Aksesoris Mobil Bekas Ini Bakal Menaikkan Minat Pembeli

Oktober 15, 2024
By Thomas W
Aksesoris Mobil Bekas Ini Bakal Menaikkan Minat Pembeli-otospector

Salah satu kelebihan jualan mobil bekas adalah pada kelengkapan aksesoris mobil bekasnya. Karena biasanya mobil-mobil bekas sudah dilengkapi dengan aneka aksesoris tambahan, bawaan dari pemilik sebelumnya

Bagi calon pembeli, segala aksesoris ini tentu bisa jadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri.

Soalnya, selain calon pembeli tidak perlu lagi repot-repot lagi beli dan melengkapi, aksesoris semacam ini biasanya juga sudah sesuai dengan spesifikasi mobil. Jadi pembeli tinggal pakai saja.

Nah, kira-kira jenis aksesoris apa saja yang bisa membuat calon pembeli jadi makin tertarik? Yuk, kita bedah satu per satu:

#1: Head Unit

head unit

Sumber: Moladin

Boleh dikatakan, head unit menjadi salah satu peralatan di dalam kabin mobil yang paling sering diperbarui.

Apalagi pada mobil-mobil yang head unit-nya masih tergolong jadul, alias masih bawaan pabrik.

Di pasaran ada banyak pilihan head unit dengan beragam jenis dan harga. Head unit paling sederhana tetapi sudah menggunakan layar, saat ini sudah bisa didapat di kisaran Rp700 ribuan.

Pilihan head unit terbaik adalah yang sudah mendukung layar sentuh, navigasi, mirroring handphone, dan aplikasi android.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Kamera Parkir

kamera parkir

Sumber: Kompas.com

Saat ini kamera parkir jelas sudah jadi kebutuhan. Apalagi buat mobil-mobil yang sering harus parkir di ruang yang sempit. Apalagi kalau pengemudi masih belum terlalu mahir.  

Kamera parkir bermanfaat untuk meminimalkan kerusakan mobil sendiri dan juga mobil orang lain.

Kamera parkir jenis yang sederhana saat ini sudah bisa didapat di harga Rp200 ribuan. Tetapi jika ada dana lebih, sebaiknya pilih kamera yang lebih berkualitas di mana tampilan gambarnya di monitor cukup terang serta ada garis bantu untuk memudahkan parkir.

Baca juga: Pakai Ban Mobil Beda Merek? Boleh, Asalkan …

#3: Sarung Jok

jok mobil

Sumber: Moladin

Selain membuat jok menjadi awet, pemakaian sarung jok juga akan membuat penampilan kabin jadi tambah menarik. Apalagi kalau warna sarung disesuaikan dengan interior mobil.

Sarung jok mobil tersedia dalam dua pilihan yaitu permanen atau semi permanen. Biasanya orang memilih jok semi permanen karena dapat diganti-ganti kalau sudah bosan, dan sarung jok aslinya tetap dipertahankan.

Bahan untuk sarung jok bisa berjenis fabric, kulit sintetis, sampai dengan asli.

Pilihan terbaik di tingkat menengah adalah jok berbahan kulit sintetis yang saat ini ada di kisaran harga Rp2 juta – Rp3 jutaan untuk mobil dengan 3 baris kursi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kaca Film

kaca film

Sumber: Kompas.com

Di negara beriklim tropis, kaca film rasanya tidak bisa ditawar lagi. Terutama bagi mereka yang sering berkendara siang hari dan di kawasan perkotaan.

Ada beragam jenis kaca film di pasaran, mulai yang ekonomis sampai yang bermerek.

Namun dalam memilih kaca film sebaiknya harus mempertimbangkan kualitas agar fungsinya optimal dalam mengurangi panas yang masuk ke kabin. Kaca film semacam ini biasanya dijual pada rentang harga di atas Rp2 jutaan untuk mobil kecil sekelas city car.

Selain memperhitungkan fungsi, pemilihan kaca film juga harus mempertimbangkan penampilan eksterior mobil. Sesuaikan tingkat kegelapan kaca film dengan cat mobil, agar masih layak dipandang dan tidak asal gelap.

#5: Audio Sound System

sound system

Sumber: Gridoto

Pilihan aksesoris yang terakhir adalah sistem hiburan. Aksesoris ini sifatnya sangat opsional, karena menyangkut selera dan kebutuhan yang berbeda-beda dari calon pembeli.

Ada yang menyukai sistem audio yang powernya besar, tetapi ada yang cukup biasa-biasa saja. Karena itu belum tentu calon pembeli mobil bekas menyukainya.

Beberapa peralatan yang dapat mempengaruhi kualitas sistem audio di mobil adalah head unit, amplifier, crossover, dan speaker.  

Sistem audio di mobil untuk kelas pemula, harganya bervariasi mulai dari Rp3 juta – Rp10 juta. Karena tidak murah, maka harga ini juga harus diperhitungkan dengan harga jual mobil bekas.

Baca juga: Pilihan Apik Mobil Bekas Harga Cuma 70 Jutaan

Apakah keberadaan aksesoris mobil bisa menimbulkan bahaya?

Pemasangan aksesoris di mobil, terutama yang butuh daya listrik, harus digarap dengan benar dan teliti agar tidak menimbulkan kerugian. Misalnya, pemasangan sistem audio yang sembrono, bukan tidak mungkin menyebabkan korslet pada kelistrikan atau malah mobilnya kebakaran.

Untuk pemeriksaan sistem kelistrikan saat membeli mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dilakukan oleh tenaga profesional dan terlatih, maka inspeksi mobil yang dilakukan bisa memberikan gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

Juli 12, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Indikasi Freon AC Mobil Habis

Juli 12, 2024
Ada beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi freon AC mobil habis. Tanda-tanda itu jelas akan dapat terlihat dan bisa dirasakan, hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa freon sudah jauh berkurang atau malah habis sama sekali. Dalam sebuah sistem AC, peran freon sangat penting sebagai sumber pendingin pada ventilasi AC. Masalahnya, kebocoran gas freon sulit terdeteksi
Baca Lebih Lanjut

5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Juli 12, 2024
Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik. Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun
Baca Lebih Lanjut