Ternyata Ini Yang Bikin Mobil Kamu Gagal Nanjak

Juli 14, 2024
By Thomas W
Ternyata Ini Yang Bikin Mobil Kamu Gagal Nanjak-otospector

Saat berada di daerah yang tinggi atau perbukitan, kadang kita menemui mobil gagal nanjak. Akibatnya dalam keadaan sedang menanjak itu, tentu pengemudi bakal repot menguasai keadaan. Apalagi jika kondisi di sekitar tidak memungkinkan, seperti jalan sempit, ramai kendaraan, atau jalurnya terlalu curam.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ada yang bilang, ada mobil-mobil tertentu yang memang dari sono-nya sudah sering gagal nanjak, terutama mobil-mobil Front Wheel Drive. Padahal, kenyataannya tidak selalu begitu. Memang ada kondisi-kondisi tertentu yang bikin mobil sulit menaklukkan tanjakan, terutama jika komponennya bermasalah. Jadi, tidak selalu tergantung pada sistem penggeraknya; apakah menggunakan roda depan atau roda belakang.  

Faktor apa saja yang bisa bikin mobil gagal nanjak? Yuk, kita kupas di bawah ini:

#1: Permasalahan Bahan Bakar

Filter bensin

Sumber: Wuling.id

Dimulai dari filter bahan bakar, jika fungsi penyaringannya tidak baik dan ada kotoran di dalamnya, maka endapan dari tangki  akan menumpuk dan menyumbat filter, membatasi aliran bahan bakar. 

Faktor kualitas bahan bakar juga berpengaruh. Terutama jika jenisnya tidak mendukung mobil untuk bisa bertenaga lebih kuat di tanjakan. 

Pilihannya bisa dengan menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas. Tetapi ingat, tetap memperhatikan kebutuhan oktannya, ya! 

Baca juga: Apa Saja Pemicu Aquaplaning Mobil?

#2: Adanya Sumbatan Pada Area Knalpot 

Catalytic converter

Sumber: Cars.com

Knalpot dan catalytic converter memang saling menunjang serta berhubungan. 

Keduanya berfungsi sebagai filter untuk emisi berbahaya dan bunyi. Knalpot mengurangi kebisingan dan catalytic converter mengurangi polusi knalpot. 

Jika salah satu dari filter ini tersumbat, maka tenaga dan kemampuan mesin untuk berakselerasi bisa terhambat.Karena itu pastikan keduanya berfungsi optimal.  

#3: Tersumbatnya Filter Udara

Filter udara

Sumber: Momobil.id

Untuk dapat bekerja optimal, mesin butuh bahan bakar yang bersih serta udara untuk dicampur. Di area itu terdapat filter yang berfungsi mencegah kotoran masuk ke ruang bakar internal. 

Jika filter udara tersumbat, maka mesin tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk pembakaran bahan bakar yang optimal. 

Akibat kondisi itu, tenaga dan akselerasi berkurang. Mesin tidak dapat menghasilkan tenaga penuh tanpa oksigen yang cukup, sehingga tarikan dan akselerasi mobil terasa lemah.

#4: Adanya Sumbatan Pada Injektor Bahan Bakar

Injektor bahan bakar

Sumber: Astra Daihatsu

Injektor bahan bakar berfungsi menembakkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin dengan tekanan yang tepat dan pola yang terkontrol. Hasilnya adalah pembakaran yang efisien dan optimal.

Kalau injektor sampai tersumbat, akibatnya pola semprotan bahkan kemampuannya dalam menyemprotkan bahan bakar, bakal terganggu. 

Malah kalau injektor sampai berhenti berfungsi, tidak akan ada bahan bakar yang akan mencapai ruang bakar. Begitu juga tidak akan ada daya yang dihasilkan pada langkah pembakaran itu.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Busi Tidak Berfungsi Optimal

Sumber: Auto 2000

Di dalam sistem pembakaran, busi berfungsi menciptakan percikan api yang membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Jika busi tidak berfungsi optimal atau tidak terjadi percikan, maka tidak ada pembakaran di dalam silinder. 

Kondisi ini disebut misfire yakni siklus pembakaran sia-sia di mana tidak ada daya yang dihasilkan, sehingga mesin tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk beroperasi. Akibatnya mobil gagal nanjak. 

Baca juga: Indikasi Freon AC Mobil Habis

Apakah mobil dengan sistem penggerak roda depan lebih sering gagal nanjak?

Dalam kenyataan di lapangan, mobil-mobil dengan sistem penggerak roda depan memang lebih sering gagal nanjak, jika dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang. Akan tetapi mobil gagal nanjak sebenarnya banyak faktornya. Terutama masalah kesehatan mesin dan kemampuan pengemudi.

Untuk memastikan kesehatan mesin mobil bekas, memanfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk memastikan mobil pilihan Otofriends, bebas dari masalah.

Dengan inspeksi mobil yang mendetail pada 150 titik, Otofriends dapat mengetahui secara pasti kondisi mobil secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Mei 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut

Catat, 4 Rekomendasi Mobil Sunroof 100 Jutaan

Mei 10, 2024
Membeli mobil pasti bikin kita senang, pertama dari sisi mobilitas lebih efektif bisa membawa banyak barang dan juga penumpang, lalu bisa menambah gengsi, apalagi mobil-mobil yang kita punya merupakan mobil keren. Otofriends tahu kalau mobil dengan sunroof merupakan mobil impian untuk sebagian orang, karena elegan dan trendi, mobil ini punya peminat yang juga tidak kalah
Baca Lebih Lanjut

Arti dan Fungsi dari Lampu Hazard di Mobil

Mei 10, 2024
Hallo Otofriends, kamu tahu nggak nih apa sih sebetulnya arti serta fungsi dari lampu hazard? Kita bahas lebih detail yuk disini. Adanya lampu hazard di setiap mobil sudah pasti banyak sekali manfaatnya untuk kita sebagai pengemudi. Lampu peringatan darurat atau lampu hazard merupakan komponen yang sangat penting yang ada di kendaraan, karena dapat membantu untuk
Baca Lebih Lanjut