Sistem Kelistrikan Yang Harus Anda Kenali

September 08, 2023
By Thomas W
Sistem Kelistrikan Yang Harus Anda Kenali-otospector

Salah satu sistem vital dalam kendaraan yang mungkin jarang dipahami oleh orang awam adalah sistem kelistrikan. Maklum, sistem ini begitu rumit dengan berbagai komponen yang tidak sederhana. Jika timbul masalah, maka penanganannya butuh keahlian dan ketelatenan tersendiri.

Meski biasa ditangani oleh mekanik, namun tidak ada salahnya pemilik kendaraan mengetahui sedikit berbagai komponen yang menunjang fungsi kelistrikan. Sekadar sebagai bahan pengetahuan, sehingga mampu mengidentifikasi persoalan, seandainya suatu kali ada problem.

#1: Supply Arus

Aki Mobil

Bisa disebut sebagai komponen paling penting, karena memberikan suplai arus listrik untuk menghidupkan sistem kelistrikan lainnya. Antara lain kita mengenalnya sebagai baterai (aki) dan alternator. Baterai biasanya menyuplai arus sebesar 12 V, sedangkan alternator menyuplai tegangan sampai 14 V.

#2: Input

Sistem AC Mobil

Fungsi komponen ini adalah untuk mendeteksi kerja sistem, apakah aktif atau tidak aktif. Orang awam mengenal namanya seperti saklar atau sensor. Otomatis, komponen ini bekerja untuk mengetahui kapan dua sistem kelistrikan tadi akan menyala (aktif).

Aplikasi OTOS Otospector

Baca juga: 4 Tips Ini Wajib Diketahui Sebelum Membeli Mobil Sport Bekas

#3: Output

Nyalakan Lampu Saat Hujan

Sebagai satu kesatuan dari sistem input, komponen output berfungsi sebagai media untuk mengaktivasi sistem kelistrikan. Kita mengenali jenis bendanya seperti lampu LED, lampu bohlam, washer pump, motor wiper, dan motor window.

#4: Kontrol

Cara Deteksi Kerusakan ECU Mobil

Sistem ini hanyalah ada pada kendaraan yang mempunyai sistem computerized analytic. Sebab mobil jenis ini menggunakan rangkaian prosesor komputer untuk menghidupkan sistem kerja mesin dan bodi. Sistem ini boleh dibilang sangat maju, karena bisa mengatifkan satu dari sekian banyak sistem pada mobil tanpa harus menggunakan input dari pengguna.

Jual Santai Otospector

#5: Wiring harnes

Kebiasaan Buruk Mesin Mobil

Kita mengenalnya sebagai rangkaian kabel. Tentu saja, fungsinya adalah untuk menyalurkan aliran listrik dari baterai ke seluruh bagian sistem elektrikal. Kabel ini sebenarnya saling berhubungan, sehingga jika ada gangguan pada satu kabel, maka kita harus menggantinya satu rangkaian. Contohnya, sistem kabel pada mesin.

Baca juga: Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Komponen Ini Wajib Ditengok.

Tidak bisa dipungkiri, sistem kelistrikan mobil mempunyai peranan yang penting pada kendaraan. Adanya gangguan, akan dapat menyebabkan fungsi beberapa komponen akan mengalami gangguan. Atau malah tidak berfungsi. Terutama untuk mobil-mobil canggih keluaran terakhir.

Karena itulah, penting untuk mengetahui kondisi dari kelistrikan pada sebuah mobil. Baik saat dalam pemakaian sehari-hari, maupun ketika akan berpindah tangan. Libatkan mekanik atau tenaga ahli yang memahaminya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

Maret 26, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut