6 Tips Ampuh Biar Mobil RWD Lebih Awet

Juni 08, 2024
By Getan Metodius
6 Tips Ampuh Biar Mobil RWD Lebih Awet-otospector

Mobil RWD adalah mobil dengan penggerak roda belakang, dan sudah punya fans setia di tanah air. Bang min rasa ini udah jadi mobil favorit bagi pengemudi, terutama yang biasanya selalu mengutamakan performa serta sensasi dalam berkendara yang lebih sporty. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tapi gini otofriends, untuk merawat mobil RWD supaya tetap di kondisi maksimal dan prima dalam berkendara, kamu melakukan perawatan yang tepat, dan ini sangatlah penting untuk menjaga performanya. 

Berikut ini adalah beberapa tips simpel untuk kamu supaya mobil RWD kamu tetap terawat.

#1: Perhatikan Kondisi Ban Mobil.

gambar ban kempes

Sumber: Jawapos

Dengan ban yang sehat dapat berfungsi sangat baik ketika sedang berkendara, dengan ban mobil yang tetap sehat dapat membantu performa serta keamanan mobil RWD.

Maka dari itu kamu wajib perhatikan tekanan udara ban sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan, lalu periksa ban secara rutin, guna untuk menghindari kebocoran serta keausan yang tidak merata. Kemudian kamu juga harus melakukan rotasi ban secara rutin.

Baca juga: Adu Kuat, Ini Kelebihan dan Kekurangan FWD

#2: Selalu Cek Sistem Penggerak.

sistem penggeran mobil rwd dan fwd

Sumber: Tempo

Rutin untuk selalu cek sistem penggerak juga sangat penting. Seperti pada bagian transmisi, diferensial, dan poros penggerak sangat penting di cek secara berkala. Karena hal ini berfungsi agar tidak ada kebocoran, keausan, atau masalah lainnya.

Dan kamu juga harus memperhatikan jika sudah ada suara yang aneh yang biasanya berasal dari bagian ini. Suara tersebut biasanya berbunyi seperti berdecit atau gemeretak.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Selalu Cek Bagian Sistem Suspensi.

contoh suspensi mobil

Sumber: Fastnlow

Biasanya sistem suspensi yang baik dapat meningkat kenyamanan saat sedang berkendara, tetapi biasa nya juga memengaruhi handling dan stabilitas mobil RWD. 

Nah, untuk ini kamu harus selalu pastikan setiap komponen seperti shockbreaker absorber, per, dan per serta untuk selalu di dalam kondisi maksimal dan tidak mengalami keausan atau kebocoran yang signifikan.

#4: Melakukan Perawatan Secara Berkala.

ganti filter udara perawatan mobil rutin

Sumber: Fortador USA

Melakukan perawatan rutin juga harus dilakukan, seperti melakukan perawatan ganti oli, ganti filter bahan bakar, dan ganti filter udara. Dan juga kamu harus pastikan mobil yang kamu service ditangani oleh mekanik yang sudah profesional, karena hal ini dapat mencegah terjadinya masalah yang lebih serius di waktu yang tidak bisa ditentukan.

Jika kamu rajin melakukan perawatan secara berkala dapat membantu kamu untuk meningkatkan umur pakai mobil, serta dapat meningkatkan nilai jual mobil di masa yang akan datang.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Pakai Oli yang Direkomendasikan.

rutinlah ganti oli mobil

Sumber: Performance Honda

Untuk penggunaan oli yang tepat sangatlah penting, ini bisa membantu serta menjaga komponen dalam sistem penggerak roda agar tetap berfungsi dengan sangat baik.

Kamu harus selalu pastikan untuk menggunakan pelumas yang direkomendasikan mekanik serta umur dari mobil kamu, dan lakukan penggantian oli secara rutin sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Biaya Rotasi Ban Mobil dan Manfaatnya

#6: Hentikan Melakukan Pengereman yang Berlebihan.

injak rem secara kasar

Sumber: Multi Inti Transport

Jika kamu sering melakukan pengereman yang berlebihan maka nanti mesin kamu akan menjadi overheat pada saat pengereman. Khusus nya pada mobil yang sedang mengerjakan roda belakang akan cenderung mempunyai distribusi beban yang berat.

Kamu harus menghindari pengereman yang tiba – tiba atau rem yang terlalu keras jika tidak sedang diperlukan. Usahakan untuk berikan jeda yang cukup antar satu rem dengan yang lainnya, dengan melakukan ini dapat membantu memberikan kesempatan untuk sistem pengereman mendinginkan diri.   

Benefit mobil RWD terawat dengan baik.

Ada beberapa benefit mengenai hal ini, selain kita sebagai pengguna diuntungkan dengan mobil yang awet, tapi disisi lain, jika kamu ingin mengganti mobil suatu saat nanti. Mobil RWD saat ini bisa punya peluang terjual dengan lebih kompetitif dan tidak jatuh dipasaran.

Dari sudut pandang lain sebagai calon pembeli juga tetap diperhatikan ya otofriends, kamu sebagai pembeli mobil bekas juga tidak bisa begitu percaya dengan perkataan penjual perorangan misalnya yang mengatakan kalau mobilnya sangat sehat.

Butuh pengecekan yang terperinci dan independen, makanya kamu butuh layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector nih. Layanan inspeksi mobil bekas Otospector bakalan bantu kamu untuk dapetin mobil yang sehat dan awet.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Juni 03, 2024
Wacana pemberlakuan bayar tol tanpa berhenti, sepertinya semakin dekat dengan realisasinya. Kepastian ini didapat setelah selama setahun kemarin sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah diuji di beberapa pintu tol, di Jawa dan Bali. Dengan sistem MLFF ini, nantinya mobil tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol
Baca Lebih Lanjut

17 Komponen Dalam Mesin Mobil

Juni 01, 2024
Sebagai pemilik kendaraan bermobil, alangkah baiknya untuk memahami setiap komponen mesin mobil. Pada dasarnya mesin mobil dapat membantu mengoptimalkan performa mobil serta kenyamanan pada saat akselerasi.  Dengan kamu sudah memahami setiap komponen mobil maka kamu juga akan mengetahui betapa sangat pentingnya memahami setiap komponen mesin mobil. Dan juga mengetahui cara untuk merawatnya dengan baik. Ada
Baca Lebih Lanjut

Cara Mengetahui Kesehatan Altenator Pada Mobil

Mei 30, 2024
Untuk menghidupkan mesin mobil itu ada 3 bagian yang harus kamu ketahui. Salah satu bagian tersebut merupakan alternator mobil, yang menjadi bagian sangat penting pada mesin mobil. Sangat disayangkan, kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi aki dari pada bagian alternator. Tanpa disadari alternator juga salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan, karena peran alternator sangat
Baca Lebih Lanjut