Kenali 7 Penyebab Tarikan Mobil Berat

Februari 28, 2022
By Thomas W
Kenali 7 Penyebab Tarikan Mobil Berat-otospector

Tarikan mobil berat bisa terjadi pada berbagai jenis mobil, baik lama maupun baru. Pemakai biasanya merasakannya seperti gangguan yang berasal dari mesin. Padahal banyak faktor yang jadi penyebabnya.

Tentu saja faktor penyebab paling utama adalah perawatan. Jika lalai merawat dan memeriksa mobil dengan prosedur yang benar, akan ada bagian-bagian yang terlewat dan menjadi potensi gangguan saat di jalan.

Berikut mari kita lihat 7 penyebab tarikan mobil berat saat digunakan:

#1: Gangguan Pada Bearing Roda

Bearing Mobil

Fungsi bearing roda adalah sebagai bantalan roda kepada steering knuckle. Fungsi ini bisa terganggu akibat pelumasan yang sudah tidak bekerja optimal. Akibatnya roda terasa seret, beban mobil jadi berat.

Otofriends akan merasa mendengar suara tidak lazim saat mobil berjalan hingga timbul ketidaknyamanan. Solusinya cukup memperbaiki dan mengontrol pelumasan.

#2: Masalah Pada Transmisi

Transmisi Matic

Proses kerja transmisi bisa terhambat antara lain karena salah satu plat gigi tiba-tiba terimpit. Bisa juga karena saling menempel. Otofriends merasakannya seperti posisi gigi yang tetap bertahan walau sudah dicoba dipindahkan.

Persoalan ini biasanya terkait dengan oli mobil / oli transmisi, ditandai raungan bunyi mesin namun tenaga mobil tidak bertambah. Kasus semacam ini harus ditangani mekanik yang paham transmisi.

Aplikasi OTOS jual mobil bekas

Baca juga: Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

#3: Kampas Kopling Menipis

Tips Cara Merawat Kopling

Tipisnya kampas kopling akan membuat cengkraman terhadap flywheel jadi kurang kuat. Masalah ini bisa terjadi baik di transmisi manual mapun matik. Hanya saja, gejala berbeda.

Pada transmisi manual, menipisnya kampas membuat fungsi kampas ganda kopling jadi selip. Tarikan berat. Bisa juga terasa seperti ada getaran dari bawah saat mobil sedang berjalan.

Solusinya ganti plat kopling sesegera mungkin agar masalah tidak merembet ke kerusakan flywheel dan pressure plate.

#4: Rem Mencengkeram Terlalu Kuat

Disc Brake

Semestinya cengkeraman rem memang harus kuat. Tapi kalau terlalu rapat, bikin mobil terasa berat.

Biasanya masalah ini terjadi pada rem jenis tromol yang  penyetelannya terlalu kuat. Solusinya tinggal setel ulang rem sehingga agak longgar.  

#5: Catalytic Converter Mampet

Kenali 7 Penyebab Tarikan Mobil Berat

Catalytic Converter berfungsi mengubah gas buang yang beracun jadi tidak polutif. Cara kerjanya dengan menyerap gas polutan hasil pembakaran mesin.

Masalahnya kalau komponen ini jarang dirawat, maka sisa polutan akan mengerak. Kerak lama kelamaan akan menutup rongga katalis dan gas buang mampet. RPM akan sulit mencapai maksimum gara-gara kondisi ini.

#6: Masalah Pada AC

Suzuki Ignis Bekas, Harganya Sudah Semurah Ini

Meski tidak terkait langsung dengan mesin, AC juga bisa bikin tarikan mobil berat. Masalahnya ada pada sisi sirkulasi AC yang tidak lancar. Akibatnya tenaga mesin jadi turun. Biasanya masalah ini ditandai dengan suhu AC yang tidak sedingin biasanya.

#7:  Turbo Vane Macet

Ini Dia 5 Penyebab Mesin Diesel Jadi Kurang Tenaga

Pada mesin diesel, turbo penting untuk mendongkrak torsi serta power mesin. Di dalam sistem ini terdapat turbo vane yang berfungsi menjaga katup untuk mengatur boosting udara dari turbo.

Namun jika katup tertutup terus menerus, aliran udara ke mesin juga tertutup. Akibatnya RPM tidak maksimal walau gas sudah ditekan secara penuh. Tarikan mobil akan terasa berat.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pahami Servis Berkala Mobil Yang Wajib Dan Biayanya

Bagaimana memastikan penyebab tarikan mobil berat pada mobil bekas yang akan dibeli?

Mobil-mobil bekas yang hendak dibeli sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kondisi dan kelayakannya. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan mekanik atau inspektor yang berpengalaman.

Jika Otofriends butuh pemeriksaan kelayakan mobil bekas, maka silakan memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Selain bekerja dengan prosedur yang ketat dan cermat, para inspektor juga bekerja secara profesional dan independen. Hasil pengecekan akan menggambarkan kondisi mobil bekas secara keseluruhan, sehingga menjadi informasi berharga bagi calon pembeli mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mulai 250jt Harga Toyota Fortuner Bekas Per 2024

Januari 08, 2024
Toyota Fortuner adalah mobil SUV yang menjadi salah satu mobil favorit konsumen di Indonesia. Selain karena performanya yang tangguh, penampilan keren, fitur lengkap, mobil ini juga menyandang brand Toyota yang sudah banyak dipercaya. Ga heran, kalau harga Fortuner bekas masih relatif stabil. Toyota Fortuner dijual dalam kondisi bekas di Indonesia sangat diburu, kamu salah satunya
Baca Lebih Lanjut

Mobil MPV Gacor Paling Laris di Tahun 2024

Januari 06, 2024
Sini-sini yang penasaran sama MPV terlaris 2023 merapat, kita bakal cari tahu mobil-mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle MPV mana sih yang paling banyak dibeli. Data ini sebetulnya sampai bulan Oktober 2023, setidaknya selama tahun 2023 ini kita bisa membayangkan mobil mana yang banyak di buru oleh kamu para pencinta otomotif di tanah air. Sudah
Baca Lebih Lanjut

Dari Katulampa Sampai Bukit Pelangi, Ini Jalan Alternatif Ke Puncak Naik Mobil

Januari 06, 2024
Puncak emang salah satu tempat terbaik buat orang yang tinggal di Jakarta, Tangerang, Bekasi atau Depok untuk liburan. Untuk sekedar melepas penat, biasanya Sabtu dan Minggu itu Puncak padat dengan kendaraan dari luar Bogor Jawa Barat. Banyak yang ke Puncak Bogor untuk menikmati pemandangan. Mungkin otofriends salah satunya ya? Biasanya kita melewati jalur utama puncak,
Baca Lebih Lanjut