Aman Dari Pencurian, Simak Kapan Saatnya Pasang GPS Mobil?

November 08, 2023
By Thomas W
Aman Dari Pencurian, Simak Kapan Saatnya Pasang GPS Mobil?-otospector

Global Positioning System (GPS) mobil adalah asisten pengemudi yang sangat berguna di zaman sekarang. GPS adalah salah satu alat yang boleh dibilang dibutuhkan di jaman ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dengan teknologi yang semakin maju, GPS dapat memberikan berbagai informasi yang berguna untuk kelancaran perjalanan dan juga keamanan mobil.

Ada banyak pilihan GPS yang ditawarkan di pasaran. Agar pemasangan dapat dirasakan manfaatnya secara optimal, tentu waktu yang tepat untuk memasang GPS mobil. Kita bisa memanfaatkan adanya gps untuk untuk melacak atau mengetahui lokasi mobil.

Apa sih keuntungan pasang gps mobil, serta manfaat gps mobil itu sendiri?

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memasang GPS mobil, antara lain:

#1: Jika Sering Pergi Ke Tempat-tempat Baru

manfaat GPS mobil

Jika Otofriends sehari-hari sering bepergian ke tempat-tempat yang baru didatangi atau tidak dikenal, dengan berkendara jarak jauh, pemasangan GPS akan sangat membantu.

GPS bisa diibaratkan seperti asisten yang akan memberi tahu rute terbaik, menghindari kemacetan, serta memberikan info lokasi-lokasi penting seperti pompa bensin, restoran, atau hotel.

GPS mobil juga dapat memberikan informasi tentang kondisi cuaca, lalu lintas, dan kecelakaan yang terjadi di sekitar kita. Dengan informasi yang lengkap, perjalanan jadi lebih tenang.

Baca juga: Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2023?

#2: Jika Mobil Dipakai Supir atau Sering Disewakan

manfaat GPS mobil

GPS di dalam mobil bisa diibaratkan mata dan telinga kita di dalam kabin. Dari laporan GPS, maka aktivitas dan perilaku supir atau penyewa mobil selalu terpantau. Dengan adanya alat ini bisa mengetahui lokasi dimana mobil berada.

Misalnya soal kecepatan, jarak, waktu, lokasi kendaraan dan lokasi perjalanan. Suara dan video di dalam mobil juga untuk merekam, serta mengantisipasi pencurian, terutama untuk usaha rental mobil menggunakan gps.

Seandainya terjadi peristiwa yang tidak diinginkan atau tidak sesuai kesepakatan dengan penyewa, mobil juga bisa dimatikan lewat tombol darurat.

#3: Jika Ingin Melindungi Mobil Dari Pencuri

manfaat GPS mobil

GPS mobil sangat berguna untuk mencegah pencurian atau penggelapan mobil dari pihak tertentu. Alarm yang terdapat pada GPS akan memberi tahu andai mobil dilarikan oleh orang yang tidak berhak.

Dengan GPS, posisi mobil secara real time juga bisa diketahui. Berdasarkan lokasi terakhir atau real time, kita bisa menemukan kembali mobil kita, tetapi tentunya setelah melapor kepada pihak berwajid.  

Semua catatan perjalanan mobil juga dicatat oleh GPS, sehingga kita bisa mengetahui riwayat perjalanan. Berdasarkan catatan riwayat, kita bisa tahu oleh siapa dan kapan saja mobil digunakan.

Bahkan untuk pemilik mobil ekspedisi pun tahu keuntungan memasang gps tracker untuk melacak secara langsung dimana posisi mobil, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Jika Ingin Mengatur Perjalanan Secara Efisien

manfaat GPS mobil

Jika sehari-hari Otofriends bermaksud mengatur perjalanan agar efektif dan efisien, tentu butuh GPS. GPS bisa loh digunakan untuk mengatur waktu perjalanan kamu, waktu tempuh akan jadi lebih baik.

Sebab GPS dapat secara otomatis membantu menentukan rute, menghindarkan dari kemacetan lalu-lintas, menghindari salah jalan, bahkan estimasi biaya perjalanan.

Dalam pengaturan gps bisa di setting menyesuaikan kebutuhan, jadi fungsi gps jadi lebih maksimal. Kamu bisa pakai alat canggih ini sesuai dengan kebutuhan kamu sehari-hari, sampai pada mengetahui dimana tempat pengisian bahan bakar dan juga fitur lainnya.

Riwayat perjalanan dari GPS juga bisa kita jadikan dasar untuk mengevaluasi kinerja dan efisiensi perjalanan kita. Dengan perjalanan yang efisien, maka kita akan dapat mengatur uang lebih baik dan tidak boros.

Soal mencari tempat baru pun kamu tidak perlu khawatir, jika belum pernah ke lokasi tersebut, dengan adanya GPS, kamu bisa sampai dengan tepat.

Baca juga: 3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2023

Bagaimana memastikan mobil bekas yang akan kita beli dalam kondisi baik?

Membeli mobil bekas seringkali jadi urusan yang tidak mudah buat sebagian besar orang.

Masalahnya, kebanyakan orang awam tidak tahu soal urusan teknis permesinan. Salah-salah menilai, malah bisa dapat mobil bekas yang bermasalah.

Biar tidak pusing dengan urusan memilih mobil bekas, Otofriends bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang menyeluruh di lebih dari 150 titik dan dilakukan tenaga profesional, maka urusan cari mobil bekas jadi jauh lebih gampang. Buktikan ya!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Faktor Penyebab Mobil Mati Saat Hujan

Januari 30, 2024
Banyak faktor yang bisa jadi penyebab mobil mati saat hujan. Maklum saja, pada saat hujan atau cuaca sedang buruk, mobil memang cenderung rawan terkena gangguan. Pada gangguan yang parah, mobil malah bisa mogok tiba-tiba, di tengah jalan. Masalahnya, tidak semua pengemudi tahu paham penyebab mobil mereka mendadak mati saat hujan, termasuk cara mengatasinya. Nah, agar
Baca Lebih Lanjut

Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2024

Januari 30, 2024
Daftar mobil terlaris 2023 yang dirilis berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa menjadi indikasi kesuksesan penjualan mobil nasional sepanjang tahun. Data ini memberi gambaran, sejauh mana model-model unggulan dari brand-brand otomotif, mampu bersaing. Terutama di situasi yang semakin ketat setelah kebangkitan industri otomotif pasca-Pandemi Covid 19. Daftar mobil terlaris 2023 kali ini
Baca Lebih Lanjut

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya. Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal.
Baca Lebih Lanjut