Klik disini untukPesan Mobil Idaman

Mobil Bekas Ini Sangat Diincar untuk Siasati Aturan Ganjil Genap

Agustus 28, 2018
By jandika
Mobil Bekas Ini Sangat Diincar untuk Siasati Aturan Ganjil Genap-otospector

Aturan ganjil genap telah diberlakukan sejak beberapa waktu lalu di Jakarta untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik. Jelang Asian Games 2018, aturan tersebut pun semakin diperluas. Ternyata, banyak orang yang menyiasati hal ini dengan cara tak biasa yaitu, membeli mobil bekas.

Kondisi ini pun mendongkrak tingkat pembelian mobil bekas di kawasan DKI Jakarta. Dilansir OtoSpector dari otomotif.kompas.com, dibandingkan kuartal pertama tahun 2018, penjualan mobil bekas naik sekitar 15%. Hal itu diungkapkan oleh salah satu pelaku usaha jual beli mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Tidak hanya itu, disebutkan pula ada tipe-tipe mobil bekas tertentu yang secara khusus dicari untuk menyiasati ganjil genap. Ini dia beberapa di antaranya:

#1: Low Cost Green Car (LCGC)

Toyota Agya

Mobil-mobil mungil dengan tipe low cost green car (LGCG) adalah salah satu tipe yang diincar untuk menyiasati ganjil genap. Dikutip OtoSpector dari oto.detik.com, tiga mobil LGCG incaran tersebut ialah Honda Brio, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla.

Harga baru untuk ketiga LCGC tersebut sangatlah murah yaitu berkisar antara Rp100 juta-an hingga Rp150 juta-an. Sementara itu untuk bekasnya bisa didapatkan dengan harga mulai Rp90 juta-an. Harganya yang murah inilah disebut-sebut menjadi alasan utama mengapa ketiga mobil mungil ini dipilih untuk menyiasati ganjil genap.

Baca Juga: Ini Dia 9 Mobil Paling Irit Besin

#2: Low MPV

Toyota Avanza

Tidak hanya mobil LCGC, kendaraan jenis low multi purpose vehicle (MPV) juga disebut-sebut jadi pilihan warga Jakarta untuk menyiasati aturan ganjil genap. Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia dengan kisaran harga Rp150 juta-an adalah yang diminati.

Alasannya, selain harga yang lumayan terjangkau, mobil bekas jenis MPV juga bisa digunakan untuk banyak keperluan. Misalnya dapat digunakan bepergian bersama keluarga dalam jumlah banyak ataupun untuk mengangkat barang.

#3: City Car

Honda Jazz

Sementara itu dilaporkan oleh viva.co.id, ada juga beberapa jenis city car bekas juga yang diincar untuk menyiasati ganjil genap di kawasan DKI Jakarta. Lagi-lagi mobil bekas dengan banderol harga murah jadi incaran yaitu sekitar Rp110 juta-an hingga Rp190 juta-an.

Beberapa mobil tersebut antara lain ialah:

  • Toyota Yaris tipe E keluaran tahun 2012 seharga Rp112 juta;
  • Suzuki Ignis produksi tahun 2017 dengan harga Rp142 juta;
  • Honda Jazz tipe RS keluaran tahun 2014 seharga Rp179 juta;
  • Mazda 2 tahun keluaran 2015 yang dibanderol seharga Rp195 juta.

OtoFriends yang berencana ingin membeli mobil bekas untuk menyiasati ganjil-genap, jangan lupa untuk memastikan kelayakan nya sebelum beli. Lakukan pemeriksaan dengan bantuan teman atau jasa inspeksi mobil bekas untuk menghindari mobil bekas bermasalah.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Mobil Bekas di Showroom

Kendaraan Yang Tidak Terdampak Aturan Ganjil-Genap

OtoFriends perlu tahu nih, ada juga ternyata kendaraan yang kebal terhadap peraturan ini. Kendaraan-kendaraan tersebut antara lain ialah:

  • Sepeda motor roda dua;
  • Kendaraan umum berpelat kuning;
  • Kendaraan yang digunakan pimpinan negara;
  • Kendaraan dinas serta yang bertanda khusus Asian Games;
  • Kendaraan ambulans, pemadam kebakaran, serta yang digunakan untuk menolong kecelakaan lalu lintas; dan beberapa lainnya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya OtoFriends!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya