Download Aplikasi OTOS
Install

Tidak Disangka-sangka, Inilah Tanda Baterai EV Menurun Kualitasnya

September 11, 2025
By Thomas W
Tidak Disangka-sangka, Inilah Tanda Baterai EV Menurun Kualitasnya-otospector

Tanda baterai EV menurun kualitasnya memang tidak terlihat secara fisik. Tetapi pemilik bisa merasakan. Apalagi kalau sehari-hari EV tersebut adalah kendaraan pegangan-nya.

Penurunan kualitas baterai sebenarnya wajar-wajar saja. Apalagi kalau EV sudah berumur lebih dari 5 tahun dan jadi kendaraan sehari-hari.

Selain itu ada faktor lain yang bikin baterai EV turun kualitasnya, seperti perlakuan terhadap baterai saat pemakaian kendaraan sehari-hari.

Sebenarnya teknologi EV saat ini sudah cukup canggih untuk mendeteksi masalah, termasuk masalah pada baterai. Tetapi sebagai pemilik tidak ada salahnya pemilik mobil peka terhadap hal-hal yang tidak beres.

Apa saja tanda baterai EV menurun kualitasnya? Simak ini ya, Gaess!

#1: Penurunan Daya Jejah

Penurunan daya jelajah

Sumber: The Conversation

Gejala pertama ini, adalah yang paling umum terjadi dari tanda baterai EV menurun kualitasnya.  

Pengemudi merasakan, daya jelajah kendaraan sudah menurun atau tidak seperti dulu lagi, padahal baterai sudah diisi penuh.

Penyebabnya karena ada ketidakseimbangan daya di dalam sel baterai. Bisa karena baterai mengalami bocor internal atau salah satu modul ada yang rusak fisiknya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Penurunan Performa

Penurunan performa

Sumber: Kompas.com

Pengemudi merasakan penurunan akselerasi. Kalau pengemudi sudah mengenal karakter mobilnya, maka akan semakin mudah terdeteksi.

Kendaraan juga akan berkurang tenaganya, terutama saat membawa beban berat. Istilah bengkelnya, tenaga boyo.

Penyebabnya sama dengan poin pertama yakni ketidakseimbangan daya pada sel baterai. Tetapi kondisi kedua ini biasanya terjadi pada kasus degradasi parah.  

Ketika kondisi pada poin 1 dan 2 terjadi, pengisian baterai bisa lebih lama dari biasanya. Bisa juga baterai malah tidak kunjung terisi penuh, terutama saat fast charging.

Baca juga: Mobil Listrik Murah Harga 200 Juta – 500 Juta Jadi Primadona, Ini Dia Pilihannya

#3: Ada Aroma Menyengat Atau Timbul Panas

Ada aroma menyengat atau timbul panas

Sumber: RAC

Aroma atau bau kimia menyengat biasanya muncul dari baterai lithium-ion yang bermasalah. Aromanya mirip-mirip logam terbakar.

Kondisi ini bisa jadi pertanda adanya reaksi kimia yang tidak wajar, akibat baterai bocor.  

Gejala lain bisa berupa munculnya panas berlebihan di komponen sekitar baterai. Panas bisa muncul bahkan di saat mobil tidak dipakai intensif.

Jika muncul panas yang tidak biasa di bagian bawah mobil, lantai kabin, atau area bagasi, bisa jadi penyebabnya sistem pendingin yang sudah tidak bisa menstablikan suhu.

Jadi ingat, kalau ada aroma tidak wajar, bisa jadi ini tanda baterai EV menurun kualitasnya

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Adanya Peringatan dan Perubahan Indikator Baterai

Adanya Peringatan dan Perubahan Indikator Baterai

Sumber: BYD

Tanda baterai EV menurun kualitasnya memang hanya bisa dirasakan. Kalau pengemudi kurang peka, bisa saja tidak disadari.

Namun jangan khawatir, karena pada dasarnya, Battery Management System (BMS) akan kasih  peringatan dini kalau ada hal-hal tak wajar.

Kondisi itu misalnya lonjakan arus, suhu tidak normal, atau ketidakseimbangan antar sel.

Biasanya akan muncul peringatan: “Battery Fault,” “High Voltage Error,” atau “Service Battery System.”

Indikator baterai yang tiba-tiba berubah secara acak juga patut diwaspadai.

Contoh, persentase daya baterai yang melonjak atau menurun tanpa alasan.

Kondisi ini menandakan ada bagian baterai yang tidak bekerja normal akibat kebocoran atau kerusakan.

Baca juga: Rahasia Electric Power Steering Kenapa Mobil Modern Memilih Teknologi Ini?

Berapa usia baterai EV sebelum akhirnya kapasitas menurun?

Secara teori, usia baterai mobil listrik sangat panjang. Mayoritas umumnya antara 10 tahun – 20 tahun. Bisa juga lebih.

Para produsen mobil listrik juga ada yang berani memberi garansi baterai yang cukup panjang yaitu sampai 8 tahun. Artinya sampai usia segitu, baterai belum akan turun kapasitasnya. Tentu sebelum memberi garansi, pabrikan sudah memperhitungkan matang-matang.

Sebelum membeli, Otofriends juga harus memastikan kondisi mobil bekas dengan memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Biar semakin aman, sekalian juga dapatkan garansi mobil bekas dari Otospector yang menjamin mobil kerusakan saat pemakaian sehari-hari nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Top Banget! Ini Mobil Bekas Jakarta Di Bawah 50 Juta

Juni 07, 2025
Mobil bekas Jakarta di bawah 50 juta apa saja sih? Bikin penasaran aja. Soalnya di zaman perekonomian yang sedang kurang baik seperti hari ini, mobil-mobil dengan harga ekonomis, bakal diserbu oleh konsumen. Maklum, beli mobil baru, tidak ada modalnya. Tetapi jangan asal pilih mobil bekas ya, Otofriends! Sebaiknya, sebelum dibeli, diteliti kondisinya pakai jasa inspeksi
Baca Lebih Lanjut

Banyak Pilihan Mobil Bekas Di Semarang Di Bawah 30 Juta

Juni 06, 2025
Mobil bekas di semarang di bawah 30 jutaan, kayak apa bentuknya? Jangan heran kalau ada yang bertanya begitu, mengingat mobil-mobil bekas dengan harga yang miring banget begitu, kondisi biasanya “seadanya”. Rata-rata dianggap banyak masalah, terutama di sektor mesin dan kelistrikan. Padahal kenyataan tidak selamanya begitu. Mobil-mobil yang usianya sudah di atas 20 tahunan, ada sebagian
Baca Lebih Lanjut

Jangan Salah, Ini Tanda V Belt Mobil Perlu Diganti

Juni 04, 2025
Selain pergantian berkala, ada beberapa tanda v belt mobil perlu diganti. Tanda-tanda itu umumnya terkait dengan kinerja dari v belt serta kondisi v belt yang sudah tidak layak atau aus. Dalam kondisi normal, v belt punya batas usia pakai. Idealnya, setiap jarak tempuh 20.000 km – 40.000 km sekali, harus diganti. Coba deh, dibaca buku
Baca Lebih Lanjut