Wajib Tau Arti Marka Jalan Tol Biar Gak Gagal Paham

Januari 15, 2023
By Getan Metodius
Wajib Tau Arti Marka Jalan Tol Biar Gak Gagal Paham-otospector

Bagi pengemudi atau pengguna jalan dengan kendaraan roda empat atau lebih termasuk truk perlu tahu nih, apa saja rules atau rambu lalu lintas yang ada di jalan Tol. Biar gak gagal paham karena gak tahu arti marka jalan yang ada malah berbahaya, selain merugikan diri sendiri atau perusahaan harus bayar denda, bahaya yang lain adalah amit-amit terjadi bahaya.

Kadang memang dari kita hanya fokus pada mematuhi tanda rambu lalu linta saja nih Otofriends tetapi masih ada saja yang belum mengerti arti dari marka di jalan tol.

Saat memasuki jalan bebas hambatan atau tol, yang dipersiapkan bukan hanya saldo elektronik saja ya, pemahaman akan marka ini perlu Otofriends ketahui, terutama bagi para pemula. Agar gak gagal paham dan malah salah dalam membuat keputusan di jalan tol.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Garis Putus-Putus.

garis putus-putus di jalan tol
Garis Putus-putus di Jalan Tol

Pertama yang akan kita bahas adalah pembatas jalur dengan tanda garis putus-putus, pembatas ini berfungsi untuk mengarahkan kita agar bisa mendahului dari kendaraan yang lain dengan perlahan dan juga hati-hati. Garis ini juga merupakan peringatan kalau aka nada garis utuh disisi jalan berikutnya. Ingat boleh berpindah jalur atau mendahului jika jalur sebelahnya aman atau kosong ya Otofriends.

#2: Garis Utuh.

Garis Utuh Tidak Boleh di Dahului
Garis Utuh Tidak Boleh di Dahului

Kalau garis ini memang berbeda dari garis di atas yang putus-putus, dimana memiliki arti tidak boleh mendahului kendaraan yang lain. Tetapi apabila marka itu ada di tepi jalan, perlu di ingat marka jalan ini berfungsi sebagai penanda sisi tepi dari jalur lalu lintas.

Baca juga: 5 Poin Penting Cara Menyetir Mobil Di Jalan Tol

#3: Dua Garis Utuh / Ganda.

https://otospector.co.id/blog/5-poin-penting-cara-menyetir-mobil-di-jalan-tol
Dua Garis Ganda Utuh

Nah kalau dua garis utuh atau ganda ini memiliki arti mobil tidak boleh melewati garis ganda utuh ini. Marka jalan ini membentuk garis utuh bisa kita temui ketika sedang berkendara di kondisi tikungan dan juga kondisi jalanan yang menanjak ataupun menurun.

#4: Fungsi Lajur Bahu Jalan.

Bahu Jalan Tol
Bahu Jalan Tol

Adapun lajur yang perlu Otofriends ketahui terutama bagi para pemula yang baru masuk jalan bebas hambatan, karena setiap jalur itu punya fungsinya masing-masing. Seperti bahu jalan ini yang memiliki fungsi atau hanya bisa digunakan saat keadaan darurat saja dan bukan sebagai jalur tempat istirahat bagi kita sebagai pengemudi. Dan lajur lambat ini ditandai di posisi paling kiri dari jalan tol setelah marka garis utuh sebelah kiri.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Fungsi Lajur Lambat.

Jalur Lambat di Tol
Jalur Lambat di Tol

Perlu diketahui nih Otofriends kalau dibuatnya marka dan jalur di Tol ini dibuat memang demi keamanan dan kenyamanan penggunakan. Termasuk juga teman-teman driver yang mengemudikan mobil bus dan juga truk, mereka disediakan lajur lambat karena memiliki perhatian yang lebih besar selain karena muatannya, ukuran mobil truk ini juga lebih besar dari mobil penumpang biasanya seperti sedan atau juga mini bus.

#6: Fungsi Lajur Cepat.

Jalur Cepat di Tol
Jalur Cepat di Tol

Ada jalur lambat ada jalur cepat, meskipun jalur cepat ini ada dan disediakan oleh penyedia jalan tol, kita tetap mengemudi dengan batas kecepatan yang berlaku. Batas kecepatan yang berlaku ini dibuat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan hanya karena kecepatan yang berlebih dan bisa saja kelihangan kendali karena kecepatan berlebih ini.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

beli mobil bekas di tokopedia

Marka Jalan Tol Sebagai Aturan Mengemudi Yang Aman:

Sebagai pengendara mobil disarankan mengetahui dulu semua marka yang ada di jalan tol. Peraturan ini untuk mengatur keselamatan dna keamanan untuk semua pengguna. Dengan begitu proses berkendara di jalan raya akan jauh lebih maksimal karena ada aturan yang ditaati. Termasuk Anda yang ingin melakukan test drive mobil, seperti ingin membeli mobil bekas dan diperbolehkan test drive performa bisa dilakukan di jalan tol.

Namun tetap perhatikan semua marka jalan yang ada agar proses pengetesan dijalur bebas hambatan dengan mobil yang akan Anda beli ini tetap aman. Sebagai saran, sebelum test drive mobil bekas yang akan Anda pinang, sebaiknya sudah di inspeksi oleh jasa inspeksi mobil bekas Otospector, supaya proses test drive Anda menjadi lebih efisien.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?

Februari 27, 2024
Kaca mobil merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Pasalnya jika tidak ada kaca mobil, mata kita sebagai pengemudi akan terkena angin kencang dan kotoran, kotoran itu bisa masuk ke dalam kabin mobil juga. Meski kaca mobil itu punya material yang bagus dan kuat, tapi kaca mobil bisa saja rusak atau pecah, karena waktu dari
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Depok dan Bogor

Februari 26, 2024
Warga Depok dan Bogor mana suaranya? Teruntuk kamu yang pengen beli mobil bekas berkualitas, bang min saranin kamu beli di showroom mobil bekas Otospector aja ya. Kamu bisa dapetin mobil yang sudah di inspeksi dan bergaransi. Tapi kalau kamu bingung dimana aja sih dealer rekanan Otospector yang ada di Depok atau Bogor? Cek aja di
Baca Lebih Lanjut

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut