3 Fakta Tentang Pemberlakuan Plat Putih Mobil

Oktober 11, 2022
By Getan Metodius
3 Fakta Tentang Pemberlakuan Plat Putih Mobil-otospector

Plat nomor kendaraan itu menjadi fungsi penting loh Otofriends, bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri saja sudah banyak arti dan makna, misalnya huruf depan yang mewakili wilayah dan juga angka terakhir pada plat nomor mobil dan motor yang menentukan kebijakan wilayah tertentu seperti ganjil genap di Jakarta.

Dulu plat mobil dan motor di tanah air memiliki dua warna dasar, yang diawali warna hitam menjadi warna dominan atau warna dasar, dan warna putih pada angka dan huruf plat mobil motor.

Kini spesifik pada penerapan peraturan terbaru maka kita akan menggunakan plat mobil dengan warna dasar putih dan hitam pada huruf dan angkanya. Memang dibalik dari peraturan terdahulu dari warna dasar hitam ke putih.

Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE. Mudahnya begini, kamera itu terutama kamera yang dijadikan alat pengamatan di jalan raya akan kesulitan dengan warna dasar hitam dan tulisan putih, namun akan menjadi lebih jelas ketika warna dasar putih dan tulisan hitam.

tilang elektronik etle
Tilang Elektronik ETLE

Kamera yang akan menangkap objek berdasarkan cahaya ini lah yang membuat peraturan dibuat dan diubah. Sebetulnya warna dasar putih ini sudah dilakukan di luar negeri dan memudahkan tilang elektronik, kini Indonesia berbenah dan melakukan hal yang sama. Jadi plat putih mobil ini penting, untuk memudahkan penerapan peraturan yang semakin baik.

Plat putih pada mobil juga sudah diterapkan di luar negeri dan terbukti baik dalam penerapan kebijakan lalu lintas. Mobil plat putih tulisan hitam akan segera diterapkan, plat putih 2022 sudah mulai diterapkan.

Peraturan Plat Putih Ini Untuk Siapa Saja?

#1: Plat Putih Mobil Untuk Mobil Baru.

plat putih untuk mobil baru
Plat Putih Untuk Mobil Baru

Peraturan plat putih mobil ini memang awalnya untuk mereka yang memiliki kendaraan baru. Akan lebih mudah bagi pemangku kebijakan kalau mengawalinya dari para pembeli kendaraan baik mobil dan motor baru. Plat putih mobil baru akan lebih mudah diterapkan dan diharapkan bisa mendukung peraturan pemerintah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

#2: Peraturan Plat Putih Pada Mobill Yang Hendak Diperpanjang.

STNK dan BPKB mobil bekas
Pergantian Plat Putih Saat Perpanjangan Pajak 5 Tahunan

Ketika masa berlaku plat nomor habis menjadi kewajiban mengganti platnya menjadi putih. Termasuk juga ketika melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Peraturan plat putih pada mobil ini juga diwajibkan bagi mereka yang mengurus perpanjangan plat dan perpanjangan STNK.

#3: Plat Putih Mobil Berubah Ketika Berganti Kepemilikan.

ganti warna plat saat ganti kepemilikan
Ganti Warna Plat Saat Ganti Kepemilikan

Proses jual beli mobil dari mobil baru dari pemilik awal ke pembeli atau tangan ke dua harus mengikuti peraturan ini. Jadi buat Otofriends yang bertanya kapan plat putih berlaku, tahun 2022 sudah mulai diberlakukan, bagi Otofriends semua yang ingin membeli kendaraan bekas atau second hand disarankan ketika mengubah kepemilikan langsung juga mengubah plat putih pada mobilnya dari yang sebelumnya hitam.

Keunggulan plat putih mobil ketika diterapkan:

  • Memudah identifikasi pelanggaran.
  • Menghindari kesalahan tilang.
  • Proses penindakan lebih cepat.
  • Efisiensi penindakan di jalan raya.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Cek Dokumen Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

Nah sekarang Otofriends semua yang sudah tahu adanya peraturan perubahan warna plat nomor ini. Jadi ketika mau beli mobil bekas nantinya, pasti akan ada perubahan warna ketika Otofriends mengajukan perubahan kepemilikian kendaraan.

Namun sebelum itu, pastikan mobil yang akan dibeli merupakan mobil yang kondisinya baik dan layak dibeli. Gunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional dari Otospector untuk mengecek mobil yang akan Otofriends beli nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut