Mobil diesel 4×4 bekas tentu punya market yang tersegmentasi.
Pasarnya sangat terbatas, karena mobil ini memang punya spesifikasi teknis yang mumpuni. Sementara harganya juga bukan kaleng-kaleng, meski dalam kondisi bekas sekalipun.
Mobil dengan berpenggerak 4×4 lebih umum kita jumpai di lapangan atau site, serta di kawasan pertambangan atau hutan. Namun sebenarnya, dengan desainnya yang belakangan makin stylish, mobil ini justru semakin keren kalau dipakai di perkotaan.
Tentu dengan konsumen yang terbatas, kondisi mobil masih relatif baik. Mengingat, pemakainya di perkotaan, pasti lebih banyak sebatas hobi.
Apa saja pilihan mobil diesel 4×4 bekas? Yuk, kita lihat pilihannya:
Sumber: Autopedia
Toyota Fortuner diesel 4×4 makin dikenal sebagai penjelajah yang tangguh, terutama dengan kehadiran mesin berkubikasi 2.800 cc yang mulai diluncurkan pada 2022. Harga bekas varian VRZ 2022, mulai Rp585 jutaan.
Mesinnya berkode 1GD, 4 silinder segaris, menghasilkan tenaga 203.9 ps/3,000-4,000 rpm dan torsi 50.9 kgm/1,600-2,800 rpm. Transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic. Akselerasinya dikenal responsif dan konsumsi BBM efisien.
Dengan suspensi depan Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer, dan belakang 4-Link dengan Lateral Rod; segala tantangan off-road bukan masalah. Namun di perkotaan juga mantap, berkat fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS), mencakup Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Pre-Collision System (PCS).
Sumber: Gridoto.com
Pilihan terbaik Mitsubishi Pajero Sport 4×4 adalah varian Dakar Ultimate AT. Pajero Sport versi ini adalah facelift paling akhir, pada 2021. Harga bekas varian Dakar Ultimate AT 2021 mulai Rp578 jutaan.
Mesinnya 4N15 2.4L VGT-Intercooler dengan tenaga 181 PS/3.500 rpm dan torsi 43,8 Kgm/ 2.500 rpm. Transmisinya otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential. Dalam kondisi ekstrem, perpindahan transmisi dikenal cukup halus.
Untuk keperluan lapangan, Pajero Sport sudah dilengkapi fitur Super Select 4WD II dan mode off-road. Sedangkan untuk kenyamanan harian, ada fitur Adaptive Cruise Control.
Sumber: ACC One
Sejak dipasarkan di Indonesia pada 2021, Isuzu MU-X cuma tersedia dalam 1 varian yakni 4×4. Tak heran kita jarang menemukannya di perkotaan. Harga bekas untuk varian 4×4 2021 mulai Rp570 juta.
Mesinnya tidak sebesar yang lain yaitu RZ4E – TC, 1,898cc, Diesel with electronic high pressure Common Rail. Tenaganya 150 PS/3.600 rpm dan torsi 35,7 kgm/1.800-2.600 rpm. Mesinnya sangat optimal karena dilengkapi intercooled Variable Geometry System.
MU-X andal di lapangan karena ground clearance termasuk tinggi yaitu 230 mm (bandingkan, Pajero Sport 218 mm dan Nissan Terra 225 mm). Water wading depth juga mencapai 800 mm yang membuatnya aman dari banjir.
Sumber: Tom Dealers
Sejak dipasarkan kembali di Indonesia, pada 2023, Ford Everest kembali dapat perhatian besar. Terutama pada varian 2.0L Titanium (4×4) yang dikenal stylish. Harga bekas varian 4×4 2022 di kisaran Rp599 juta.
Mesinnya I4 with Bi-Turbo dengan tenaga 210 PS/ 3.750 rpm dan torsi 500 Nm/1.750 – 2.000 rpm. Transmisi otomatis 10-percepatan Select Shift keempat roda 4×4 lengkap dengan locking rear differential.
Titanium juga dikenal andal di medan off-road dengan wheelbase 2.900 mm dengan ground clearance 246 mm. Dengan distributor baru, semua unit Everest merupakan CBU dari Thailand.
Sumber: Olx
Mobil yang serbaguna, keren untuk harian tetapi juga bisa untuk niaga atau lapangan. Dengan harga relatif ekonomis, kionsumen juga punya 4 varian pilihan. Harga bekasnya untuk varian 4×4 G 2021 Rp395 juta.
Mesinnya dikenal tangguh yakni 2GD-FTV, 2.4 liter, 4 silinder segaris, 16 valve DOHC yang menghasilkan tenaga 149.6 Ps/3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm/1.600 rpm. Menariknya, ada pilihan versi transmisi manual 6 percepatan, di samping varian matic di tipe V (tertinggi).
Meski tampilan kendaraan niaga, Hilux Double Cabin tetap punya fitur keselamatan yang memadai, antara lain side airbags, side curtain airbags, dual front airbags, driver knee airbag, VSC, ABS, dan EBD.
Pada dasarnya, mobil 4×4 memang sudah punya bobot yang lebih berat karena ada beberapa tambahan komponen penggerak di keempat roda ditambah komponen pendukungnya.
Selain itu, sistem penggerak juga butuh energi besar untuk memutar keempat roda dibandingkan 4×2.
Untuk memastikan apakah sebuah mobil bekas 4×4 masih bekerja dengan baik, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Melalui inspeksi mobil secara profesional, akan bisa dideteksi kondisi mobil 4×4 secara keseluruhan dan obyektif.
Bagikan