Sejarah Mobil Honda Freed Sampai Disuntik di Indonesia

September 14, 2024
By Getan Metodius
Sejarah Mobil Honda Freed Sampai Disuntik di Indonesia-otospector

Menarik, sejarah Honda Freed di Indonesia sangat menarik untuk dibahas bukan, mengingat kembali kalau Honda Freed adalah mobil yang merupakan MPV serta harga nya yang sangat terjangkau. Mobil Honda ini merupakan mobil pertama yang sudah resmi dijual di Indonesia. 

Kalau menurut sejarahnya, Honda Freed diluncurkan di Tanah Air oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak Juni 2009. Pada saat itu langsung diproduksi oleh pabrik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. 

Mobil Honda Freed ini dibilang sebagai mobil untuk keluarga yang terjun di segmen LMPV 6-seater yang berdesain boxy berbasiskan Jazz GE8, dan nama Freed diambil dari sebuah singkatan, yaitu Free + Do yang mempunyai arti bebas bergerak. 

Sehingga arti dari nama tersebut diimplementasikan pada kabin yang luas dan penggunanya dapat melakukan bermacam-macam aktivitas di dalamnya. Honda Freed ini pada saat diluncurkan harga nya kisaran Rp237 jutaan sampai Rp257 jutaan.

Untuk harga baru sebuah mobil dengan harga yang tertera diatas sangatlah terjangkau, karena fitur nya sudah modern, dan mobil tersebut cocok untuk kendaraan keluarga. 

Dan ternyata Honda Freed dapat menarik perhatian sehingga pasarannya laris. Faktor lainnya untuk membuat Honda Freed laku dipasarkan karena pada saat itu Honda Freed belum ada kompetitor.

#1: Mulai 2009, Sejarah Honda Freed Dimulai.

mobil freed putih

Honda Freed sebelum dijual di Tanah Air, ternyata Honda Freed sudah terlebih dulu meluncur di negara asalnya di tahun 2008, saat itu menggantikan Honda Mobilio.

Pada saat pertama kali meluncur di Indonesia, Honda Freed menawarkan 2 tipe, yaitu tipe standar dan tipe Power Sliding Door (PSD) serta Dual SRS airbags.

Eits, walaupun sudah dilengkapi dengan PSD dan Dual SRS airbags. Ternyata tipe terbatasnya belum mendapatkan AC Double Blower lho. Honda Freed 2010 sudah dilengkapi dengan Spion dengan Pelipatan yang sudah otomatis. 

Lalu setahun kemudian setelah kemunculan pertamanya, kini PT HPM memberikan improvement kepada Honda Freed, sehingga membuat Honda Freed lebih nyaman saat digunakan. 

Pada versi updatenya mobil Honda Freed ini berhasil memberikan fitur baru, yaitu berupa spion dengan pelipatan yang sudah otomatis atau biasa dibilang dengan sebutan retractable outer mirror. 

Dan juga untuk fitur barunya Honda Freed menambahkan automatic AC yang bisa mengatur suhu pada dalam kabin secara otomatis. Wow keren bukan?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Dokumen Mobil bekas Yang Perlu Dicek Saat Jual Beli

#2: Tahun 2011 Honda Freed Meluncurkan Versi terjangkaunya

honda freed 2011

Pada sejarah kesuksesan Honda Freed masih terus berlanjut dengan seiring tingginya permintaan konsumen di Indonesia. 

Lalu tak lama kemudian setelah menci[takan improvement berupa spion dengan retractable dan juga automatic AC, pada tahun 2011 PT HPM meluncurkan Freed dengan versi terjangkaunya. 

Untuk versi yang terjangkau, Freed S Alpha pada saat diluncurkan di tahun 2011 dibandrol dengan harga Rp219 jutaan OTR Jakarta. Dan sedangkan untuk dua tipe diatas S dibandrol kisaran Rp239,5 juta dan untuk tipe E dibandrol  Rp 260 juta. 

Walaupun harga nya yang terjangkau, Freed alpha berhasil untuk mendapatkan sunvisor dengan vanity mirror, serta desain walk through cabik, dan juga king and queen seat di baris kedua. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Pada tahun 2015 Freed Berhenti Dijual di Indonesia.

Setelah dua tahun setelah meluncurnya Freed Facelift, PT HPM pada tahun 2015 terpaksa menyudahi produksi Freed di Indonesia. Karena penjualnya terus merosot dari bulan ke bulan. Freed terakhir kali didistribusikan pada Mei 2016, pada saat itu menurut data penjualan dari Gaikindo hanya berhasil dikirim 4 unit saja. 

Walaupun kondisi barunya sudah tidak dijual lagi, untuk harga bekas mobil Honda Freed di Indonesia lumayan stabil, dan ternyata mobil bekas Honda Freed masih banyak dicari di berbagai kalangan. Untuk harga pasarannya Honda Freed 2009 dibandrol kisaran Rp120 jutaan.

Baca juga: Kira-kira Segini Biaya Pasang Sarung Jok Mobil

Pilih Freed bekas terbaik.

Karena saat ini udah nggak ada Honda Freed baru, jadi mau nggak mau kamu harus membeli yang dalam kondisi bekas otofriends. Tapi kamu harus menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector ya.

Supaya kamu nggak seperti beli kucing dalam karung, niatnya pengen dapet Freed yang murah tapi malah dapet yang banyak PR perbaikan. Makanya hubungi Otospector aja sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Kira-kira Segini Biaya Pasang Sarung Jok Mobil

September 13, 2024
Setiap pemilik mobil sebenarnya punya kebebasan dalam hal pemakaian sarung jok mobil untuk kendaraannya. Ada pemilik mobil yang suka dengan sarung jok asli bawaan pabrik, tetapi ada juga yang memilih untuk melapisi jok agar sarung jok aslinya tetap utuh, warna bisa divariasikan sesuka hati, atau agar selalu tampak bersih. Apapun seleranya, sarung jok mobil memang
Baca Lebih Lanjut

Waspada Modus Penipuan Mobil Bekas Segitiga

September 13, 2024
Modus penipuan mobil bekas yang belakangan marak adalah penipuan yang disebut skema “segitiga”. Disebut begitu karena memang ada tiga pihak yang terlibat yaitu penjual, pembeli, dan penipu. Kalau Otofriends cari di mesin pencari internet, maka penipuan-penipuan pembelian mobil bekas sedang ramai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Terutama pada jual-beli mobil bekas oleh pemilik langsung
Baca Lebih Lanjut

Mobil Yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di ASEAN

September 13, 2024
Pemimpin umat Katolik yaitu Paus Fransiskus ingin mengunjungi 4 Negara dalam perjalanan misi apostoliknya di Asia Tenggara. Sebagai pemimpin umat Katolik sedunia, ternyata fakta menariknya Paus Fransiskus menumpangi mobil yang  berbeda-beda pada saat kunjungan bersejarahnya. Datangnya Paus Fransiskus di berbagai Negara kini menjadi pusat perhatian publik, dan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi terkenal karena
Baca Lebih Lanjut