Adu Ilmu Xpander vs Veloz Mana Pilihan Keluarga Indonesia?

Oktober 19, 2023
By Getan Metodius
Adu Ilmu Xpander vs Veloz Mana Pilihan Keluarga Indonesia?-otospector

Kalau berbicara mobil sih, boleh dibilang segmen MPV adalah salah satu yang paling laris di Indonesia. Bang Min yakin nih, salah satu pembaca artikel ini pasti ada pemilik mobil MPV atau yang lagi pengen beli MPV tapi masih bimbang, antara Mitsubishi Xpander atau Toyota Veloz.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tapi menurut Bang Min, kamu nggak perlu bingung dulu, karena setelah baca artikel ini, kamu bisa memutuskan mobil MPV mana yang bakal kamu pinang ke rumah. Dan dijadikan mobil untuk membawa keluarga keliling Indonesia.

Berbicara soal komparasi nih Otofriends, Bang Min bakal bedah dari awal kedua mobil ini, seperti sejarah singkat, sisi eksterior sampai pada dapur pacu. Jadi harap bersabar dan baca dengan seksama baru kamu menentukan antara mobil New Xpander atau Toyota All New Veloz.

#1: Sejarah Singkat antar Tipe Mobil

toyota veloz

Sumber: Carmudi

Pembahasan tentang Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz ini tidak pernah padam.

Tidak bisa dipungkiri kalau Veloz dan Xpander boleh dibilang pentolan masing-masing pabrikan mereka. Xpander mulai diperkenalkan sebagai mobil konsep di GIIAS 2016 dan resmi menjadi salah satu mobil tergarang di GIIAS 2017.

Mobil Xpander ini langsung punya banyak fans, dan menjadi ancaman berat rival MPV lainnya. Karena mobil ini dinilai sangat unik adanya desain dynamic shield yang bikin mobil keluarga Mitsubishi ini sangat modern dan punya sentuhan seperti SUV.

Kini pembahasan bergeser kita ke pentolan Toyota, yaitu Veloz. Tahu kah kamu kalau Veloz itu tadinya merupakan varian dari Toyota Avanza, dan akhirnya menjadi model tersendiri dan terpisah dari Avanza.

Lahir terpisah dari nenek moyang Avanza sejak tahun 2021. Veloz ini sebagai varian Avanza sudah diperkenalkan di tahun 2011 dengan varian Veloz 1.5 S VVT-i. Soal branding, orang pun akan terbius nih otofriends dengan lekukan indah eksterior Veloz yang sporty.

Sudah pas lah ya sebagai mobil MPV, Xpander dan Veloz punya keunggulan masing-masing dan cukup bikin kita bingung pilih yang mana.

Baca juga: Catat Nih, 5 Kelebihan Mobil Mitsubishi Xpander Bekas

#2: Eksterior dan Bodi Masing-masing Mobil

xpander terbaru

Sumber: MUF Online

Untuk urusan bodi dan eksterior sih, Xpander atau Veloz sama-sama juara. Untuk All New Veloz punya ukuran Panjang 4.475 mm, Lebar 1.755 mm, Tinggi 1.700 mm serta Ground Clearance 205 mm, dan Jarak Poros Roda 2.750 mm.

Gimana untuk Xpander? Ini dia, New Xpander punya ukuran Panjang 4.595 mm, Lebar 1.750 mm serta Tinggi 1.750 mm, serta Ground Clearance 220 mm, plus Jarak Poros Rodanya 2.775 mm.

Dari komparasi ini terlihat Xpander memiliki bodi yang sedikit lebih besar, tentu ukuran besar ini ada plus dan minusnya.

#3: Dapur Pacu Veloz vs Xpander

mesin mobil xpander

Sumber: Mitsubishi

Urusan tenaga sih sebetulnya keduanya sangat mantap, kita bahas dari Xpander terlebih dahulu. New Xpander ini dibekali MIVEC 4 Silinder, 16 Katup, DOHC, VVT, 1.499 cc. Tenaga puncak Xpander di 105 PS pada 6.000 rpm, serta juga torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Geser ke All New Veloz menggunakan mesin 2NR-VE, 4 Silinder In Line, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i, 1.496 cc. Soal tenaga maksimalnya Veloz di angka 104 PS pada 6.000 rpm, serta torsi 139 Nm pada 4.200 rpm.

Dari perbandingan singkat ini, soal tenaga mesin memang Xpander sedikit lebih unggul, baik dari sisi torsi dan juga daya maksimal.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Fitur Keamanan Masing-masing

mobil Veloz bekas

Sumber: Zigwheels Indonesia

Soal fitur keselamatan dan keamanan, keduanya cukup mumpuni, apalagi pada varian tertingginya. Tetapi kalau kita bedah nih Otofriends, Veloz punya fitur keamanan lebih banyak di varian tertingginya.

Meskipun begitu, keduanya sudah punya Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution with Brake Assist. Untuk keunggulan dari Veloz sendiri ada pada fitur khas, yaitu Toyota Safety Sense. Eits, tapi, Xpander punya fitur unik yaitu Cruise Control yang tidak ada pada pesaingnya itu.

#5: Harga Bekas antara Veloz dan Xpander.

veloz bekas

Sumber: Autofun

Tiba pada point yang paling sensitif dan bikin penasaran pastinya, yaitu harga bekas mobil Veloz dan juga Xpander.

Toyota Veloz, punya harga termurah mulai dari Rp160 juta untuk tahun 2017, serta yang paling mahal Rp 180 juta untuk tahun 2018.

Xpander sendiri punya harga termurah dimulai dari Rp 150 jutaan untuk tahun 2017 serta yang paling mahal ada di angka Rp 260 juta untuk tahun 2021.

Baca juga: Berapa Harga Avanza Bekas Mobil Sejuta Umat di tahun 2023?

Point penting sebelum beli Veloz atau Xpander bekas:

Beli mobil bekas punya keunggulan dari sisi keuangan, terlebih jika bisa memilih dengan cermat. Mendapatkan mobil sehat dan baik adalah tujuannya, tapi gimana caranya kalau tidak tahu tentang mobil.

Untuk itu buat kamu yang awam dan tidak ingin ambil risiko, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar beli mobil yang terbaik dan tidak salah pilih terutama saat beli mobil bekas non dealer atau perorangan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

4 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Surabaya 2024

Mei 11, 2024
Beli kendaraan itu tidak selalu dituntut untuk yang baru, kendaraan second atau bekas jika kita memilihnya cermat, kita akan menemukan seperti mobil berkualitas seperti mutiara. Otofriends tahu kan kalau beli mobil bekas itu punya beberapa keuntungan, pertama keuntungan dari sisi nilai pembelian yang tidak terlalu mahal, lalu selanjutnya adalah jika kita memilih mobil yang tepat
Baca Lebih Lanjut

Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Mei 11, 2024
Ada sebagian orang yang memilih servis berkala mobil di bengkel resmi, sementara sebagian lagi memilih ke bengkel biasa. Kedua pilihan itu tentu tidak masalah, asalkan tetap dilakukan perawatan kendaraan sesuai periode servisnya. Service mobil tetap dalam kondisi prima secara berkala. Service jadi salah satu cara agar mobil bisa tetap sehat, service untuk mobil harus dilakukan.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Matic Murah Harga Dibawah 100 Juta, Per 2024

Mei 10, 2024
Arus lalu-lintas di perkotaan yang padat namun tetap ada kebutuhan dalam efisiensi berkendara, membuat konsumen saat ini banyak mencari mobil matic murah. Membeli mobil udah jadi kebutuhan dan bukan lagi barang mewah, disini kita bahas rekomendasi mobil matic murah terbaik. Bagi sebagian orang, transmisi otomatis memang masih terkesan mahal. Tapi itu tidak berlaku lagi setelah
Baca Lebih Lanjut