Mau Test Drive Saat Beli Mobil Bekas? Ini 5 Ceklistnya!

November 05, 2019
By Thomas W
Mau Test Drive Saat Beli Mobil Bekas? Ini 5 Ceklistnya!-otospector

Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan.

Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja malas melakukan test drive, juga karena berbagai alasan. Bisa jadi, mereka memilih begitu saja mobil idamannya, berdasarkan pengamatan sekilas. Padahal, tindakan ini bisa saja merugikan.

Kira-kira beginilah yang harus diperhatikan saat test drive:

#1: Rasakan kenyamanannya

Mobil Keluarga 5

Meski bukan mobil baru, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba kenyamanannya. Coba tanya dalam hati, apakah memang mobil ini yang selama ini Anda cari. Sebab, kecocokan hati ini penting sebagai langkah awal menuju tahap berikutnya

#2: Periksa performa mesin

mesin mobil bekas

Performa mesin yang berkualitas tentu sangat penting dalam pemilihan mobil bekas. Dengan performa yang masih baik, maka kita akan mendapat kepuasan dalam berkendara. Namun di sisi lain, performa yang baik menandakan bahwa mesin mendapat perawatan yang selayaknya.

Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

#3: Periksa semua fitur

Menyalakan Audio Tape

Setiap jenis mobil memiliki fitur yang berbeda-beda. Karena itulah cari tahu jenis-jenis fitur yang tersedia, lalu periksa apakah semua masih berfungsi dengan baik. Ada kalanya kerusakan pada satu fitur, menandakan kerusakan pada bagian lain. Sementara untuk memperbaikinya juga akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

#4: Periksa interior

Mobil Keluarga 1

Bagian eksteror pada umumnya bisa diperbaiki dan dipermak sedemikian rupa. Namun tidak demikian dengan bagian interior. Bagian ini bisa dianggap mewakili perawatan kebersihan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Jika Anda mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang bagus dan orisinil, maka bisa dipastikan  perawatannya juga baik.

#5: Perhatikan konsumsi BBM

Isi Bensin

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, masalah konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan penting. Karena bahan bakar menentukan biaya yang akan Anda keluarkan selama memakai mobil tersebut. Jika memang sudah merasa cocok dan paham dengan konsekuensinya, maka silakan Anda mengambilnya.  

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik

Bagaimana kita memutuskan setelah melakukan test drive?

Hasil test drive memang hanyalah salah satu faktor dalam menentukan apakah mobil tersebut layak kita beli atau tidak. Faktor lain yang tak kalah menentukan adalah kondisi mobil secara umum. Kita harus melakukan pengecekan secara mendetail setiap bagian mobil untuk mengetahui gambarannya.

Tentu saja dibutuhkan penguasaan teknis dalam melakukan pengecekan mobil. Namun jika Anda memang tidak mampu, maka manfaatkan jasa inspeksi mobil yang independen dan terpercaya. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jadwal SIM Keliling Depok 2024

Februari 10, 2024
Untuk urusan perpanjangan SIM, ada banyak warga masyarakat yang lebih memilih melakukannya di pelayanan SIM Keliling. Alasannya, karena memang layanan SIM seperti ini umumnya terasa lebih dekat dari rumah dan pelayanannya relatif cepat.   Urusan memperpanjang SIM kita semestinya memang tidak perlu repot. Karena semua itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat, tidak sampai 15 menit
Baca lebih lanjut

Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Februari 08, 2024
Suspensi mobil berbunyi memang tidak berbahaya secara langsung, tapi bagi pengemudi kondisi ini akan terasa cukup mengganggu. Biasanya bunyi-bunyian ini berasal dari kondisi buruk pada shock absorber yang aus, bocor, atau rusak. Bunyi-bunyian itu biasanya muncul saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau ada rintangan. Di luar dari shock absorber, sebenarnya masih ada lagi
Baca lebih lanjut

Jadwal SIM Keliling di Jakarta Update 2024

Februari 08, 2024
Mana nih suaranya yang dikit lagi habis masa berlaku penggunaan SIM nya. Terutuk kamu yang tinggal di wilayah Jakarta, bang min bakalan kasih tahu kamu beberapa lokasi untuk kamu melakukan perpanjangan SIM di fasilitas SIM Keliling. SIM yang kamu gunakan, saat sudah mendekati masa penggunaan yang ditentukan, wajib kamu langsung perpanjang. Jika masa berlaku sudah
Baca lebih lanjut