Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2024?

Januari 09, 2024
By Getan Metodius
Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2024?-otospector

Siapa yang sering bepergian ke luar kota atau juga dalam kota dengan melewati jalan tol? Buat kamu yang sering bepergian dengan rute yang sering dilalui sebetulnya sangat mudah, atau bahkan hafal akan tarif tolnya. Tapi bagaimana jika suatu saat kamu ingin bepergian ke luar kota dan kamu tidak tahu akan tarif tol nya?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Jalan tol di Indonesia sudah sangat berkembang dan lebih luas lagi. Transaksi gerbang masuk gerbang keluar juga lebih canggih daripada jaman dulu.

Nah, kini cek tarif tol bisa dilakukan secara online loh, Otofriends. Contoh seperti jika ingin pergi mudik lebaran, dengan kita tahu estimasi tarif tol, kita bisa mempersiapkan saldo elektronik dari sebelum berangkat, jadi nggak perlu bolak balik atau antri cuma mau isi saldo aja.

Untuk cek tarif tol secara online di Indonesia, kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi yang tersedia. Berikut adalah cara cek tol online, yuk disimak:

#1: Cek Tarif Tol Online via BPJT.

website bpjt

Sumber: bpjt.pu.go.id

Cara mengecek biaya tol yang pertama adalah dengan mengecek pada situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol BPJT. Gimana cara cek tarif tol via web BPJT, pertama perlu mengunjungi situs https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol.

Lalu memasukkan ruas jalan tol yang akan dilewati. Pilih juga gerbang tol masuk dan gerbang keluar serta pilih gol kendaraan, dan setelah itu akan secara otomatis memunculkan biaya sesuai data yang dimasukkan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Mengecek Tarif Tol Online via Website Jasamarga.

website jasamarga

Sumber: jasamarga.com (menu informasi tarif tol jasa marga)

Cara yang selanjutnya melalui menu informasi tarif secara online melalui website jasa marga tol jasa marga melalui websitenya. Cek tarif tol secara online lewat Jasamarga dengan cara masuk ke https://www.jasamarga.com/ dan pilih menu “Tarif Tol” dan klik tombol akses.

Mirip seperti point pertama tadi, pilih golongan kendaraan gerbang asal masuk serta pilih gerbang tol keluar dan klik tambah tarif, tarif tol sesuai data tadi akan muncul, kamu perlu siapkan biaya yang harus kamu persiapkan pada kartu elektronik. Mudahkan cek tarif tol via website jasa marga.

Baca juga: 3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita?

#3: Mengetahui Biaya Tol lewat Aplikasi Google Maps.

aplikasi google maps

Cara yang ke tiga ini merupakan salah satu cara yang paling mudah, pasalnya hanya dengan buka aplikasi google maps dan menghidupkan gps saja sudah bisa membantu mendapatkan tampilan biaya.

Dengan memasukkan lokasi tujuan, kita bisa mengetahui berapa tarif tol yang akan kita bayar, sebelumnya jangan lupa mengklik 3 bar setting untuk mencentang “Lihat Tarif Kartu Tol”, lalu informasi tarif tol akan keluar secara otomatis.

Baca juga: Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

Siapkan kondisi fisik dan juga kendaraan:

Pastikan selalu memperbarui informasi kamu karena tarif tol dan kondisi jalan tol dapat berubah dari waktu ke waktu. Juga, pastikan untuk memeriksa informasi resmi dan terpercaya agar mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.

Termasuk mempersiapkan kondisi kesehatan kendaraan atau mobil kamu ya Otofriends. Seperti musim mudik banyak orang beli mobil, yaitu mobil bekas, dengan begitu perjalanan ke kampung jadi semakin nyaman bersama keluarga.

Perlu diingat jika beli mobil bekas tidak boleh sembarangan, pastikan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membantu kamu mendapatkan mobil yang sehat dan layak digunakan untuk bepergian serta minim PR.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Agar Interior Mobil Tidak Berjamur

April 08, 2024
Agar interior mobil tidak berjamur memang perlu dilakukan dalam perawatan kendaraan. Alasannya, karena jamur bukan cuma merusak keindahan, tapi juga merugikan kesehatan. Interior juga lama kelamaan akan rusak. Bagi pengemudi dan penumpang, ada lagi alasan lain yakni munculnya aroma tidak sedap alias kabin jadi berbau. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu perjalanan. Suasana kabin jadi
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut