Sistem Kelistrikan Yang Harus Anda Kenali

September 08, 2023
By Thomas W
Sistem Kelistrikan Yang Harus Anda Kenali-otospector

Salah satu sistem vital dalam kendaraan yang mungkin jarang dipahami oleh orang awam adalah sistem kelistrikan. Maklum, sistem ini begitu rumit dengan berbagai komponen yang tidak sederhana. Jika timbul masalah, maka penanganannya butuh keahlian dan ketelatenan tersendiri.

Meski biasa ditangani oleh mekanik, namun tidak ada salahnya pemilik kendaraan mengetahui sedikit berbagai komponen yang menunjang fungsi kelistrikan. Sekadar sebagai bahan pengetahuan, sehingga mampu mengidentifikasi persoalan, seandainya suatu kali ada problem.

#1: Supply Arus

Aki Mobil

Bisa disebut sebagai komponen paling penting, karena memberikan suplai arus listrik untuk menghidupkan sistem kelistrikan lainnya. Antara lain kita mengenalnya sebagai baterai (aki) dan alternator. Baterai biasanya menyuplai arus sebesar 12 V, sedangkan alternator menyuplai tegangan sampai 14 V.

#2: Input

Sistem AC Mobil

Fungsi komponen ini adalah untuk mendeteksi kerja sistem, apakah aktif atau tidak aktif. Orang awam mengenal namanya seperti saklar atau sensor. Otomatis, komponen ini bekerja untuk mengetahui kapan dua sistem kelistrikan tadi akan menyala (aktif).

Aplikasi OTOS Otospector

Baca juga: 4 Tips Ini Wajib Diketahui Sebelum Membeli Mobil Sport Bekas

#3: Output

Nyalakan Lampu Saat Hujan

Sebagai satu kesatuan dari sistem input, komponen output berfungsi sebagai media untuk mengaktivasi sistem kelistrikan. Kita mengenali jenis bendanya seperti lampu LED, lampu bohlam, washer pump, motor wiper, dan motor window.

#4: Kontrol

Cara Deteksi Kerusakan ECU Mobil

Sistem ini hanyalah ada pada kendaraan yang mempunyai sistem computerized analytic. Sebab mobil jenis ini menggunakan rangkaian prosesor komputer untuk menghidupkan sistem kerja mesin dan bodi. Sistem ini boleh dibilang sangat maju, karena bisa mengatifkan satu dari sekian banyak sistem pada mobil tanpa harus menggunakan input dari pengguna.

Jual Santai Otospector

#5: Wiring harnes

Kebiasaan Buruk Mesin Mobil

Kita mengenalnya sebagai rangkaian kabel. Tentu saja, fungsinya adalah untuk menyalurkan aliran listrik dari baterai ke seluruh bagian sistem elektrikal. Kabel ini sebenarnya saling berhubungan, sehingga jika ada gangguan pada satu kabel, maka kita harus menggantinya satu rangkaian. Contohnya, sistem kabel pada mesin.

Baca juga: Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Komponen Ini Wajib Ditengok.

Tidak bisa dipungkiri, sistem kelistrikan mobil mempunyai peranan yang penting pada kendaraan. Adanya gangguan, akan dapat menyebabkan fungsi beberapa komponen akan mengalami gangguan. Atau malah tidak berfungsi. Terutama untuk mobil-mobil canggih keluaran terakhir.

Karena itulah, penting untuk mengetahui kondisi dari kelistrikan pada sebuah mobil. Baik saat dalam pemakaian sehari-hari, maupun ketika akan berpindah tangan. Libatkan mekanik atau tenaga ahli yang memahaminya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut