Kira-kira Segini Biaya Pasang Sarung Jok Mobil

September 13, 2024
By Thomas W
Kira-kira Segini Biaya Pasang Sarung Jok Mobil-otospector

Setiap pemilik mobil sebenarnya punya kebebasan dalam hal pemakaian sarung jok mobil untuk kendaraannya.

Ada pemilik mobil yang suka dengan sarung jok asli bawaan pabrik, tetapi ada juga yang memilih untuk melapisi jok agar sarung jok aslinya tetap utuh, warna bisa divariasikan sesuka hati, atau agar selalu tampak bersih.

Apapun seleranya, sarung jok mobil memang salah satu variasi aksesoris yang punya beragam pilihan. Namun sebaiknya Otofriends harus paham seluk beluk sarung jok mobil terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan jenis sarung yang layak untuk dipakai.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memasang sarung jok mobil dan pada akhirnya berpengaruh pada biaya pemasangannya? Mari kita bahas satu per satu:

#1:  Sarung Jok Permanen dan Semi Permanen

Sumber: Brainbox

Dalam hal pemasangan sarung jok, Otofriends punya dua pilihan besar, yaitu sarung jok model permanen atau model semi permanen.

Model permanen biasanya jarang dipilih karena syaratnya sarung jok asli harus dibongkar dan diganti baru. Sedangkan yang semi permanen lebih fleksibel, karena sifatnya cuma melapisi.

Sewaktu-waktu sarung jok semi permanen ini ingin diganti karena sudah rusak atau bosan, maka tinggal dilepas saja. Bahkan sering terjadi, saat mobil akan dijual kembali, lapisan sarung jok dilepas dan jok aslinya terlihat masih bersih.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Jenis Bahan Sarung Jok Mobil,  Kelebihan, dan Kekurangannya

Sumber: Moladin

Fabric. Merupakan material yang paling umum dijumpai dan merupakan kombinasi antara kanvas, kain, dan cotton. Fabric yang biasa digunakan adalah fabric sintetis dengan campuran busa atau cotton.

Kelebihan bahan fabric ada pada harganya yang murah, nyaman, tahan lama, dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Sedangkan kelemahannya mudah menyerap kotoran.

Kulit sintetis. Bahan dasarnya adalah kain yang diolah secara kimia dengan lilin, pewarna, serta polyurethane sehingga dihasilkan bahan dengan tekstur dan warna seperti kulit asli.

Kelebihan bahan kulit asli adalah lebih fleksibel, mudah dibentuk, tidak mudah kotor, ketebalannya ideal, tahan terhadap cuaca panas, dan tidak mudah pecah.

Kulit asli. Asalnya adalah kulit asli domba atau sapi. Tekstur dan aromanya juga khusus dengan harga yang premium. Di pasaran, ada berbagai pilihan merek kulit asli impor yang masing-masing punya kekhasan dalam warna dan tekstur

Kelebihan kulit asli adalah terasa lembut, fleksbel, mudah dibentuk, dan tahan di segala suhu. Sedangkan kelemahannya mudah retak kalau kena matahari dan butuh perawatan khusus agar tetap awet.

Suede. Merupakan bahan sarung jok paling premium, karena tampilannya berkelas. Biasanya dipakai oleh mobil-mobil supermewah seperti mobil sport atau supercar.

Kelebihan bahan suede ada pada tampilannya yang berkelas, bobotnya ringan, dan lembut. Hanya saja kelemahannya perlu penanganan khusus, mudah rusak jika terkena kotoran, dan butuh penanganan khusus saat dibersihkan.

Baca juga: Empat Penyebab Kaca Sunroof Mobil Bocor

#3: Biaya Pemasangan Sarung Jok Mobil

Sumber: Otomotif Bandung

  • OEM cover universal Rp500 ribu/baris
  • Kulit sintetis mobil hatchback 2 baris Rp1 juta – Rp1,8 juta  
  • Kulit sintetis mobil MPV 3 baris  Rp850 ribu/baris
  • Kulit sintetis Mbtech MPV 3 baris Rp1,5 jutaan – Rp2,5 jutaan.
  • Kulit sintetis Mbtech Carrera hatchback 2 baris Rp2,5 juta – Rp5 juta
  • Kulit asli Lederlux cover 2 baris Rp5 juta – Rp6 juta
  • Kulit asli Lederlux custom Rp4,7 jutaan/baris
  • Kulit asli Juno MPV 3 baris Rp2 juta/baris
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Biaya Sangat Bervariasi

Sumber: Harapanrakyat.com

Jika Otofriends bermaksud melapisi atau memasang sarung jok, jangan kaget kalau biayanya bisa sangat bervariasi. Karena pada dasarnya untuk harga sangat tergantung dari jenis bahan, merek, dan kesulitan pengerjaannya. Tentu juga bisa ditawar.

Untuk kulit sintetis ada berbagai merek seperti Everest, Leather Look, MBtech, Murano, atau Vector. Sementara kulit asli tersedia merek seperti Autoleder dari Jerman, Starhides dari Italia, Mallery dari Thailand, sampai Mastrotto dari Italia.

Biaya termahal tentu saja kulit asli, harganya bisa Rp 6 juta hingga Rp 18 juta untuk pemasangan jok permanen. Lama pengerjaannya juga bisa dua sampai tiga hari.

Baca juga: Kenapa Ganti Ban Baru Wajib Ganti Pentil Juga?

Apakah sarung jok mobil termasuk aksesoris yang harus diperhatikan dari mobil bekas?

Saat membeli mobil bekas, tak ada salahnya kita memperhatikan juga kondisi sarung jok mobilnya. Karena sarung jok mobil beserta sejumlah komponen di dalam kabin, bisa menjadi indikator perawatan mobil secara umum. Jika kondisi kabin cukup rapi dan apik, maka kemungkinan mobil cukup terawat. Termasuk juga pada bagian mesin.

Namun untuk memastikan kondisi mobil secara umum, sebaiknya Otofriends memanfaatkan jasa inspeksi dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh inspektor yang berpengalaman maka Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi mobil bekas secara keseluruhan. Tentu nantinya kita juga akan terhindar dari mobil yang bermasalah.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

4 Komponen Mobil yang Rentan Rusak Karena Jalan Berlubang

April 30, 2024
Berita soal jalanan rusak dan berlubang selalu terdengar setiap saat. Bahan dan material yang tidak baik serta curah hujan yang tinggi pun kian memperburuk keadaan jalan. Berjalan bahkan mengendarai kendaraan pun jadi tidak nyaman karena hal ini. Kondisi jalan berlubang ternyata bisa jadi salah satu ancaman untuk mobil Anda. Jika Anda tak berhati-hati ketika melewati
Baca Lebih Lanjut

5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

April 27, 2024
Mobil dengan kondisi prima bisa didapatkan bila Anda rutin melakukan service sesuai dengan anjuran perawatan. Wah, bila semuanya dilakukan bisa-bisa kantong jadi bolong bukan? Jalan tengahnya, orang pun kerap melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja. Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut