Klik disini untukJual Mobil Anda

3 Fakta Tentang Pemberlakuan Plat Putih Mobil

Oktober 11, 2022
By Getan Metodius
3 Fakta Tentang Pemberlakuan Plat Putih Mobil-otospector

Plat nomor kendaraan itu menjadi fungsi penting loh Otofriends, bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri saja sudah banyak arti dan makna, misalnya huruf depan yang mewakili wilayah dan juga angka terakhir pada plat nomor mobil dan motor yang menentukan kebijakan wilayah tertentu seperti ganjil genap di Jakarta.

Dulu plat mobil dan motor di tanah air memiliki dua warna dasar, yang diawali warna hitam menjadi warna dominan atau warna dasar, dan warna putih pada angka dan huruf plat mobil motor.

Kini spesifik pada penerapan peraturan terbaru maka kita akan menggunakan plat mobil dengan warna dasar putih dan hitam pada huruf dan angkanya. Memang dibalik dari peraturan terdahulu dari warna dasar hitam ke putih.

Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE. Mudahnya begini, kamera itu terutama kamera yang dijadikan alat pengamatan di jalan raya akan kesulitan dengan warna dasar hitam dan tulisan putih, namun akan menjadi lebih jelas ketika warna dasar putih dan tulisan hitam.

tilang elektronik etle
Tilang Elektronik ETLE

Kamera yang akan menangkap objek berdasarkan cahaya ini lah yang membuat peraturan dibuat dan diubah. Sebetulnya warna dasar putih ini sudah dilakukan di luar negeri dan memudahkan tilang elektronik, kini Indonesia berbenah dan melakukan hal yang sama. Jadi plat putih mobil ini penting, untuk memudahkan penerapan peraturan yang semakin baik.

Plat putih pada mobil juga sudah diterapkan di luar negeri dan terbukti baik dalam penerapan kebijakan lalu lintas. Mobil plat putih tulisan hitam akan segera diterapkan, plat putih 2022 sudah mulai diterapkan.

Peraturan Plat Putih Ini Untuk Siapa Saja?

#1: Plat Putih Mobil Untuk Mobil Baru.

plat putih untuk mobil baru
Plat Putih Untuk Mobil Baru

Peraturan plat putih mobil ini memang awalnya untuk mereka yang memiliki kendaraan baru. Akan lebih mudah bagi pemangku kebijakan kalau mengawalinya dari para pembeli kendaraan baik mobil dan motor baru. Plat putih mobil baru akan lebih mudah diterapkan dan diharapkan bisa mendukung peraturan pemerintah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

#2: Peraturan Plat Putih Pada Mobill Yang Hendak Diperpanjang.

STNK dan BPKB mobil bekas
Pergantian Plat Putih Saat Perpanjangan Pajak 5 Tahunan

Ketika masa berlaku plat nomor habis menjadi kewajiban mengganti platnya menjadi putih. Termasuk juga ketika melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Peraturan plat putih pada mobil ini juga diwajibkan bagi mereka yang mengurus perpanjangan plat dan perpanjangan STNK.

#3: Plat Putih Mobil Berubah Ketika Berganti Kepemilikan.

ganti warna plat saat ganti kepemilikan
Ganti Warna Plat Saat Ganti Kepemilikan

Proses jual beli mobil dari mobil baru dari pemilik awal ke pembeli atau tangan ke dua harus mengikuti peraturan ini. Jadi buat Otofriends yang bertanya kapan plat putih berlaku, tahun 2022 sudah mulai diberlakukan, bagi Otofriends semua yang ingin membeli kendaraan bekas atau second hand disarankan ketika mengubah kepemilikan langsung juga mengubah plat putih pada mobilnya dari yang sebelumnya hitam.

Keunggulan plat putih mobil ketika diterapkan:

  • Memudah identifikasi pelanggaran.
  • Menghindari kesalahan tilang.
  • Proses penindakan lebih cepat.
  • Efisiensi penindakan di jalan raya.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Cek Dokumen Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

Nah sekarang Otofriends semua yang sudah tahu adanya peraturan perubahan warna plat nomor ini. Jadi ketika mau beli mobil bekas nantinya, pasti akan ada perubahan warna ketika Otofriends mengajukan perubahan kepemilikian kendaraan.

Namun sebelum itu, pastikan mobil yang akan dibeli merupakan mobil yang kondisinya baik dan layak dibeli. Gunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional dari Otospector untuk mengecek mobil yang akan Otofriends beli nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga 5 Mobil City Car Murah Yang Desainnya Oke

Januari 14, 2022
Meski di pasaran mobil jenis MPV menguasai penjualan, namun mobil city car masih tetap dicari orang. Apalagi jika city car tersebut dikenal punya beberapa nilai plus, seperti desain, performa mesin, atau mudahnya perawatan. Banyaknya penawaran city car dari berbagai merek akhir-akhir ini memang membuat persaingan jadi semakin ketat. Apalagi setelah adanya program Low Cost Green
Baca lebih lanjut

5 Tanda Mobil Otofriends Perlu Servis Radiator

Januari 12, 2022
Meski jarang terjadi, namun pada suatu waktu mobil Otofriends kadang perlu menjalani servis radiator. Terutama pada mobil-mobil yang sudah cukup berumur sehingga komponen di sekitar radiator sudah mengalami keausan. Sebaiknya masalah pada radiator jangan disepelekan,  karena efeknya akan membuat sistem pendinginan suhu mesin akan terganggu. Akibatnya mobil mogok karena terlalu panas. Mari kita kenali 5
Baca lebih lanjut

Perhatikan, Inilah 4 Kelemahan Mesin Diesel

Januari 11, 2022
Sampai hari ini mobil dengan mesin diesel masih cukup diminati di Indonesia. Alasannya antara lain karena mesin jenis ini punya torsi besar dan konsumsi bahan bakarnya irit. Tak heran, pada jenis yang sama, harga mobil diesel bisa lebih mahal dibanding mesin bensin. Namun dibalik ketangguhan mesinnya, mesin diesel juga punya sejumlah kelemahan. Apalagi kini pabrikan
Baca lebih lanjut