Cek Bagian Ini Agar Terhindar Dari Mobil Bekas Tabrakan

Desember 04, 2019
By Thomas W
Cek Bagian Ini Agar Terhindar Dari Mobil Bekas Tabrakan-otospector

Pada pemakaian kendaraan sehari-hari, terutama di tengah lalu lintas yang padat di perkotaan, kemungkinan terjadinya kecelakaan atau tabrakan, sangatlah bisa terjadi. Kecelakaan ringan maupun berat, biasanya akan meninggalkan bekas. Namun biasanyanya, pemilik kemudian mencoba memperbaikinya.

Masalahnya, tidak semua jejak-jejak tabrakan bisa dibetulkan secara sempurna. Lebih celaka lagi kalau ternyata kondisi itu mengakibatkan sebagian fungsi kendaraan jadi terganggu. Jika mobil kemudian dijual sebagai mobil bekas, maka pemilik selanjutnya dapat saja merasa dirugikan.

Kita bisa mengetahui riwayat kendaraan dengan beberapa langkah :

#1: Mengecek riwayat

Asuransi Mobil Bekas 5

Setiap kasus kecelakaan pada umumnya akan terdata. Entah dari data kepolisian, bengkel, atau asuransi. Dari sinilah kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya menurut sejarahnya.

#2: Cek bagian belakang

Inspeksi Mobil Bekas - Sisi Belakang

Meski mobil sudah diperbaiki, namun tanda bekas tabrakan di bagian belakang kendaraaan umumnya tidak bisa dihilangkan secara total.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pilih Asuransi Mobil Bekas

#3: Perhatikan cat panel bodi

Pengecekan Ketebalan Cat

Pengecekan cat panel butuh ketelitian, karena harus mencermati satu per satu dengan detail. Contohnya, pada bagian tutup tangki dengan bagian dekat lampu belakang. Jika pernah terjadi tabrakan, maka cat akan berbeda.

#4: Permukaan bodi

Modifikasi Mobil Bekas

Pengecekan pada permukaan bodi juga harus dilakukan secara teliti dan mendetail. Perhatikan kualitas catnya. Jika terdapat perbedaan warna dan tekstur pada panel, maka itulah indikasi pernah dicat ulang atau pernah tabrakan.

Permukaan bodi juga harus diraba. Cat yang asli akan terasa halus dan lembut. Sementara bagian yang pernah dicat ulang akan terasa kasar.

#5: Kap mesin

Inspeksi Mobil Bekas - Kap Mesin

Pada bagian ini, Anda harus memeriksa engselnya. Cek juga kondisi baut-bautnya. Jika terdapat goresan, itu menjadi indikasi beberapa bagian sudah diganti atau berubah dari kondisi normal.

#6: Pemeriksaan karat

Mobil Bekas Tabrakan

Periksalah kemungkinan adanya karat-karat kecil pada beberapa bagian mobil. Adanya karat mengindikasikan pernah ada cat yang mengelupas. Hal itu bisa terjadi karena pernah terjadi benturan.

Baca juga: Mesin Awet Sepanjang Masa, Inilah 5 Langkah Mudah Pencegahannya

Tentu saja terhadap mobil yang pernah terlibat tabrakan, pemilik akan mengupayakan perbaikan semaksimal mungkin. Hasilnya bisa saja sangat sempurna, sehingga butuh kejelian untuk mendapatkan jejak-jejaknya.

Bila memang Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk memeriksa secara mendetail, maka jangan ragu untuk melibatkan jasa inspeksi kendaraan yang profesional dan terpercaya. Dengan pemeriksaan yang mendalam, kita bisa mengetahui kelayakan kondisi sebuah kendaraan secara lebih obyektif.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024

Maret 06, 2024
Mobil Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai salah satu mobil primadona di Indonesia. Penjualan mobil ini selalu menempati posisi 3 besar tiap tahun. Harga sparepart yang murah, perawatan yang simpel, mesin awet dan tahan banting, serta kapasitas penumpang yang sangat luas menjadi kelebihan Toyota Avanza sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia. Jika Otofriends sedang mencari mobil Toyota
Baca Lebih Lanjut

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut