Cek Bagian Ini Agar Terhindar Dari Mobil Bekas Tabrakan

Desember 04, 2019
By Thomas W
Cek Bagian Ini Agar Terhindar Dari Mobil Bekas Tabrakan-otospector

Pada pemakaian kendaraan sehari-hari, terutama di tengah lalu lintas yang padat di perkotaan, kemungkinan terjadinya kecelakaan atau tabrakan, sangatlah bisa terjadi. Kecelakaan ringan maupun berat, biasanya akan meninggalkan bekas. Namun biasanyanya, pemilik kemudian mencoba memperbaikinya.

Masalahnya, tidak semua jejak-jejak tabrakan bisa dibetulkan secara sempurna. Lebih celaka lagi kalau ternyata kondisi itu mengakibatkan sebagian fungsi kendaraan jadi terganggu. Jika mobil kemudian dijual sebagai mobil bekas, maka pemilik selanjutnya dapat saja merasa dirugikan.

Kita bisa mengetahui riwayat kendaraan dengan beberapa langkah :

#1: Mengecek riwayat

Asuransi Mobil Bekas 5

Setiap kasus kecelakaan pada umumnya akan terdata. Entah dari data kepolisian, bengkel, atau asuransi. Dari sinilah kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya menurut sejarahnya.

#2: Cek bagian belakang

Inspeksi Mobil Bekas - Sisi Belakang

Meski mobil sudah diperbaiki, namun tanda bekas tabrakan di bagian belakang kendaraaan umumnya tidak bisa dihilangkan secara total.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pilih Asuransi Mobil Bekas

#3: Perhatikan cat panel bodi

Pengecekan Ketebalan Cat

Pengecekan cat panel butuh ketelitian, karena harus mencermati satu per satu dengan detail. Contohnya, pada bagian tutup tangki dengan bagian dekat lampu belakang. Jika pernah terjadi tabrakan, maka cat akan berbeda.

#4: Permukaan bodi

Modifikasi Mobil Bekas

Pengecekan pada permukaan bodi juga harus dilakukan secara teliti dan mendetail. Perhatikan kualitas catnya. Jika terdapat perbedaan warna dan tekstur pada panel, maka itulah indikasi pernah dicat ulang atau pernah tabrakan.

Permukaan bodi juga harus diraba. Cat yang asli akan terasa halus dan lembut. Sementara bagian yang pernah dicat ulang akan terasa kasar.

#5: Kap mesin

Inspeksi Mobil Bekas - Kap Mesin

Pada bagian ini, Anda harus memeriksa engselnya. Cek juga kondisi baut-bautnya. Jika terdapat goresan, itu menjadi indikasi beberapa bagian sudah diganti atau berubah dari kondisi normal.

#6: Pemeriksaan karat

Mobil Bekas Tabrakan

Periksalah kemungkinan adanya karat-karat kecil pada beberapa bagian mobil. Adanya karat mengindikasikan pernah ada cat yang mengelupas. Hal itu bisa terjadi karena pernah terjadi benturan.

Baca juga: Mesin Awet Sepanjang Masa, Inilah 5 Langkah Mudah Pencegahannya

Tentu saja terhadap mobil yang pernah terlibat tabrakan, pemilik akan mengupayakan perbaikan semaksimal mungkin. Hasilnya bisa saja sangat sempurna, sehingga butuh kejelian untuk mendapatkan jejak-jejaknya.

Bila memang Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk memeriksa secara mendetail, maka jangan ragu untuk melibatkan jasa inspeksi kendaraan yang profesional dan terpercaya. Dengan pemeriksaan yang mendalam, kita bisa mengetahui kelayakan kondisi sebuah kendaraan secara lebih obyektif.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gak Cuma BYD, Ini Deretan Mobil Listrik Di GIIAS 2024

Juni 30, 2024
Dengan adanya Pameran Otomotif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan ada banyak peluncuran mobil baru di acara tersebut, sekitar akan ada 40 kendaraan baru dipamerkan GIIAS 2024. Menurut ketua lll Gaikindo, yaitu Ridwan Alamsjah akan akan sebanyak 31 merek kendaraan penumpang yang akan meramaikan pameran GIIAS 2024,
Baca Lebih Lanjut

Terjangkau Nih Under 200jt Honda CR-V 2015

Juni 29, 2024
Hi Otofriends, kalau denger mobil yang satu ini sih udah pasti kepikiran hal-hal yang mewah gitu ya. Buat cowok langsung auto ganteng deh kalau pakai mobil ini, setuju? Nah buat yang suka mobil CR-V atau Honda CR-V, kamu udah bisa dapetin mobil ini dengan harga yang cukup terjangkau loh, bahkan sudah mulai ada yang dibawah
Baca Lebih Lanjut

Dari Tebu! Simak Review Lengkap Bensin Pertamax Green 95

Juni 27, 2024
Apa sih Pertamax Green 95 itu? Pertamax Green 95 adalah bahan bakar minyak yang berbahan dari 5 persen Bioetanol (E5) dan campuran Pertamax. Bioetanol itu sendiri merupakan hasil dari tebu, dan merupakan sejenis alkohol atau etanol yang berasal dari tumbuhan.  Kini Pertamina menyediakan produknya dengan menggunakan bahan yang sangat berkualitas untuk masyarakat, dengan adanya inovasi
Baca Lebih Lanjut