Ini Saat yang Tepat untuk Beli Mobil Bekas

Februari 11, 2017
By jandika
Ini Saat yang Tepat untuk Beli Mobil Bekas-otospector

Kebutuhan akan kendaraan yang nyaman dan praktis membuat banyak orang menjatuhkan pilihan untuk membeli mobil. Masalahnya, harga mobil bisa dikatakan tidak stabil. Bukan hanya pada mobil baru, ini juga terjadi pada mobil bekas.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Tentu penyebabnya adalah kondisi pasar. Berdasarkan hal tersebut, tak jarang seseorang menjadi sangat bingung ketika akan membeli sebuah mobil.

Berbagai pertanyaan pun muncul. Sebenarnya…

Kapan Waktu Terbaik untuk Beli Mobil Bekas?

Apakah ada saat-saat tertentu di mana harga mobil jauh lebih murah? Kalau Anda mempertanyakan hal yang serupa, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai.

Ini hal yang akan Anda ketahui setelah membaca artikel ini:

  • Tahu rahasia waktu pembelian mobil yang tepat;
  • Bisa membeli mobil dengan harga yang jauh lebih murah;
  • Paham apa yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil bekas.

DIJAMIN! Anda bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang pantas.

#1: Beli Mobil Bekas Setelah Hari Raya

Pernah mendengar pernyataan yang satu ini? Lalu, apakah Anda percaya? Percaya atau tidak, hal yang satu ini bukanlah mitos. Kok bisa?

Layaknya hukum alam, harga mobil bekas akan turun dengan sangat drastis saat setelah hari raya, khususnya Idul Fitri atau Lebaran. Bukan tanpa alasan, penurunan harga ini tentu disebabkan oleh prioritas orang yang berbeda.

Tak bisa dipungkiri bahwa keinginan seseorang untuk tampil gaya adalah sesuatu yang sudah umum terjadi. Ya, memang sebuah mobil dapat menaikkan derajat seseorang.

Kalau sudah begini… Keinginan untuk membeli mobil baru pun tentunya akan jauh lebih besar dibandingkan membeli mobil bekas.

Banyaknya orang yang lebih memilih mobil baru saat sebelum Lebaran, membuat harga mobil bekas pun menjadi turun. Bahkan, harganya akan jauh lebih turun lagi setelah Lebaran.

Kenapa?

Kebanyakan orang sudah tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah mobil pasca Lebaran. Ditambah lagi sudah banyak orang yang membeli mobil baru saat sebelum Lebaran tiba.

Hal-hal tersebutlah yang membuat harga mobil pasca Lebaran menjadi lebih murah.

Bukan berarti penjualan mobil bekas setelah Lebaran menjadi lesu!

Pada kenyataannya, banyak orang cerdas yang memanfaatkan hal ini. Ya, mereka memanfaatkan momen ini untuk membeli mobil bekas.

Namun… Anda harus mengetahui beberapa hal ini:

    • Banyak orang yang sudah mengincar sebelum Lebaran

Sebelum hari raya tiba, para peminat mobil bekas sudah mulai mengincar mobil untuk kemudian dibeli ketika harganya turun.

Mereka rela menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan mobil impian dengan harga yang lebih murah. Melihat fenomena ini, sebaiknya mulailah Anda tentukan mobil yang diinginkan.

    • Anda bisa saja kehabisan stok!

Apakah mungkin? Tentu bisa saja terjadi. Banyaknya orang yang sudah mengincar mobil sejak jauh-jauh hari, tentu bisa saja mobil yang kita inginkan sudah dibeli oleh orang lain.

Bagaimana menyiasatinya? Bukan hanya mengincar mobil yang diinginkan, Anda juga harus terus memantau perkembangan harga mobil tersebut.

Saat Tepat Beli Mobil Bekas

Baca juga: Mengenal Bursa Mobil Bekas Di Jakarta Dan Sekitarnya

#2: Hari Raya Berdekatan Dengan Ajaran Baru

Masih merasa harga mobil setelah Lebaran tetap saja mahal? Harga mobil bekas juga turun jika hari raya berdekatan dengan tahun ajaran baru!

Memang apa hubungannya antara membeli mobil, hari raya, dengan tahun ajaran baru? Nah… mari kita kupas rahasianya!

Coba bayangkan betapa banyaknya biaya yang harus dikeluarkan saat Lebaran. Pertama-tama, tentunya harus menyiapkan:

  • Ongkos mudik;
  • Membeli baju baru;
  • Membagikan THR kepada sanak saudara.

Belum lagi seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, banyak orang yang memutuskan untuk membeli mobil baru untuk digunakan saat mudik Lebaran.

Selanjutnya, bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentunya cukup besar biaya yang harus disiapkan ketika memasuki tahun ajaran baru. Biaya-yang cukup besar ini membuat banyak orang mengenyampingkan prioritas membeli mobil.

Masih belum menemukan apa hubungannya dengan membeli mobil bekas? Begini…

Saat seperti ini, tentu akan sangat jarang orang yang berniat membeli mobil bekas. Kondisi ini tentunya membuat dealer atau pemilik mobil bekas menjualnya dengan harga murah.

Tidak percaya? Coba buktikan saja sendiri!

#3: Mobil bekas sangat murah saat tahun baru!

Tidak perlu berkecil hati jika belum memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil bekas setelah Lebaran. Masih ada waktu lain yang tepat untuk membeli sebuah mobil bekas. Kapankah itu?

Saat tahun baru!

Lho? Kok setelah tahun baru?

Setiap tahun hampir semua produsen mobil mengeluarkan produk baru pada awal tahun. Nah, tentunya produsen mobil pun akan sangat gencar dalam mempromosikan produknya tersebut. Kalau sudah begini…

Tentu perhatian masyarakat pun jadi teralihkan.

Tak jarang mereka jadi tergiur oleh kata-kata iklan dan akhirnya tergoda untuk fokus membeli mobil baru. Itu salah satu poinnya. Poin keduanya:

Mereka yang tergoda membeli mobil baru dan sudah memiliki mobil biasanya akan menjual mobil lama miliknya.

INILAH KESEMPATAN ANDA!

Mobil yang dijual dengan alasan ingin mengganti mobilnya dengan yang lebih baru, biasanya:

  • Memiliki kualitas mesin yang masih bagus;
  • Memiliki tampilan bodi yang masih mulus;
  • Harganya dijual dengan sangat murah.

Poin terakhir yang disebutkan di atas tadi memang sudah sering terjadi.

Kalau menemukan kondisi yang seperti ini, terkadang mereka rela menjual mobilnya lebih murah dari harga pasaran. Bahkan jika mereka sudah menentukan harga, Anda masih bisa menawarnya.

Baca juga: 5 Cara Menilai Dealer Mobil Bekas Yang Layak Dipercaya

Sekarang sudah tahu ‘kan kapan saja waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas?

Nah… langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Mencari tipe mobil yang diinginkan;
  • Mulai mencari tahu di mana tempat menjual mobil bekas yang Anda inginkan;
  • Mulai mengumpulkan uang untuk membeli mobil bekas setelah Lebaran atau di awal tahun.

Setelah ketemu mobil incaran anda, jangan tergesa-gesa untuk membeli mobilnya. Ketahui dulu kualitas mobil bekas sebelum bertransaksi.

Oleh karena itu, ajaklah orang yang benar-benar mengerti mobil atau cara mudahnya adalah dengan:

Menggunakan jasa pengecekan mobil bekas yang independen dan profesional. Hanya dengan mengeluarkan sedikit uang, Anda bisa mengetahui kondisi mobil incaran anda dengan lengkap.

Jasa Pengecekan Independen

Kalau Anda masih bingung, sebaiknya simpan dulu artikel ini supaya tidak lupa kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas. Caranya? Anda hanya perlu bagikan/share artikel ini di media sosial pribadi.

Jangan sampai waktunya terlewat, ya!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca lebih lanjut

5 Mobil Mewah Keluarga Harga Murah Per 2024

Februari 05, 2024
Bagi orang-orang dengan kebutuhan transportasi tinggi serta mengutamakan kenyaman, salah satu kata kunci favorit dalam mencari mobil adalah mobil mewah keluarga. Namun sayangnya di benak sebagian orang, kata mewah identik dengan harga yang mahal. Kenyataannya tidak selalu begitu. Ada beberapa merek mobil keluarga mewah, namun kini harga sudah jauh terdepresiasi. Soal kondisi unitnya, tentu Otofriends
Baca lebih lanjut

Kenapa Asap Mobil Menjadi Hitam?

Februari 05, 2024
Pernah ada yang berpikir gak sih kenapa asap mobil itu bisa hitam? Pada dasarnya jika asap knalpot mobil itu hitam bisa membuat kita dan pengendara lainnya tidak nyaman. Karena asap knalpot yang hitam itu dapat mengganggu pengendara lain nya dan juga bisa menyebabkan polusi udara yang semakin tebal. Jika asap knalpot mobil kamu sudah hitam
Baca lebih lanjut