Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
By Getan Metodius
Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran-otospector

Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang ingin menggunakan kendaraan pribadi. Ini emang paling asik Otofriends, kalau bawa mobil misalnya, kita bisa leluasa di kampung kalau mau keliling sama keluarga.

Tapi kamu perlu perhatikan kalau mau mudik membawa mobil pribadi atau nyetir sendiri. Pertama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi mobil, kondisi kamu sendiri sampai harus menentukan waktu untuk istirahat sejenak. Ini rekomendasi waktu istirahat mudik.

#1: Tentukan rest area untuk beristirahat.

rest area

Sumber: Gridoto

Saat ingin memutuskan mudik pakai mobil, kamu kan nyetir sendiri tuh, kamu diharuskan mengetahui dan sudah mulai merencanakan rest area mana yang akan kamu sambangi. Dengan kamu sudah memperkirakan rest area mana, kamu sudah bisa mengukur nih, dari rumah sampai ke sana butuh berapa jam.

Jika ancang-ancang waktu udah diketahui, selama masa perjalanan kamu bisa gunakan dengan baik dan harus fokus pada rentang jam perjalanan tersebut.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Uji Coba Pembayaran Tol Tanpa Kartu 2024  

#2: Berpatokan pada durasi mengemudi.

mudik

Sumber: Beritajateng

Satu anjuran terbaik yang bang min bisa sampaikan ialah ketika kamu menentukan waktu istirahat itu berpatokanlah pada durasi jam kamu mengemudi, bukan dari jarak tempuh perjalanan yang udah kamu lalui.

Seperti yang dikutip Kompas, kita sebagai manusia pasti punya titik capeknya, sekuat-kuatnya badan kamu dari awal berangkat, pasti ada waktu lelahnya otofriends. Mulai dari jenuh sampai faktor kelelahan, ini yang membuat kamu harus istirahat, supaya kondisi badan kembali segar dan mudik ke kampung lebih aman.

Rekomendasi dari Korlantas Polri seperti dikutip dari Kompas, pola atau sistem istirahat terbaik ketika mudik adalah pakai rumus 4:1, artinya begini, ketika udah berkendara 120 menit, kamu perlu istirahat 30 menit.

Pola ini juga udah dianjurkan oleh sekolah-sekolah mengemudi, dan sangat bagus dan bertujuan untuk kebugaran tubuh tetap bagus untuk untuk menghilangkan lelah. Kamu juga harus tahu posisi rest area jalan tol supaya bisa ancang-ancang istirahat.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

#3: Bawalah makanan dan siapkan hiburan.

hiburan di mobil

Sumber: Sindonews

Jika diri kamu tidak kuat berpuasa saat mudik nanti, jangan dipaksakan, makan dan minumlah untuk menjaga fokus kamu jika diperlukan. Ditambah lagi, namanya orang nyetir lama, itu bisa aja bosen loh, siapin juga amunisi seperti musik seru yang bisa kamu dengarkan, atau bisa dengarkan dialog podcast yang seru dan bikin otak kamu stabil dan tidak jenuh.

Jika perlu pastikan penumpang kiri bisa membantu kamu menjaga fokus seperti mengajak ngobrol sampai diskusi, ini perlu, apalagi jika kita sudah mulai Lelah dan butuh diingatkan untuk istirahat. Karena jika sudah sampai 120 menit, kita harus istirahat, kalau kita lupa, penumpang sebelah bisa membantu mengingatkan.

Jika lalu lintas yang kamu lalui itu padat atau macet, tetap usahakan istirahat maksimal setelah kamu nyetir dua jam perjalanan ya.

Kesimpulan:

Gimana nggak bingung kan waktu istirahat saat mudik nanti? Perjalanan jarak jauh perlu istirahat yang seimbang, biar mudik kamu di April 2024 ini nyaman otofriends.

Yuk jaga kondisi tubuh saat mudik pakai mobil pribadi nanti, supaya pulkam jadi lebih aman dan nyaman. Jika kamu mau beli mobil bekas untuk mudik, usahakan kamu mengeceknya dari luar sampai dalam, karena pengecekan menyeluruh itu penting sampai ke dokumen dan test drive biar nggak salah beli mobil.

Disarankan kamu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan layanan Otospector ini, kamu bisa menentukan mobil bekas mana yang masih sehat dan patut kamu beli untuk mudik ke kampung nanti, yuk inspeksi mobil dengan Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut

5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Maret 12, 2024
Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik. Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun
Baca Lebih Lanjut