Download Aplikasi OTOS
Install

Indikasi Freon AC Mobil Habis

Juli 12, 2024
By Thomas W
Indikasi Freon AC Mobil Habis-otospector

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi freon AC mobil habis. Tanda-tanda itu jelas akan dapat terlihat dan bisa dirasakan, hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa freon sudah jauh berkurang atau malah habis sama sekali.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dalam sebuah sistem AC, peran freon sangat penting sebagai sumber pendingin pada ventilasi AC. Masalahnya, kebocoran gas freon sulit terdeteksi karena freon adalah gas yang mudah menguap. Sedikit saja bocor, freon bakal langsung menguap seluruhnya sampai habis. 

Nah, apa sebenarnya indikasi freon AC mobil habis? Yuk, kita bahas satu per satu:

#1: AC Cuma Keluar Angin dan Tidak Dingin

AC mobil keluar angin

Sumber: Liputan 6

Di saat Otofriends merasa gerah dan menyalakan AC, tentu harapannya bakal langsung merasa sejuk. Karena itu kalau yang terjadi ternyata AC cuma mengembuskan udara dan terasa tidak dingin, pasti bawaannya langsung bete. Inilah salah satu indikator freon habis.

Sebenarnya kondisi ini juga menjadi tanda ada kerusakan pada komponen di salah satu sistem AC, misalnya kompresor, magnetic clutch, kipas pendingin, atau karena memang habisnya freon. 

Kalau memang ternyata penyebabnya freon habis, maka semua komponen tadi terlihat bekerja normal. Namun kalau dirasakan benar-benar, ternyata embusan anginnya tidak dingin. Nah, di situlah tanda freon sudah tidak tersisa. 

Baca juga: Gak Ada Getaran Jadi Satu Ciri AC Mobil Bekas Masih Sehat

#2: Kompresor AC Tidak Berhenti Bekerja

kompresor ac

Sumber: Mobilmo

Normalnya, magnetic clutch mulai menyala ketika saklar AC dinyalakan. Dan setelah beberapa saat, magnetic clutch akan berhenti bekerja setelah tekanan freon sudah maksimal. 

Nah, jika ternyata magnetic clutch tidak berhenti dan terus-terusan bekerja, kondisi ini bisa menjadi indikasi freon AC habis. 

Magnetic clutch yang tidak berhenti bekerja disebabkan oleh freon yang habis menyebabkan selang AC dipenuhi udara. Dibandingkan udara, freon akan lebih mudah dikompresi, sehingga tekanan udara pada selang high pressure pun tidak bisa sampai maksimal. Akibatnya pressure switch tidak bisa memutuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai maksimal. 

Sifat udara ini berbeda dengan freon yang lebih padat, di mana adanya tekanan sedikit saja akan menyebabkan tekanan naik.

 #3: Tidak Ada Freon di Lubang Intip 

lubang intip freon

Sumber: Priuschat

Jika Otofriends menemukan dua gejala pada poin 1 dan 2, maka biasanya kita akan turun dan membuka kap mesin untuk mengecek sirkulasi AC. 

Kita akan mengecek lewat lubang intip (sight glass) yang ada pada dryer atau filter freon untuk melihat sirkulasi freon dalam sistem AC.

Pengecekan dilakukan dalam kondisi mesin dan hidup. Lalu coba lihat di lubang kaca ini. Jika freon ada, maka akan ada semacam aliran cairan.

Namun jika memang freon habis, maka di balik lubang intip tidak akan ada apa-apa yang mengalir. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Selang Low Pressure AC Tidak Berembun

pipa ac mobil

Sumber: Lifepal

Coba perhatikan selang-selang AC mobil, di mana ada dua selang yang berasal dari kompresor. Pertama, selang high pressure dengan bentuk yang lebih kecil mengarah dari kompresor menuju kondensor.

Lalu kedua, ada juga selang low pressure dengan bentuk yang lebih besar mengarah dari evaporator (di dalam kabin) menuju kompresor.

Jika AC dihidupkan normal, biasanya akan terbentuk embun pada selang low pressure. Embun muncul karena ada perbedaan suhu di dalam selang low pressure dengan suhu mesin. 

Kalau embun pada selang tidak muncul atau tidak terbentuk embun, maka freon dipastikan habis. 

Tapi kalau tidak terbentuk embun, atau kalau Sahabat raba tidak terasa dingin, berarti freon habis.

Baca juga: Harga Mobil Suzuki Ertiga Bekas Dibawah 100 Juta

Apakah perlu melakukan perawatan AC setelah kita membeli mobil bekas?

Sistem AC adalah salah satu komponen dari mobil yang berhubungan dengan kesehatan pemakai mobilnya. Jadi, jangan disepelekan fungsi AC dalam kaitannya dengan kesehatan, apalagi sampai tidak pernah dirawat.

Setelah Otofriends membeli sebuah mobil bekas, sebaiknya sistem AC dirawat dengan cara dibersihkan agar segala kotoran dan bibit penyakit bisa dibersihkan.

Sedangkan untuk mengetahui fungsi AC, memanfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk memastikan mobil pilihan Otofriends, bebas dari masalah.

Dengan inspeksi mobil yang mendetail pada 150 titik, Otofriends dapat mengetahui secara pasti kondisi mobil secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Habis Mudik Cek Komponen Mobil Ini Guys

April 08, 2025
Wah, musim libur Lebaran 2025 telah usai ya, dan pasti otofriends sudah kembali beraktivitas seperti biasanya. Alangka baiknya mobil yang sudah digunakan waktu perjalanan yang sangat panjang untuk mudik, dilakukan pemeriksaan kembali.  Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa komponen mobil agar tetap prima, dan tetap aman digunakan dalam mobilitas sehari-hari.  Berikut ini ada beberapa
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ada Pelat Nomor Warna Hijau, Bagaimana Aturannya?

April 07, 2025
Merasa sudah bertahun-tahun berkendara, sebagian besar pengguna jalan pasti bakalan heran juga kalau melihat pelat nomor warna hijau. Pelat jenis apa pula ini? Sebagai mana kita tahu, pelat nomor yang selama ini kita tahu adalah pelat warna dasar putih (kendaraan pribadi), merah (dinas pemerintah), atau kuning (angkutan umum). Tetapi ternyata ada juga yang warnanya hijau.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Avanza Bekas 80 Jutaan Dapatnya Tipe Ini

April 04, 2025
Mobil Avanza bekas 80 jutaan sering jadi kata kunci penting dalam mencari Toyota Avanza di pasaran mobil bekas. Maklum, sejak dipasarkan pertama kali pada  tahun 2003, mobil ini memang masih menjadi favoritnya para peminat mobil bekas. Populasinya yang sangat banyak, sudah terjual lebih dari 1 juta unit, jadi satu bukti tak terbantahkan akan kepercayaan konsumen
Baca Lebih Lanjut