;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Immobilizer, Kunci Paling Aman Saat Ini. Tapi Simak Dulu Fakta-faktanya

Maret 25, 2020
By Thomas W
Immobilizer, Kunci Paling Aman Saat Ini. Tapi Simak Dulu Fakta-faktanya-otospector

Demi keamanan dan kenyamanan, mobil-mobil modern yang keluar beberapa tahun belakangan selalu menggunakan sistem kunci immobilizer. Hingga saat ini, kunci canggih ini memang masih yang paling aman dari pencurian.

Namun di balik kecanggihannya, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemakaian immobilizer. Mari kita simak beberapa faktanya:

#1: Kunci cadangan jangan hilang

Alasan utama penggunaan sistem immobilizer pada kunci kendaraan tentu karena alasan keamanan dari pencurian. Bisa dikatakan sistem inilah yang saat ini relatif paling aman untuk diterapkan dalam dunia otomotif. Sebab, sistem ini menjamin mobil hanya dapat dinyalakan dengan kunci aslinya. Dalam arti, antara kunci dan anak kunci harus benar-benar berjodoh.

Namun di balik sistem itulah, maka pemilik harus selalu memastikan bahwa anak kunci (serta cadangannya) tidak hilang atau jatuh ke tangan orang lain. Pencurian memang hanya dimungkinkan karena kunci jatuh ke tangan orang lain.

Begitu pula jika kunci kedua-duanya sampai hilang, maka urusannya adalah mengganti dengan kunci baru, bahkan sistem pengunci kendaraan satu set. Biayanya cukup mahal dan agak merepotkan.

#2: Tidak perlu kunci setir

Immobilizer bekerja dengan mekanisme dua transponder yang saling terhubung antara anak kunci dengan sistem di mobil. Jika keduanya cocok, maka mobil bisa dinyalakan.

Meski canggih, immobilizer bukan hanya ada pada sistem kunci modern (smart key) yang biasa digunakan pada mobil-mobil mewah atau berteknologi tinggi. Ada juga mobil dengan kunci-kunci manual yang telah memasangnya, seperti pada Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga.

Menariknya, setelah ada immobilizer, kendaraan tidak perlu lagi pakai kunci setir, karena sistem ini sudah dianggap paling aman. Tentunya hal ini semakin menjamin kenyamanan bagi pengguna kendaraan.

Baca juga : Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

#3: Pembuatan kunci di dealer resmi

Dalam satu paket kunci immobilizer biasanya diberikan dalam 1 kunci utama, 1 kunci cadangan, serta plat kecil bertuliskan kode kunci. Jika kunci hilang, pembuatan kunci baru harus di dealer resmi dengan menunjukkan plat ini dan surat-surat kendaraan. Prosedur pembuatan ini sengaja dibuat cukup repot, karena memang menjadi suatu jaminan keamanan tersendiri dari produsen kendaraan.

Namun belakangan, penggandaan kunci juga bisa dilakukan di beberapa toko kunci terpercaya dengan menunjukkan dokumen mobil seperti BPKB dan STNK. Harganya lebih murah dan hasilnya cukup cukup baik.

#4: Jarang ada gangguan

Sistem immobilizer tidak ada umur pemakaian. Selama masih normal, akan terus berfungsi dan dapat terus bekerja dengan baik. Gangguan hanya bisa terjadi kalau baterai habis. Solusinya cukup dengan mengganti baterai yang baru di tukang kunci atau servis jam.

Masalah lain, wadah kunci mungkin juga bisa rusak karena benturan. Namun ini juga masalah yang mudah diatasi, karena di penjual-penjual kunci telah tersediah wadah yang mirip. Penggantian wadah tidak mengganggu proses kerja immobilizer.

Pada kunci smartkey, gangguan immobilizer bisa terjadi akibat interferensi gelombang pada pemancar radio yang mengganggu pengenalan kode oleh sensor. Tapi ini jarang terjadi.

Baca juga: 8 Kebiasaan Inilah yang Bisa Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

Kunci immobilizer memang relatif aman, namun tetap saja pengemudi harus berhati-hati agar kunci tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Karena sejauh ini, pencurian mobil dengan sistem immobilizer terjadi karena kunci hilang atau dicuri terlebih dahulu.

Sayangnya meski teknologi ini menjamin faktor keamanan, tidak semua produsen mobil mau melengkapi dengan sistem immobilizer. Akibatnya mobil-mobil yang sudah berimmobilizer tentunya punya keunggulan kompetitif tersendiri di pasaran.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Inilah Mobil Bekas Di Bawah 50 Juta, Semua Tahun 2000-an

Januari 26, 2021
Bicara harga mobil bekas di bawah 50 juta, biasanya orang akan membayangkan mobil-mobil tahun 90-an yang sudah berumur dan teknologinya ketinggalan zaman. Padahal, dengan harga sama, ada pilihan mobil-mobil yang kondisinya lebih layak, produksi di atas tahun 2000-an. Mobil-mobil yang Otospector rekomendasikan kali ini umumnya hadir dalam dimensi yang compact, baik jenis hatchback, MPV, maupun
Baca Lebih Lanjut

Kaca Mobil Berembun, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Januari 19, 2021
Kaca mobil berembun sering jadi masalah terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini. Munculnya embun di kaca ini jangan pernah disepelekan, karena bisa mengganggu visibilitas pengemudi sehingga membahayakan keselamatan berkendara. Embun bisa muncul pada berbagai jenis mobil, tak peduli mobil lama atau baru, mobil mewah atau entry level. Tapi pada mobil-mobil yang fiturnya lengkap,
Baca Lebih Lanjut

5 Jenis Oli Mobil Dan Aturan Perawatannya

Januari 17, 2021
Kadang tidak kita sadari, paling tidak terdapat lima jenis oli mobil yang masing-masing bekerja sesuai fungsinya di sebuah kendaraan. Mendengar kata “oli”, biasanya yang teringat hanya oli mesin saja. Padahal masih ada sejumlah pelumas lain yang ikut menunjang performa kendaraan. Karena bukan sekadar berfungsi untuk melumasi namun juga membantu mekanisme kerja komponen bahkan termasuk perawatan,
Baca Lebih Lanjut

Mobil Ngebul Asap Putih, Waspada Mungkin Ini Sebabnya

Januari 11, 2021
Salah satu kondisi mobil Otofriends yang patut diwaspadai adalah saat mobil ngebul asap putih. Kejadian biasanya pagi hari, saat mobil dinyalakan untuk memanasi mesin. Asap knalpot keluar lebih banyak atau istilahnya ngebul, warnanya keputih-putihan. Kondisi ini tidak wajar, karena dalam kondisi mesin sehat semestinya asap mobil tidak berwarna sama sekali. Jika ada sedikit air atau
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya