Simak Dulu Manfaat Modifikasi Mobil Ceper

Juni 16, 2023
By Thomas W
Simak Dulu Manfaat Modifikasi Mobil Ceper-otospector

Modifikasi mobil dengan ground clearance rendah atau biasa disebut mobil ceper adalah salah satu ciri khas dari para pecinta otomotif. Banyak pemilik mobil yang memodifikasi mobil mereka dengan menurunkan ketinggian bodi mobil agar terlihat lebih sporty dan keren. Bahkan tak jarang ada yang membeli mobil khusus untuk dimodifikasi seperti ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Namun, modifikasi mobil ceper juga memiliki kelebihan dan kekurangannya yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membuat mobil Otofriends menjadi ceper. Yuk, kita pahami satu per satu!

Kelebihan Mobil Ceper

#1: Mengurangi Hambatan Udara

Modifikasi Mobil Ceper

Salah satu kelebihan mobil ceper adalah mengurangi hambatan udara atau drag yang dialami oleh mobil saat berjalan di jalan raya. Hambatan udara adalah gaya yang menentang gerak mobil dan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan kecepatan maksimal mobil. Semakin rendah ground clearance mobil, semakin kecil hambatan udara yang dialami.

Hal ini dapat dilihat dari nilai coefficient of drag (Cd) koefisien hambatan, yang menunjukkan seberapa aerodinamis suatu kendaraan. Mobil ceper biasanya memiliki nilai Cd yang lebih rendah dibandingkan mobil standar.

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Kita Tahu Tentang Shockbreaker Mobil

#2: Cenderung Lebih Stabil

Modifikasi Mobil Ceper

Selain itu, mobil ceper juga memiliki keunggulan dalam hal handling atau kemampuan mengendalikan mobil. Mobil ceper cenderung lebih stabil dan mencengkram aspal lebih baik karena pusat gravitasi yang lebih rendah dan distribusi berat yang lebih seimbang.

Hal ini membuat mobil ceper lebih mudah bermanuver dan melaju di tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa terjadi oversteer atau understeer.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Kekurangan Mobil Ceper

#1: Ada Risiko Kerusakan

Modifikasi Mobil Ceper

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, modifikasi mobil ceper juga memiliki kekurangan yang tidak bisa diabaikan. Salah satunya adalah risiko mengalami kerusakan pada bodi atau komponen lainnya akibat benturan dengan permukaan jalan yang tidak rata.

Mobil ceper sangat rentan terhadap jalanan berlubang atau polisi tidur yang bisa menyebabkan lecet, penyok, atau bahkan pecah pada bodi mobil. Selain itu, komponen seperti bumper, knalpot, gardan, atau tangki bensin juga bisa terkena gesekan atau benturan yang bisa merusak fungsi dan estetika mobil. Bahkan tidak mungkin akibatnya terjadi tabrakan.

#2: Menganggu Kenyamanan

Modifikasi Mobil Ceper

Selain itu, modifikasi mobil ceper juga bisa berdampak negatif pada kenyamanan berkendara bagi pengemudi dan penumpang. Mobil ceper biasanya menggunakan suspensi yang lebih keras dan ban yang lebih tipis untuk mendukung penampilan dan performa mobil. Hal ini membuat mobil ceper kurang nyaman saat melewati jalan yang bergelombang atau bergelombang karena getaran dan goncangan yang dirasakan lebih besar.

Selain itu, ban yang tipis juga lebih mudah mengalami pecah ban di jalan raya karena tekanan udara yang lebih tinggi dan gesekan yang lebih besar.

Baca juga: 5 Penyebab Suspensi Mobil Jadi Terasa Keras 

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memilih mobil bekas hasil modifikasi yang suspensinya layak?

Mobil dengan ground clearance rendah atau ceper tentu mengalami modifikasi pada sektor kaki-kaki terutama suspensi. Masalahnya pada mobil bekas, umumnya suspensi dan kaki-kaki yang sudah tidak bekerja sempurna. Problem ini terutama biasa ditemui pada mobil-mobil yang sudah di atas usia 5 tahun.

Untuk memastikan kondisi sebuah mobil bekas yang hendak dibeli, Otofriends jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan pemeriksaan menyeluruh pada lebih dari 150 titik, Otofriends akan mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil yang diinspeksi. Informasi tersebut akan sangat berguna sebagai referensi saat mengambil keputusan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Memblokir STNK 2024 Setelah Menjual Mobil

Februari 07, 2024
Jika mobil sudah dijual, Otofriends harus memblokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pembeli. Caranya cukup mudah, yang penting kamu tahu setiap wilayah memiliki caranya serta peraturan tersendiri. Selain itu, Otofriends juga dapat terhindar dari pajak progresif yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Ada dua
Baca Lebih Lanjut

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca Lebih Lanjut