Rekomendasi Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Desember 28, 2023
By Thomas W
Rekomendasi Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan-otospector

Beli mobil bekas murah harga Rp30 jutaan, sekilas seperti sesuatu yang mustahil. Orang mungkin berpikir, mana ada mobil yang harganya sama dengan harga sepeda motor baru. Bahkan lebih murah.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jawabannya sebenarnya ada. Banyak malah. Cuma Otofriends harus benar-benar memperhatikan beberapa hal sebelum membeli mobil bekas dengan harga seperti ini. Mulai dari kondisi mobilnya, kondisi mesin mobil, riwayat servis mobil, performa mesin, bahan bakar, dan harga pasaran mobil.

Kalau Otofriends jadi penasaran apa saja kira-kira rekomendasi mobil bekas murah harga Rp30 jutaan berikut ini daftarnya:

#1: Daihatsu Espass

Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Sumber: OLX

Mobil ini cukup legendaris pada masanya karena mampu mengangkut 7 penumpang sekaligus berguna mengangkut barang. Selan bagasinya yang besar, Espass juga dikenal sangat fleksibel karena sudah menggunakan pintu geser, sehingga lebih efisien saat di area parkir.

Dengan tiga pilihan mesin yaitu 1.300 cc, 1.500 cc, dan 1.600 cc, Otofriends bisa leluasa memilih yang sesuai kebutuhan. Namun sebelum membeli harus disadari ada beberapa masalah yang sering ditemui yaitu karat pada bodi, bunyi berisik pada suspensi, dan kerusakan pada lampu dan klakson.

Dengan Harga mulai dari Rp30 jutaan, Otofriends bisa mendapatkan Daihatsu Espass akhir 1990-an hingga awal tahun 2000-an.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Harga Avanza 2018 Bekas Mulai Rp145 Jutaan

#2: Toyota Corolla DX

Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Sumber: OLX

Mobil ini bisa dibilang telah menjadi salah satu legenda Toyota di kelas sedan. Di masa lalu, mobil ini dikenal sebagai salah satu mobil anak muda gaul, mobil drifting, dan hari ini kembali laris sebagai bahan untuk mobil-mobil yang dibuat retro.

Selain desainnya klasik dan elegan, ada banyak pilihan Toyota Corolla DX mulai dari sedan 2 pintu, 4 pintu, dan station wagon. Untuk varian mesinnya, tersedia dari 1.300 cc, 1.500 cc, 1.600 cc, 1.800 cc, hingga 2.000 cc.

Dengan harga mulai Rp30 jutaan, Otofriends bisa melirik Corolla DX tahun 1981 sampai 1985. Karena mobil ini tidak bisa dibilang muda lagi, maka harus cermat mengecek spare part apakah kondisinya masih layak dan tidak menggunakan yang bermutu rendah.

#3: Mitsubishi Lancer

Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Sumber: E Otomotif

Lancer adalah salah satu sedan yang boleh dibilang cukup panjang sejarahnya. Awal diluncurkan pada 1981, Lancer masih eksis sampai tahun 2008. Berbagai varian dengan bodi, mesin, dan fitur-fiturnya terus berevolusi mengikuti zaman.

Kalau mengacu kepada dana Rp30 jutaan, maka Otofriends bisa memilih Lancer era tahun 1992 hingga sekitar 1997. Saat itu Lancer muncul dengan sebutan Le-Dan Gan yang punya tiga varian yaitu GLX (1.500 cc SOHC karburator MT/AT), GLXi (1.600 cc SOHC injeksi) dan GTi (1.800cc DOHC 16V injeksi).

Le-Dan Gan sampai saat ini masih jadi pilihan anak-anak muda untuk diajak ngebut. Kalau memang Otofriends kepingin meminangnya, coba pastikan spare part-nya cukup berkualitas dan tidak asal-asalan. Ini mengingat spare part Lancer original bisa dibilang langka.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Toyota Starlet

Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Sumber: OLX

Sebagai mobil di kelas hatchback, Toyota Starlet sudah melegenda sebagai sosok yang lincah, gesit, dan irit. Kondisi Performanya dan fitur-fiturnya juga cukup lumayan untuk mobil dengan peruntukan perkotaan.

Dengan dana Rp30 jutaan, Otofriends mendapat pilihan Starlet era pertengahan tahun 1980-an sampai awal 1990-an. Starlet dengan kode EP70 ini dikenal dengan nama Starlet kotak, karena memang bentuk bodi yang kotak. Mesinnya sudah tersedia dalam dua pilihan yakni 1.000 cc dan 1.300 cc (keduanya karburator).

Karena mobil ini hidup di era puluhan tahun lalu, jangan dibandingkan fitur-fiturnya dengan mobil zaman sekarang. Fitur elektrik sangat minim, semua mengandalkan mekanis, sehingga mungkin akan terasa ketinggalan zaman.

#5: Mazda Vantrend

Mobil Bekas Murah Harga Rp30 Jutaan

Sumber: Garisatas.com

Meski sosoknya jarang dikenal orang, Mazda Vantrend juga termasuk dalam mobil bekas murah yang layak dipertimbangkan. Selain karena faktor harga, mobil ini juga dikenal sangat mudah penanganannya dan bagasinya juga cukup luas karena kelasnya adalah station wagon.

Riwayat Vantrend tidak panjang, hanya dari 1993 sampai 1997. Namun setiap tahun fitur-fiturnya berevolusi mulai dari power steering, power window, sampai central lock. Karena itu perhatikan selalu perubahan demi perubahan per tahunnya.

Dengan dana Rp30 jutaan, Otofriends bisa memperoleh Vantrend keluaran tahun terakhir yang fitur-fiturnya sudah semakin lengkap.

Baca juga: Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2023  

Bagaimana memastikan dana Rp30 juta untuk membeli mobil, bakal mendapat unit terbaik?

Perlu Otofriends pahami bahwa harga mobil-mobil yang sudah berumur di pasaran mobil bakas memang sangat beragam. Karena semua sangat tergantung pada kondisi mobil secara keseluruhan.

Namun Otofriends jangan terlalu pusing. Untuk memeriksa kondisi sebuah mobil bekas, manfaatkan saja jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang komplet di lebih dari 150 titik serta dilakukan oleh inspektor profesional, maka Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebuah mobil bekas sejelas-jelasnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Maret 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Maret 15, 2024
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca Lebih Lanjut