Mau Test Drive Saat Beli Mobil Bekas? Ini 5 Ceklistnya!

November 05, 2019
By Thomas W
Mau Test Drive Saat Beli Mobil Bekas? Ini 5 Ceklistnya!-otospector

Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan.

Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja malas melakukan test drive, juga karena berbagai alasan. Bisa jadi, mereka memilih begitu saja mobil idamannya, berdasarkan pengamatan sekilas. Padahal, tindakan ini bisa saja merugikan.

Kira-kira beginilah yang harus diperhatikan saat test drive:

#1: Rasakan kenyamanannya

Mobil Keluarga 5

Meski bukan mobil baru, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba kenyamanannya. Coba tanya dalam hati, apakah memang mobil ini yang selama ini Anda cari. Sebab, kecocokan hati ini penting sebagai langkah awal menuju tahap berikutnya

#2: Periksa performa mesin

mesin mobil bekas

Performa mesin yang berkualitas tentu sangat penting dalam pemilihan mobil bekas. Dengan performa yang masih baik, maka kita akan mendapat kepuasan dalam berkendara. Namun di sisi lain, performa yang baik menandakan bahwa mesin mendapat perawatan yang selayaknya.

Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

#3: Periksa semua fitur

Menyalakan Audio Tape

Setiap jenis mobil memiliki fitur yang berbeda-beda. Karena itulah cari tahu jenis-jenis fitur yang tersedia, lalu periksa apakah semua masih berfungsi dengan baik. Ada kalanya kerusakan pada satu fitur, menandakan kerusakan pada bagian lain. Sementara untuk memperbaikinya juga akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

#4: Periksa interior

Mobil Keluarga 1

Bagian eksteror pada umumnya bisa diperbaiki dan dipermak sedemikian rupa. Namun tidak demikian dengan bagian interior. Bagian ini bisa dianggap mewakili perawatan kebersihan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Jika Anda mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang bagus dan orisinil, maka bisa dipastikan  perawatannya juga baik.

#5: Perhatikan konsumsi BBM

Isi Bensin

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, masalah konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan penting. Karena bahan bakar menentukan biaya yang akan Anda keluarkan selama memakai mobil tersebut. Jika memang sudah merasa cocok dan paham dengan konsekuensinya, maka silakan Anda mengambilnya.  

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik

Bagaimana kita memutuskan setelah melakukan test drive?

Hasil test drive memang hanyalah salah satu faktor dalam menentukan apakah mobil tersebut layak kita beli atau tidak. Faktor lain yang tak kalah menentukan adalah kondisi mobil secara umum. Kita harus melakukan pengecekan secara mendetail setiap bagian mobil untuk mengetahui gambarannya.

Tentu saja dibutuhkan penguasaan teknis dalam melakukan pengecekan mobil. Namun jika Anda memang tidak mampu, maka manfaatkan jasa inspeksi mobil yang independen dan terpercaya. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

Maret 02, 2024
Cari atau membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi kalau Otofriends gak paham tentang otomotif atau mobil, bisa bahaya salah beli mobil. Namun, untuk saat ini bagi mereka awam pun bisa dengan mudah memilih mana mobil yang masuk ke dalam kategori layak dibeli atau tidak. Karena saat ini sudah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut