Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?

Desember 22, 2022
By Thomas W
Apa Itu One Way dan Contra Flow Lalu-lintas?-otospector

Ada waktu-waktu tertentu di mana lalu-lintas dalam kondisi sangat padat. Situasi jalan raya dipenuhi kendaraan, sehingga menjadi padat dan arusnya tersendat. Misalnya saat pagi hari ketika sebagian besar orang  berangkat beraktivitas, pada akhir pekan, atau saat musim mudik hari raya.

Biasanya di saat situasi seperti itu, polisi lalu-lintas akan melakukan rekayasa lalu lintas, bisa berupa one way atau contra flow. Dua cara ini memang hanya merupakan solusi darurat untuk meningkatkan kapasitas kendaraan di jalan. Semua tergantung kebutuhan dan situasi di lapangan, sesuai penilaian petugas kepolisian.  

Sayangnya, masih ada sebagian pengguna jalan yang belum memahami perbedaan antara sistem one way dan contra flow. Nah, biar makin paham, yuk kita baca penjelasannya:

Pengertian Sistem One Way

Sistem one way di tol
Sistem one way di tol

Sistem peraturan lalu-lintas ini mengubah jalan yang semula dua arah menjadi satu arah. Tujuannya tentu untuk mengurangi antrean kendaraan. Sistem ini akan membuat kapasitas jalan akan meningkat sehingga lebih banyak kendaraan yang bisa melintas dalam beberapa ruas.

Contoh one way di tol adalah saat arus mudik Lebaran 2022. Karena padatnya arus kendaraan, maka selama waktu tertentu diterapkan one way di Tol Cikampek ke Gerbang Tol Kalikangkung di KM 414.

Aturan sistem satu arah dan rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur ini biasanya berlangsung beberapa jam atau sampai lalu-lintas dinilai sudah lancar. Sedangkan kendaraan lain dipersilakan menunggu atau menggunakan jalan lain.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Pengertian Contra Flow

Sistem contra flow di tol
Sistem contra flow di tol

Sistem pengaturan lalu-lintas yang  mengubah arah laju kendaraan dari arah normal menjadi berlawanan. Caranya dengan memecah jalan ke arah tertentu menuju arah yang berlawanan dan membaginya ke beberapa jalur tanpa menutup arah jalan yang normal.

Contoh penerapannya adalah saat terjadi kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta Cikampek di Jawa Barat tepatnya di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utama, pada saat arus mudik Mei 2022. Arah dari Jakarta ke Cikampek mengalami kepadatan, sementara dari arah sebaliknya masih sangat lengang.

Kepadatan ini diatasi dengan membagi jalan yang semula sepenuhnya ke arah Jakarta menjadi dua bagian. Satu sisi digunakan untuk menuju ke arah Cikampek sementara sisi lainnya tetap ke arah Jakarta.

Hasilnya, pengguna jalan yang akan menuju ke arah Cikampek dapat melintasi jalur baru ini (melawan arus) tanpa mengganggu pengguna jalan yang akan menuju Jakarta.

Perbedaan Antara One Way dengan Contra Flow

#1: Penggunaan Jalan

Sistem contra flow di tol
Sistem contra flow di tol

Lintas one way butuh seluruh ruas jalan untuk memecah kemacetan. Dilakukan dengan pertimbangan banyaknya kendaraan yang memadati jalan, sehingga tingkat kemacetan harus dikurangi dengan peraturan satu arah. Berbeda dengan contra flow yang hanya butuh separuh jalan untuk membuka jalan baru ke arah berlawanan.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#2: Penutupan Arus Lalu Lintas

Penutupan arus lalu-lintas
Polisi menutup arus lalu-lintas

Menerapkan one way akan menutup total arus lalu lintas dan diganti perubahan arah arus jalan. Tentu akibatnya pengendara tidak akan melintasi jalan ke arah normal. Sedangkan pada contra flow, jalan hanya ditutup sebagian, sehingga pengendara tetap tetap dapat melintas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Waktu Penggunaan

Pengalihan arus lalu-lintas
Pengalihan arus lalu-lintas

One way digunakan pada waktu tertentu dan sudah direncanakan dengan pengamatan mendalam. Ini karena one way akan menutup jalan secara keseluruhan. Kalau mau dilakukan setiap hari, maka akan dilakukan percobaan penggunaan jalan alternatif atau pemberlakukan jam tertentu.

Sementara itu, contra flow bisa diterapkan mendadak dengan melihat kondisi jalan di sisi lainnya. Rekayasa jalan sehingga mencegah penumpukan juga bisa dilakukan dengan pengalihan arus. Namun cara ini sifatnya sementara, karena bisa menyebabkan penyempitan jalan dan timbul kemacetan.

Baca juga: Setelah Perjalanan Jauh, Segera Cek 4 Komponen Mobil Ini

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memilih mobil bekas berkualitas untuk keperluan mudik ke luar kota?

Menjelang liburan hari raya, wajar jika permintaan mobil bekas untuk keperluan bepergian ke luar kota semakin meningkat. Namun calon pembeli harus waspada, karena dalam masa-masa peningkatan penjualan itu, penjual juga berupaya melariskan dagangannya dengan berbagai cara.

Agar Otofriends dapat mendapat mobil bekas berkualitas, maka sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu untuk memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan mengetahui kondisi mobil sejelas-jelasnya, maka Otofriends akan dapat memutuskan mobil mana yang memang layak untuk dipinang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

April 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut

Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem #1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan. Kampas rem yang aus atau
Baca Lebih Lanjut