Nih, 5 Biang Keladi Mesin Mobil Tiba Tiba Mati

Maret 30, 2022
By Thomas W
Nih, 5 Biang Keladi Mesin Mobil Tiba Tiba Mati-otospector

Pengemudi mana yang tidak sebel kalau mesin mobil tiba tiba mati di jalan. Apalagi kalau situasinya tidak menguntungkan. Misalnya di tengah kepadatan lalu-lintas, di daerah terpencil, atau malah di tengah malam.

Ada banyak penyebab sampai mesin mobil tiba tiba mati di tengah jalan. Namun biasanya kasus ini terjadi karena kelalaian pemilik dalam hal perawatan rutin kendaraan. Artinya bukan tidak mungkin masalah seperti ini dicegah.

Nah, agar tidak dirugikan oleh matinya mesin mobil, mari kita simak apa saja penyebabnya:  

#1: Bahan Bakar Habis

Lampu Indikator Bensin

Sekilas terdengar konyol sekali di zaman seperti ini bisa kehabisan BBM di jalanan. Tapi karena kendala di jalan atau kendala teknis, bisa saja terjadi.

Kejadian tidak terduga itu misalnya terlalu tidak perhatian dengan indikator BBM, padahal sudah mencapai titik E. Atau terjebak di dalam kepadatan lalu-lintas selama berjam-jam.

Meski jarang, indikator BBM juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan pompa atau injektor juga bisa menyebabkan bensin tidak mengalir ke mesin sehingga mesin ogah nyala. Begitu juga dengan rusaknya selang-selang bahan bakar.

#2: Masalah Pada Starter

Nih, 5 Biang Keladi Mesin Mobil Tiba Tiba Mati

Pada prinsipnya, starter mobil (ignition switch) berfungsi menghubungkan listrik yang akan dipergunakan untuk menghidupkan mesin.

Seiring pemakaian, starter mobil  bisa bermasalah. Salah satu indikatornya, mesin mobil mati mendadak, akibat tenaga ke sistem pengapian dan bahan bakar terganggu.

Pada kasus tertentu, biasanya mobil masih bisa dinyalakan kembali beberapa saat kemudian. Karena itu coba didiamkan dulu beberapa saat baru dinyalakan lagi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Biar Awet, Ini 6 Langkah Merawat Aki Kering Mobil

#3: Dinamo Ampere Bermasalah

Alternator Mobil

Dinamo ampere (alternator) berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Komponen ini berfungsi mengubah energi gerak yang dihasilkan oleh mesin mobil menjadi energi listrik.

Sekiranya dinamo ampere bermasalah, aki akan gagal terisi. Padahal aki selalu menyuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin kendaraan hidup.

Jika suplai tersebut terhenti, tentu mesin mobil mati mendadak.

#4: Overheat

Mesin Overheat

Saat mesin terlalu panas yang ditandai dengan jarum temperatur yang terus naik, maka mesin bisa tiba-tiba mati mendadak. Kasus ini termasuk yang terbanyak terjadi di jalanan.

Ada banyak faktor sehingga mesin overheat. Namun paling banyak adalah karena gangguan radiator. Terutama jika fungsi radiator sudah tidak optimal akibat komponen-komponennya bermasalah, sehingga cairan bocor, sirkulasi cairan tidak lancar, dll.

Hati-hati, kasus overheat bisa berakibat parah jika mobil nekat dipakai berjalan. Bisa-bisa dampaknya akan merembet ke piston dan blok mesin yang melengkung karena terlalu panas.

#5: Sistem Pengapian dan Pasokan Udara

koil mobil

Salah satu yang menjadi penentu kinerja mesin adalah sistem pengapian. Jika sampai mati, ada kemungkinan koil dalam sistem itu sudah tidak bekerja dengan baik atau lemah.

Otofriends juga bisa mengecek kondisi sekring (10 ampere) pada mesin. Jika sekring putus, pengaruhnya pada kinerja koil.

Sistem pasokan udara perannya juga vital pada proses pembakaran. Gangguan pada filter udara, air cleaner, hingga boks air cleaner, membuat suplai udara ke mesin tidak sempurna.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Sistem Injeksi Mobil Perlu Dirawat. Inilah Hal Yang Harus Dikerjakan

Bagaimana cara kita memastikan mobil bekas yang hendak dibeli tidak akan mengalami kasus mati mesin di tengah jalan?

Jawabannya tentu sederhana, yakni memastikan kondisi mobil ada dalam kondisi sehat. Apalagi jika mobil usianya sudah tidak muda lagi, harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Otofriends yang ingin mengecek kondisi mobil bekas, pastikan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi yang begitu cermat dan dilakukan tenaga profesional, hasil pemeriksaan dijamin bakal memberi gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Tahu Mobil Termahal di Dunia 2024

Januari 10, 2024
Mobil sudah menjadi kendaraan yang paling umum kita gunakan, buat mereka yang memiliki dana tidak terbatas, bebas saja membeli mobil yang mereka mau. Karena untuk saat ini, mobil bukan hanya sekadar alat transportasi, tetapi juga sebagai bentuk pengakuan serta status sosial Otofriends. Ya ini sih yang bikin para konglomerat dunia seakan berlomba-lomba dalam membeli atau
Baca Lebih Lanjut

Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini

Januari 10, 2024
Mobil jadi salah satu transportasi yang cukup banyak digunakan di Indonesia, untuk menunjang berbagai kebutuhan harian. Tapi ketika kamu punya mobil, perlu tahu juga loh cara merawat mobilnya. Salah satunya adalah perawatan untuk rem mobil, dengan rem yang sehat, bepergian kemanapun jadi lebih nyaman. Jangan sampai pengereman bermasalah ya otofriends, karena kalau bermasalah bisa berbahaya.
Baca Lebih Lanjut

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Januari 10, 2024
Cara parkir pararel mobil matic jelas harus dikuasai oleh pengemudi yang mobil transmisi matic. Memang, di area parkir Otofriends kadang selalu punya pilihan untuk parkir biasa. Namun pengemudi tetap harus siap jika terpaksa harus parkir paralel. Yang harus diingat, parkir paralel butuh keterampilan dan ketelitian dan ketelitian untuk mengatur posisi mobil agar sesuai dengan ruang
Baca Lebih Lanjut