4 Tips Wajib Sebelum Membeli Mobil Sport Bekas

Januari 30, 2018
By jandika
4 Tips Wajib Sebelum Membeli Mobil Sport Bekas-otospector

Keren dan juga penuh tenaga di jalan raya, siapa yang tidak ingin punya mobil sport? Biarpun banyak yang suka, tidak semua orang bisa membelinya karena harga yang sangat mahal. Bagi beberapa orang, solusinya adalah membeli mobil sport bekas.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada mobil yang diinginkan, tentu Anda akan melakukan riset pencarian terlebih dulu bukan? Jangan lupa, di sela-sela proses tersebut lakukan juga beberapa tips di bawah ini!

#1: Kelengkapan Surat Mobil

BPKB

Saat akan membeli mobil sport bekas, pastikan bahwa surat-surat kelengkapan seperti STNK dan BPKB berada di tangan sang penjual. Jangan sampai mobil pilihan Anda memiliki masalah legalitas. Bila tidak ada surat yang sah, tidak ada yang dapat menjamin apakah mobil tersebut barang selundupan atau bukan.

Baca Juga: Dokumen yang Diperlukan Saat Transaksi Jual Beli Mobil Bekas

Umumnya mobil sport yang tidak dilengkapi surat sah atau bodong, dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Dalihnya, harga murah tersebut diberikan sebagai diskon. Anda patut curiga apabila ada yang menawarkan mobil demikian!

#2: Ketahui Masalah yang Sering Muncul

Masalah Pada Aki

Sama seperti mobil pada umumnya, beberapa mobil sport ternyata mempunyai kelemahan nya masing-masing, oleh karena itu lakukan riset secara mendalam sebelum memilih mobil sport bekas idaman Anda.

Contohnya, ada beberapa mobil sport kelas premium yang kerap bermasalah pada aki. Mengapa demikian? Hal ini berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil yang sudah menggunakan teknologi komputer. Teknologi yang dimilikinya membuat mobil-mobil jenis ini membutuhkan stand by power agar sistem listrik bisa menyala, sedangkan mobil sport pada umumnya jarang digunakan.

#3: Mobil Sport Bekas Eropa VS Jepang

Mobil Sport Jepang

Pabrikan mobil sport yang akan Anda beli juga ternyata wajib dijadikan salah satu faktor pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan, lho! Mobil merek Jepang umumnya tidak banyak masalah saat digunakan di Indonesia karena kondisi wilayah dan iklim yang cukup mirip.

Beda dengan merek Eropa, mobil dari wilayah ini umumnya dibuat dan disesuaikan dengan wilayah beriklim dingin. Itu mengapa, salah satu masalah yang kerap muncul adalah mudah rusaknya komponen bermaterial karet akibat suhu panas Indonesia.

Selain itu, mobil Eropa memang lebih banyak disukai karena desain yang lebih berkelas dan durabilitasnya. Akan tetapi, layanan purna jual mobil-mobil tersebut cukup ribet dibandingkan mobil pabrikan Jepang. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh jarangnya kehadiran bengkel resmi mobil Eropa di Indonesia.

#4: Wajib Test Drive

Test Drive

Pemilik mobil sport kerap mengetes kecepatan kendaraan yang dimilikinya di jalan raya. Bisa saja ketika melakukan hal tersebut, mobil yang dipacu dengan kecepatan sangat tinggi mengalami tabrakan. Akibatnya, performa serta kualitasnya pun jadi sangat menurun bahkan mungkin tak layak pakai lagi.

Biarpun mobil sport bekas pilihan Anda tampak baik, lakukan pengecekan dengan cara test drive. Hal ini merupakan cara yang lumrah untuk meyakinkan diri apakah mobil tersebut benar-benar dalam kondisi baik atau tidak.

Baca Juga: Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Semoga ulasan tips di atas bermanfaat untuk Anda! Agar Anda tidak salah pilih, gunakan jasa inspeksi mobil bekas independen dan profesional seperti OtoSpector, sebelum Anda membeli mobil sport bekas idaman Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih! Mobil Bekas Harga 50 Jutaan Update 2024

Januari 12, 2024
Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil. Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta
Baca Lebih Lanjut

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut