Immobilizer Kunci Paling Aman? Simak Dulu Faktanya

Maret 25, 2020
By Thomas W
Immobilizer Kunci Paling Aman? Simak Dulu Faktanya-otospector

Demi keamanan dan kenyamanan, mobil-mobil modern yang keluar beberapa tahun belakangan selalu menggunakan sistem kunci immobilizer. Hingga saat ini, kunci canggih ini memang masih yang paling aman dari pencurian.

Namun di balik kecanggihannya, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemakaian immobilizer. Mari kita simak beberapa faktanya:

#1: Kunci cadangan jangan hilang

Immobilizer, Kunci Paling Aman

Alasan utama penggunaan sistem immobilizer pada kunci kendaraan tentu karena alasan keamanan dari pencurian. Bisa dikatakan sistem inilah yang saat ini relatif paling aman untuk diterapkan dalam dunia otomotif. Sebab, sistem ini menjamin mobil hanya dapat dinyalakan dengan kunci aslinya. Dalam arti, antara kunci dan anak kunci harus benar-benar berjodoh.

Namun di balik sistem itulah, maka pemilik harus selalu memastikan bahwa anak kunci (serta cadangannya) tidak hilang atau jatuh ke tangan orang lain. Pencurian memang hanya dimungkinkan karena kunci jatuh ke tangan orang lain.

Begitu pula jika kunci kedua-duanya sampai hilang, maka urusannya adalah mengganti dengan kunci baru, bahkan sistem pengunci kendaraan satu set. Biayanya cukup mahal dan agak merepotkan.

#2: Tidak perlu kunci setir

Immobilizer bekerja dengan mekanisme dua transponder yang saling terhubung antara anak kunci dengan sistem di mobil. Jika keduanya cocok, maka mobil bisa dinyalakan.

Meski canggih, immobilizer bukan hanya ada pada sistem kunci modern (smart key) yang biasa digunakan pada mobil-mobil mewah atau berteknologi tinggi. Ada juga mobil dengan kunci-kunci manual yang telah memasangnya, seperti pada Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga.

Menariknya, setelah ada immobilizer, kendaraan tidak perlu lagi pakai kunci setir, karena sistem ini sudah dianggap paling aman. Tentunya hal ini semakin menjamin kenyamanan bagi pengguna kendaraan.

Baca juga : Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

#3: Pembuatan kunci di dealer resmi

Immobilizer, Kunci Paling Aman

Dalam satu paket kunci immobilizer biasanya diberikan dalam 1 kunci utama, 1 kunci cadangan, serta plat kecil bertuliskan kode kunci. Jika kunci hilang, pembuatan kunci baru harus di dealer resmi dengan menunjukkan plat ini dan surat-surat kendaraan. Prosedur pembuatan ini sengaja dibuat cukup repot, karena memang menjadi suatu jaminan keamanan tersendiri dari produsen kendaraan.

Namun belakangan, penggandaan kunci juga bisa dilakukan di beberapa toko kunci terpercaya dengan menunjukkan dokumen mobil seperti BPKB dan STNK. Harganya lebih murah dan hasilnya cukup cukup baik.

#4: Jarang ada gangguan

Immobilizer, Kunci Paling Aman

Sistem immobilizer tidak ada umur pemakaian. Selama masih normal, akan terus berfungsi dan dapat terus bekerja dengan baik. Gangguan hanya bisa terjadi kalau baterai habis. Solusinya cukup dengan mengganti baterai yang baru di tukang kunci atau servis jam.

Masalah lain, wadah kunci mungkin juga bisa rusak karena benturan. Namun ini juga masalah yang mudah diatasi, karena di penjual-penjual kunci telah tersediah wadah yang mirip. Penggantian wadah tidak mengganggu proses kerja immobilizer.

Pada kunci smartkey, gangguan immobilizer bisa terjadi akibat interferensi gelombang pada pemancar radio yang mengganggu pengenalan kode oleh sensor. Tapi ini jarang terjadi.

Baca juga: 8 Kebiasaan Inilah yang Bisa Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

Kunci immobilizer memang relatif aman, namun tetap saja pengemudi harus berhati-hati agar kunci tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Karena sejauh ini, pencurian mobil dengan sistem immobilizer terjadi karena kunci hilang atau dicuri terlebih dahulu.

Sayangnya meski teknologi ini menjamin faktor keamanan, tidak semua produsen mobil mau melengkapi dengan sistem immobilizer. Akibatnya mobil-mobil yang sudah berimmobilizer tentunya punya keunggulan kompetitif tersendiri di pasaran.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut