Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?

Desember 22, 2022
By Thomas W
Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?-otospector

Ada waktu-waktu tertentu di mana lalu-lintas dalam kondisi sangat padat. Situasi jalan raya dipenuhi kendaraan, sehingga menjadi padat dan arusnya tersendat. Misalnya saat pagi hari ketika sebagian besar orang  berangkat beraktivitas, pada akhir pekan, atau saat musim mudik hari raya.

Biasanya di saat situasi seperti itu, polisi lalu-lintas akan melakukan rekayasa lalu lintas, bisa berupa one way atau contra flow. Dua cara ini memang hanya merupakan solusi darurat untuk meningkatkan kapasitas kendaraan di jalan. Semua tergantung kebutuhan dan situasi di lapangan, sesuai penilaian petugas kepolisian.  

Sayangnya, masih ada sebagian pengguna jalan yang belum memahami perbedaan antara sistem one way dan contra flow. Nah, biar makin paham, yuk kita baca penjelasannya:

Pengertian Sistem One Way

Sistem one way di tol
Sistem one way di tol

Sistem peraturan lalu-lintas ini mengubah jalan yang semula dua arah menjadi satu arah. Tujuannya tentu untuk mengurangi antrean kendaraan. Sistem ini akan membuat kapasitas jalan akan meningkat sehingga lebih banyak kendaraan yang bisa melintas dalam beberapa ruas.

Contoh one way di tol adalah saat arus mudik Lebaran 2022. Karena padatnya arus kendaraan, maka selama waktu tertentu diterapkan one way di Tol Cikampek ke Gerbang Tol Kalikangkung di KM 414.

Aturan sistem satu arah dan rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur ini biasanya berlangsung beberapa jam atau sampai lalu-lintas dinilai sudah lancar. Sedangkan kendaraan lain dipersilakan menunggu atau menggunakan jalan lain.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Pengertian Contra Flow

Sistem contra flow di tol
Sistem contra flow di tol

Sistem pengaturan lalu-lintas yang  mengubah arah laju kendaraan dari arah normal menjadi berlawanan. Caranya dengan memecah jalan ke arah tertentu menuju arah yang berlawanan dan membaginya ke beberapa jalur tanpa menutup arah jalan yang normal.

Contoh penerapannya adalah saat terjadi kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta Cikampek di Jawa Barat tepatnya di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utama, pada saat arus mudik Mei 2022. Arah dari Jakarta ke Cikampek mengalami kepadatan, sementara dari arah sebaliknya masih sangat lengang.

Kepadatan ini diatasi dengan membagi jalan yang semula sepenuhnya ke arah Jakarta menjadi dua bagian. Satu sisi digunakan untuk menuju ke arah Cikampek sementara sisi lainnya tetap ke arah Jakarta.

Hasilnya, pengguna jalan yang akan menuju ke arah Cikampek dapat melintasi jalur baru ini (melawan arus) tanpa mengganggu pengguna jalan yang akan menuju Jakarta.

Perbedaan Antara One Way dengan Contra Flow

#1: Penggunaan Jalan

Sistem contra flow di tol
Sistem contra flow di tol

Lintas one way butuh seluruh ruas jalan untuk memecah kemacetan. Dilakukan dengan pertimbangan banyaknya kendaraan yang memadati jalan, sehingga tingkat kemacetan harus dikurangi dengan peraturan satu arah. Berbeda dengan contra flow yang hanya butuh separuh jalan untuk membuka jalan baru ke arah berlawanan.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#2: Penutupan Arus Lalu Lintas

Penutupan arus lalu-lintas
Polisi menutup arus lalu-lintas

Menerapkan one way akan menutup total arus lalu lintas dan diganti perubahan arah arus jalan. Tentu akibatnya pengendara tidak akan melintasi jalan ke arah normal. Sedangkan pada contra flow, jalan hanya ditutup sebagian, sehingga pengendara tetap tetap dapat melintas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Waktu Penggunaan

Pengalihan arus lalu-lintas
Pengalihan arus lalu-lintas

One way digunakan pada waktu tertentu dan sudah direncanakan dengan pengamatan mendalam. Ini karena one way akan menutup jalan secara keseluruhan. Kalau mau dilakukan setiap hari, maka akan dilakukan percobaan penggunaan jalan alternatif atau pemberlakukan jam tertentu.

Sementara itu, contra flow bisa diterapkan mendadak dengan melihat kondisi jalan di sisi lainnya. Rekayasa jalan sehingga mencegah penumpukan juga bisa dilakukan dengan pengalihan arus. Namun cara ini sifatnya sementara, karena bisa menyebabkan penyempitan jalan dan timbul kemacetan.

Baca juga: Setelah Perjalanan Jauh, Segera Cek 4 Komponen Mobil Ini

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memilih mobil bekas berkualitas untuk keperluan mudik ke luar kota?

Menjelang liburan hari raya, wajar jika permintaan mobil bekas untuk keperluan bepergian ke luar kota semakin meningkat. Namun calon pembeli harus waspada, karena dalam masa-masa peningkatan penjualan itu, penjual juga berupaya melariskan dagangannya dengan berbagai cara.

Agar Otofriends dapat mendapat mobil bekas berkualitas, maka sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu untuk memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan mengetahui kondisi mobil sejelas-jelasnya, maka Otofriends akan dapat memutuskan mobil mana yang memang layak untuk dipinang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut