transmisi dari satu posisi ke posisi lainnya. Kamu juga harus memastikan jika transmisi tersebut dapat berfungsi dengan baik. 

Hal ini sangat lentik dilakukan karena supaya kamu bisa mematikan jika transmisi mobil matic yang ingin kamu beli dapat berfungsi dengan semestinya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Cek Bagian Pembuangan Oli.

pembuangan oli mobil

Sumber: mpm insurance

Kedua yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus memeriksa bagian pembuangan oli nya. Hal ini menjadi sangat penting karena itu bisa memberi kamu gagasan mengenai kondisi oli mobil matic bekas yang sedang ingin kamu beli. 

Kamu juga harus memeriksa jumlah oli dan warna oli tersebut, jika kamu menemukan pembuangan oli berwarna hitam atau coklat serta berminyak, maka itu menandakan kalau oli tersebut sudah terlalu lama tidak diganti-ganti dan telah mengalami usang. 

Namun jika di dalam pembuangan oli berawa-rawa hijau atau kuning maka itu menandakan bahwa oli tersebut masih baru serta dalam keadaan yang baik dan aman. 

#3: Cek Bagian Katup Transmisi, Konektor dan Kabel.

Jika kamu melakukan cek visual, maka kamu juga harus periksa bagian katup transmisi, konektor, dan kabel. Sehingga kamu harus memastikan jika semua komponen tersebut dapat berfungsi dengan benar. Dan jika kamu menemukan ada yang rusak, maka kamu harus segera mengganti nya. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

#4: Cek Tingkat Oli Transmisi Mobil.

pengecekan volume oli

Pada saat kamu sedang memeriksa tingkat oli transmisi mobil matic bekas, maka kamu juga harus memeriksa jumlah oli yang ada pada transmisi mobil matic bekas tersebut.

Hal ini bisa membantu kamu untuk tetap memastikan kalau transmisi mobil matic bekas tersebut oli nya sudah cukup. Karena dengan cara ini bisa membantu kamu untuk memastikan transmisi dapat berfungsi pada semestinya. 

#5: Cek Kondisi Pada Bagian Dalam Transmisi.

Terakhir, kamu harus memeriksa bagian pada dalam transmisi. Jangan lupa kamu harus memastikan jika di dalam transmisi tersebut masih ada pelumas yang cukup dan tidak ada yang rusak.

Sehingga kamu harus rajin memeriksa bagian pada dalam transmisi agar memastikan jika transmisi tersebut bisa berfungsi dengan baik dan benar. 

Dengan melakukan tips di atas, maka kamu dapat memastikan bahwa transmisi mobil matic bekas tersebut masih berfungsi dengan baik dan kamu tidak akan menemukan masalah setelah membeli mobil matic bekas tersebut.  

Baca juga: Tips Atasi Capek Mengemudi Dengan Mobil Manual

Jangan sembarangan beli mobil bekas.

Kamu boleh aja nemu mobil yang murah otofriends, tapi tetap jangan mudah tergiur dengan harga yang murah aja. Disarankan kamu harus selalu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Supaya kamu punya keputusan yang tepat, Otospector adalah pihak yang independen. Jadi kamu nggak usah khawatir jika kamu nemuin mobil murah di dealer. Jika mobil yang kamu incer lulus inspeksi, kamu bisa mendapatkan garansi sampai 1 tahun dari Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Kenapa Oli Mesin Mobil Bisa Berkurang Drastis?

September 19, 2024
Seiring pemakaian dan penyimpanan kendaraan, wajar jika suatu saat pemilik akan mendapati oli mesin berkurang. Dari pemeriksaan dipstick, biasanya akn terlihat penurunan volume oli. Jika mobil dipakai sehari-hari, sebenarnya berkurangnya oli ini adalah hal wajar. Normalnya, oli mesin memang akan mengalami penguapan sebesar 10 persen dari volume awalnya. Akan tetapi Otofriends wajib curiga kalau oli
Baca Lebih Lanjut

Apa Yang Perlu di Cek Saat Beli Mobil Matic Bekas

September 17, 2024
Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak ingin membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas matic menjadi salah satu pilihan terbaik, tapi sebelum kamu ingin membeli mobil bekas ada beberapa yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin membeli mobil bekas matic. Untuk membeli mobil bekas harusnya melakukan beberapa pengecekan karena proses ini harus dilakukan sebelum kamu
Baca Lebih Lanjut

Empat Penyebab Mobil Matic Kehilangan Tenaga

September 16, 2024
Memakai mobil matic sebagai kendaraan sehari-hari memang nyaman. Apalagi kalau dipakai di kawasan perkotaan yang lalu-lintasnya padat. Tanpa harus repot-repot pindah gigi pakai tangan, mobil terus melaju sesuai kondisi jalanan. Ada pendapat, transmisi matic ini tidak setangguh transmisi manual. Ringkih dan gampang rewel. Apalagi kalau tiba-tiba transmisi matic seperti kehilangan tenaga. Gejalanya, ketika mobil akan
Baca Lebih Lanjut