Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan

November 05, 2019
By Thomas W
Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan-otospector

Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan.

Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja malas melakukan test drive, juga karena berbagai alasan. Bisa jadi, mereka memilih begitu saja mobil idamannya, berdasarkan pengamatan sekilas. Padahal, tindakan ini bisa saja merugikan.

Kira-kira beginilah yang harus diperhatikan saat test drive:

#1: Rasakan kenyamanannya

Mobil Keluarga 5

Meski bukan mobil baru, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba kenyamanannya. Coba tanya dalam hati, apakah memang mobil ini yang selama ini Anda cari. Sebab, kecocokan hati ini penting sebagai langkah awal menuju tahap berikutnya

#2: Periksa performa mesin

mesin mobil bekas

Performa mesin yang berkualitas tentu sangat penting dalam pemilihan mobil bekas. Dengan performa yang masih baik, maka kita akan mendapat kepuasan dalam berkendara. Namun di sisi lain, performa yang baik menandakan bahwa mesin mendapat perawatan yang selayaknya.

Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

#3: Periksa semua fitur

Menyalakan Audio Tape

Setiap jenis mobil memiliki fitur yang berbeda-beda. Karena itulah cari tahu jenis-jenis fitur yang tersedia, lalu periksa apakah semua masih berfungsi dengan baik. Ada kalanya kerusakan pada satu fitur, menandakan kerusakan pada bagian lain. Sementara untuk memperbaikinya juga akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

#4: Periksa interior

Mobil Keluarga 1

Bagian eksteror pada umumnya bisa diperbaiki dan dipermak sedemikian rupa. Namun tidak demikian dengan bagian interior. Bagian ini bisa dianggap mewakili perawatan kebersihan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Jika Anda mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang bagus dan orisinil, maka bisa dipastikan  perawatannya juga baik.

#5: Perhatikan konsumsi BBM

Isi Bensin

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, masalah konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan penting. Karena bahan bakar menentukan biaya yang akan Anda keluarkan selama memakai mobil tersebut. Jika memang sudah merasa cocok dan paham dengan konsekuensinya, maka silakan Anda mengambilnya.  

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik

Bagaimana kita memutuskan setelah melakukan test drive?

Hasil test drive memang hanyalah salah satu faktor dalam menentukan apakah mobil tersebut layak kita beli atau tidak. Faktor lain yang tak kalah menentukan adalah kondisi mobil secara umum. Kita harus melakukan pengecekan secara mendetail setiap bagian mobil untuk mengetahui gambarannya.

Tentu saja dibutuhkan penguasaan teknis dalam melakukan pengecekan mobil. Namun jika Anda memang tidak mampu, maka manfaatkan jasa inspeksi mobil yang independen dan terpercaya. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya