;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik!

Februari 04, 2019
By jandika
5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel dengan Kondisi Terbaik!-otospector

Pilihan mobil bekas diesel seperti Panther, Innova, Fortuner, hingga Pajero Sport tak pernah sepi peminat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika memiliki kendaraan berbahan bakar solar ini. Bahan bakar yang murah dan irit adalah dua di antaranya.

Apakah Anda salah satu peminat jenis mobil bekas diesel, OtoFriend? Tentunya sebelum memilih, ada beberapa poin penting yang pelu Anda perhatikan. Mari simak tips membeli mobil diesel bekas terbaik berikut ini.

#1: Menstarter Mobil Bekas Diesel

Mobil Bekas Diesel - Starter Mobil

Sama seperti membeli mobil bekas bensin, Anda pun harus mengecek keadaan mobil saat ia di-starter. Mesin mobil-mobil diesel sangat mudah menyala karena menggunakan busi pijar. Lakukan pengecekan ini ketika mobil masih dalam keadaan dingin. Bila sulit dinyalakan dalam satu hingga kali starter, berarti ada yang tak beres dengan komponen internalnya.

Sementara itu, saat mobil sudah menyala, amati suara yang keluar dari mesin. Injak pedal gas sesekali untuk mendeteksi kerusakan. Bila suara yang keluar padat dan bertenaga, berarti mobil diesel tersebut dalam kondisi baik. Di sisi lain, bila ada suara knocking yang keluar saat mesin menyala, itu berarti ada masalah pada sistem pengapian diesel.

#2: Mengecek Kompresi Mesin

Mobil Bekas Diesel - Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah salah satu bagian vital dari mobil diesel. Cara memeriksa kompresi mesin kendaraan diesel dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin mobil bekas diesel idaman;
  • Buka penutup wadah saluran oli mesin;
  • Injak pedal gas mobil setelahnya.

Amati apabila ada hembusan udara kuat yang keluar dari lubang saluran oli mesin tersebut. Jika Anda menemui hembusan seperti itu, hal ini menandakan bahwa kompresi mesin mobil itu sudah tak prima.

Baca Juga: Awas Beli Mobil Bekas Curian! Ini Cara Membedakannya

#3: Mengecek Tegangan Baterai Mobil Diesel

Mobil Bekas Diesel - Tegangan Accu

Mobil diesel pada umumnya memiliki tegangan baterai sebesar 12 volt. Sementara itu kendaraan diesel berupa bus dan truk memiliki tegangan 24 volt untuk masing-masing baterainya. Lakukanlah pengecekan tegangan tersebut menggunakan volt meter.

Apabila Anda maupun penjual tidak memiliki alat tersebut, lakukan pengecekan pada dashboard mobil. Apabila kunci kontak berada dalam posisi nyala dan indikator baterai tak menyala, itu berarti tidak ada masalah pada tegangan baterai mobil tersebut.

#4: Mengcek Kandungan dan Konsistensi Oli Mobil

Mobil Bekas Diesel - Oli Mesin

Pengecekan oli merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewat saat akan membeli mobil. Hal ini pun berlaku saat Anda akan membeli mobil bekas diesel. Jangan heran bila oli mobil diesel memiliki warna hitam. Mengutip situs autoexpose.org, kondisi ini ternyata normal untuk mobil diesel, OtoFriend!

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dari oli mobil diesel adalah kandungan di dalam cairannya. Tarik stik oli dan bila di dalamnya tak terdapat serpihan kerak atau kotoran, itu berarti oli dalam keadaan baik. Hal kedua adalah konsistensi oli. Apabila cairan oli masih encer dan tak pekat, maka kondisinya pun tak perlu dikhawatirkan.

#5: Melihat Anomali pada Asap Knalpot

Mobil Bekas Diesel - Asap Knalpot

Tidak seperti mobil berbahan bakar bensin, kendaraan diesel berusia tua mengeluarkan asap keabuan yang cukup pekat. Sementara itu, mobil bekas diesel yang sudah modern lebih ramah lingkungan karena dilengkapi dengan diesel particulate filter (DPF).

Sebelum membeli, Anda sangat disarankan untuk melihat warna asap yang keluar dari knalpot mobil bekas tersebut. Jika warna yang keluar putih, itu berarti terdapat oli yang bocor di dalam ruang pembakaran. Hal ini termasuk dalam kerusakan yang cukup berat dan harus dihindari!

Baca Juga: Cara Mengenali Kerusakan Mobil Bekas dari Warna Asap Knalpot

Agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas diesel dengan kondisi terbaik, libatkan OtoSpector dalam pengecekan kendaraan tersebut. Setiap pengecekan mengikuti standar 150+ Poin Inspeksi OtoSpector yang termasuk pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan. Semoga informasi di atas tadi bermanfaat!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Mesin Awet Sepanjang Masa, Inilah 5 Langkah Mudah Pencegahannya

November 23, 2019
Pada umumnya, pemilik kendaraan tidak peduli pada kondisi mesin kendaraan miliknya. Sampai pada suatu saat mungkin terdengar bunyi-bunyian aneh dari dalam ruang mesin. Nah, baru di situlah pemilik kendaraan mencari tahu apa penyebab dan sumber kerusakan. Dari peristiwa semacam ini, jelas perlindungan terhadap mesin perlu dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kondisinya selalu prima. Ada
Baca Lebih Lanjut

Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya

November 20, 2019
Salah satu kelengkapan legalitas yang diperlukan saat jual-beli mobil bekas adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Bahkan BPKB ini boleh dibilang sebagai dokumen paling vital. Tanpa BPKB asli sebaiknya urungkan niat untuk membeli mobil. Masalahnya, saat ini ada banyak BPKB palsu yang beredar. Keberadaan sindikat pemalsu dokumen-dokumen kendaraan juga membuat peredarannya semakin marak di masyarakat.
Baca Lebih Lanjut

Kondisi Mobil Bekas Adalah Cerminan Pemilik Sebelumnya. Coba Simak 5 Tanda Mengenalinya

November 14, 2019
Seperti rumah, sebuah mobil juga menjadi tempat beraktivitas sehari-hari dari pemiliknya. Apalagi kalau sang pemilik adalah pekerja dengan mobilitas tinggi. Mobil menjadi rumah kedua. Hubungan yang spesial itu, membuat kondisi mobil sebenarnya mencerminkan pribadi pemiliknya. Pembeli mobil bekas perorangan umumnya masih bisa menduga sifat pemilik dari kondisi yang ada pada saat dijual. Nah, kita simak
Baca Lebih Lanjut

Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan

November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya