Sedan Di Bawah 5 Tahun Rekomendasi Buat Anak Muda

Februari 26, 2020
By Thomas W
Sedan Di Bawah 5 Tahun Rekomendasi Buat Anak Muda-otospector

Namanya juga anak muda, tentu segala sesuatunya tidak lepas dari masalah gaya. Terutama bagi kaum muda perkotaan yang punya kebutuhan untuk tampil modern dan stylish, sesuai lingkungannya.

Untuk urusan kendaraan sehari-hari, anak muda juga punya pilihannya sendiri. Beberapa merek mobil bekas tapi masih berumur muda berikut ini, sangat direkomendasikan karena selain tampilannya oke, performanya juga tidak mengecewakan. Mari kita simak:

#1: All New Toyota Vios

Toyota Vios Bekas

Sedan ini tergolong paling populer di kelasnya. Interiornya begitu elegan dan sporty. Antara lain ini terlihat dari desain bumper depan dan grille. Velg-nya yang two tone alloy wheel 16 inci, makin mempercantik penampilannya.

Namun kelemahannya, peredaman kabin vios terkenal kurang bagus. Sistem peredamannya kurang bisa menahan suara dari luar, baik suara kendaraan maupun suara hujan. Tentu saja soal kebisingan ini akan mengganggu pengguna kendaraan ini. Kelemahan lain adalah soal pilihan mesin yang kurang variatif dalam arti hanya 1 pilihan saja.

Dengan mesin 1 NZ FE 4 silinder 16 Valve DHOC berkapasitas 1.497 cc, dapat dihasilkan 109 PS pada putaran 6000 rpm, serta torsi 14,4 Kgm pada putaran 4200 rpm.

Harga Rp150 juta – Rp190 juta.

#2: Honda All New City

Honda City

Desainnya cukup sporty dan modern. Performa mesinnya juga cukup andal, dengan konsumsi bahan bakar ekonomis. Fitur juga tergolong cukup lengkap di kelasnya. Salah satu keunggulan yang sangat terasa adalah bagasi yang cukup luas untuk menampung barang bawaan. Bahkan jok kursi belakang bisa ikut dilipat untuk menambah kapasitas bagasi dengan lantai yang rata.

Hanya saja kelemahannya, mobil ini belum dilengkapi dengan kontrol stabilitas. Ada keluhan kurang nyaman saat dipakai di perkotaan yang padat. Apalagi sistem peredamannya juga masih dianggap kurang baik. Untuk mencapai top speed juga dinilai terlalu lama. Yang tak kalah penting adalah masalah harga. Karena masih diimpor berupa CBU, maka harganya kurang kompetitif dibanding dengan kendaraan sejenis di kelasnya.

Dengan mesin 1.5 L SHOC yang mampu menghasilkan tenaga 120 PS pada putaran 6.600 rpm, serta torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Harga Rp170 juta – Rp245 juta.

Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta

#3: Toyota New Corolla Altis

Corolla Altis

Altis punya kelebihan pada tampilan eksterior dan interior yang mewah dan elegan. Ruang kabinnya juga cukup lega. Saat dikendarai, tarikan bawahnya terasa cukup responsif, dengan suspensi yang cukup lembut. Cocok sekali untuk dipakai di perkotaan yang membutuhkan kenyamanan, terutama saat kondisi lalu lintas yang padat.

Kelemahan yang dirasakan para pengguna adalah kemudinya yang dirasa terlalu ringan. Akibatnya, handling mobil ini menjadi kurang sempurna. Sistem audionya juga kerap menjadi sorotan karena kelasnya masih “biasa-biasa saja”. Kelemahan ini tidak bisa dikoreksi secara minor dengan penambahan alat, tetapi harus diganti satu perangkat. Dimensi yang terlalu besar juga membuat mobil ini sulit untuk digunakan saat menyalip mendadak atau mendahului secara tiba-tiba.

Mesin 2ZR FE 16 Valve DHOC Dual VVT-I dapat menghasilkan tenaga hingga 151 PS pada putaran 6400 rpm, serta torsi 19.4 Kgm pada putaran 4000 rpm.

Harga Rp160 juta – Rp200 juta.

#4: Suzuki Ciaz

Suzuki Ciaz

Dibandingkan sedan-sedan yang kami rekomendasikan, Ciaz tercatat sebagai mobil paling ekonomis. Meski begitu, secara umum tidaklah mengecewakan. Seperti fitur dan ruang penyimpanan yang lengkap. Bahan bakar juga irit. Cocok bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan dengan performa lumayan tapi ramah di kantong.

Kelemahan yang dikeluhkan adalah belum dilengkapinya sistem rem tambahan ABS dan EBD, bahkan pada varian tertingginya. Suara mesinnya juga tergolong berisik, terutama ketika mencapai kecepatan tinggi, sehingga mengganggu kenyamanan penumpang. Hal yang juga mengganggu adalah peredaman kabin yang kurang maksimal. Lalu terakhir adalah ground cleareance-nya yang cukup rendah, sehingga pengemudi harus berhati-hati saat melewati jalanan yang rusak atau polisi tidur.

Mesin dengan tipe K14B berkapasitas 1.373 cc mampu menghasilkan tenaga 92 Bhp pada putaran 4000 rpm, serta torsi 130 Nm pada putaran 4000 rpm.

Harga Rp160 juta – Rp280 juta.

#5: All New Honda Civic Turbo

Honda Civic

Di antara sedan-sedan kelas bawah, boleh dibilang penampilan Civic Turbo paling menawan. Desainnya sporty dan modern. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Saat dikendarai, performa mesinnya cukup andal dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Kelemahannya adalah tidak terdapat pengaturan AC untuk kursi baris kedua. Jadi penumpang di baris kedua masih mengandalkannya dari arah dashboard. Kelebihan mobil ini yakni turbocharger, konon malah jadi kelemahannya bagi sebagian orang. Karena bagi mereka yang belum terbiasa, teknologi ini malah membuat sedikit kerepotan. Posisi tempat duduk juga masih dikeluhkan karena dianggap terlalu sempit. Terakhir adalah suara mesin yang dianggap terlalu bising saat kecepatannya sudah maksimal. Tentu saja kebisingan ini bisa mengganggu kenyamanan penumpang.

Mesinnya 4 silider segaris, VTEC Turbo DOHC 1498 cc, 16 katup + DBW dengan tenaga 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi 220 Nm pada 5.500 rpm.

Harga Rp150 juta – Rp200 juta.

Baca juga: Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Meski berusia di bawah 5 tahun, kondisi kendaraan amat dipengaruhi oleh perawatan dan perlakuan pemilik sebelumnya. Untuk lebih memastikan, maka ada baiknya memeriksa kondisinya lebih pasti dengan bantuan jasa inspeksi. Lengkap pemeriksaannya dan mendapat hasil yang dapat dipercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih! Mobil Bekas Harga 50 Jutaan Update 2024

Januari 12, 2024
Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil. Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta
Baca Lebih Lanjut

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut